3 Model Infusion Pump, Pompa Cairan dengan Kualitas Unggulan

3 Model Infusion Pump, Pompa Cairan dengan Kualitas Unggulan

Infusion Pump- Infusion pump merupakan salah satu peralatan elektromedik yang banyak digunakan oleh tenaga medis di rumah sakit. Ketika orang harus menjalani rawat inap di rumah sakit, mereka tentunya perlu mendapatkan obat dan cairan secara teratur dan terkontrol. Untuk kebutuhan tersebut, diperlukan alat yang canggih dan memadai, seperti infusion pump dan syringe pump. Di pasaran sendiri, alat ini sudah tersedia dalam beragam merek dan rata-rata dijual dengan harga jutaan rupiah.

Menurut US Food and Drug Administration (FDA), infusion pump atau pompa infus adalah perangkat medis yang digunakan untuk memberikan cairan, seperti nutrisi dan obat-obatan, ke tubuh pasien dalam jumlah yang terkontrol. Pompa infus umum digunakan dalam pengaturan klinis seperti rumah sakit, panti jompo, maupun di rumah.

Secara umum, pompa infus ini dioperasikan oleh pengguna yang terlatih, yang memprogram laju dan durasi pengiriman cairan melalui antarmuka perangkat lunak bawaan. Pompa infus menawarkan keuntungan yang signifikan dibandingkan dengan pemberian cairan secara manual, termasuk kemampuan untuk memberikan cairan dalam volume yang sangat kecil, dan kemampuan untuk memberikan cairan dengan laju yang diprogram secara tepat atau interval otomatis. Mereka dapat memberikan nutrisi atau obat-obatan, seperti insulin atau hormon lain, antibiotik, obat kemoterapi, dan penghilang rasa sakit.

Berikut adalah model infusion pump yang banyak digunakan.

1. Infus Pump Terumo TE 172

Infus Pump merek Terumo dengan tipe TE 172 memiliki berat 2,3 kg dengan dimensi 130 mm x 180 mm x136 mm. Infusion pump ini memiliki prinsip kerja mengubah energi listrik menjadi gerak. Gerak tersebut berasal dari putaran motor yang kemudian digunakan untuk menggerakkan sistem peristaltik. Sistem peristaltik ini kemudian akan mendorong cairan  menuju sirkulasi darah pasien. Alat ini memiliki sistem pompa peristaltic finger dengan kecepatan aliran lebih dari 300 ml setiap jamnya.

2. Infusion Pump Mindray SK 600 I

jual infus pump mindray

Infusion pump tipe kedua adalah Mindray dengan negara produksi asal China. Sama seperti fungsi infusion pump pada umumnya, alat ini digunakan untuk memompa cairan ke tubuh pasien. Umumnya, alat ini digunakan sebagai alat bantu apabila cara manual sudah tidak dapat lagi digunakan. Infusion Pump Mindary SK 600 I memiliki sistem pompa mechanism peristaltic. Kecepatan infusion pump satu ini mencapai 2000 ml setiap jamnya. Infusion pump model ini juga dilengkapi dengan fitur anti bolus system. Anti bolus system adalah sebuah fitur berupa alarm yang dapat memperingatkan apabila terjadi kesalahan pemasangan, ada hal yang terlupakan, ataupun baterai habis. Selain itu, ada juga fitur wireless data transmission dengan infusion supervision system.

3. Infusion Pump Mindray SK 600 II

jual infus pump mindray

Model infusion pump terakhir adalah Infusion Pump Mindray SK 600 II. Seperti halnya Mindray SK 600 I, infusion pump ini memiliki kecepatan infus hingga 2000 ml setiap jamnya, wireless data transmisiion dengan infusion system dan juga bedside workstation, serta dilengkapi dengan fitur anti bolus system. Fitur lainnya yang akan ditemukan dalam infusion pump model ini adalah drug library, history record review, manual serta outomatic blus, adjustable bolus, micro flow rate 0,1 ml/jam, serta 3,0 inch colour TFT Screen. Infusion pump ini di desain khusus untuk pasien neonate dan juga pediatri di ICU, CCU, maupun OR. Baik infusion Pump Mndray SK 600 I maupun SK 600 II, keduanya memiliki sedain inovatif yang sangat mudah untuk digunakan.

Itulah tiga model infusion pump yang banyak digunakan untuk memompa dan mengontrol cairan yang masuk ke dalam tubuh pasien. Tiga model infusion pump tersebut dapat ditemukan di banyak distributor alat kesehatan, salah satunya AGM Medica.

AGM Medica adalah salah satu distributor alat kesehatan terpercaya dan juga berpengalaman yang berdomisili di Yogyakarta. Distributor alat kesehatan satu ini memberikan pelayanan purna raja dengan memberikan garansi pada setiap pembelian barang. Tidak hanya aman, AGM Medica juga menyediakan barang dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Fungsi Infusion Pump

Alat ini memiliki fungsi yang cukup penting dalam pelayanan medis, khususnya dalam perawatan pasien yang kritis. Pasalnya, cairan yang dimasukkan dengan menggunakan pompa infus langsung melalui pembuluh darah (vena) sehingga cairan yang dimasukkan bisa langsung diolah oleh tubuh karena langsung diangkut oleh darah menuju bagian tubuh yang memerlukan.

Karena pompa infus sering digunakan untuk memberikan cairan kritis, termasuk obat-obatan berisiko tinggi, kegagalan pompa dapat memiliki implikasi signifikan bagi keselamatan pasien. Akhirnya, banyak pompa infus dilengkapi dengan fitur keselamatan, seperti alarm atau peringatan operator lain, yang dimaksudkan untuk diaktifkan jika terjadi masalah.

Sebagai contoh, beberapa pompa dirancang untuk mengingatkan pengguna ketika udara atau penyumbatan lain terdeteksi dalam pipa yang memberikan cairan kepada pasien. Beberapa pompa infus yang lebih baru, sering disebut smart pump, dirancang untuk memperingatkan pengguna ketika ada risiko interaksi obat yang merugikan, atau ketika pengguna menetapkan parameter pompa di luar batas keamanan yang ditentukan.

Peralatan ini memiliki fungsi yang cukup vital. Infusion pump berfungsi untuk memasukkan cairan berupa nutrisi, obat, insulin, antibiotik, maupun hormon lainnya ke dalam tubuh pasien dengan jumlah tertentu. Besar kecilnya jumlah cairan yang masuk dapat ditentukan dengan menggunakan peralatan ini.

Infusion pump dibagi menjadi dua, yaitu infusion pump dengan volume besar dan infusion pump dengan volume kecil. Infusion pump dengan volume besar mampu memompa nutrisi dengan jumlah yag cukup besar untuk pasien.   Infusion pump volume besar dapat memompa penggantian cairan seperti larutan saline, obat-obatan seperti antibiotik atau larutan nutrisi yang cukup besar untuk memberi makan pasien. Infusion pump volume besar biasanya menggunakan beberapa bentuk pompa peristaltik. Klasik, mereka menggunakan rol yang dikendalikan komputer untuk menekan tabung karet silikon tempat obat mengalir. Bentuk umum lainnya adalah seperangkat jari yang menekan tabung secara berurutan.

Sedangkan infusion pump dengan volume kecil biasanya digunakan untuk memasukkan cairan seperti insulin maupun obat lainnya. infusion pump volume kecil untuk menanamkan hormon, seperti insulin, atau obat-obatan seperti opiat. infusion pump volume kecil biasanya menggunakan motor yang dikendalikan komputer memutar sekrup yang mendorong plunger pada jarum suntik.

error: Content is protected !!