5 Macam Model Syringe Pump Untuk Memudahkan Pekerjaan Tenaga Medis

Syringe Pump

Syringe Pump- Syringe pump dan juga infusion pump adalah dua peralatan yang sudah tidak asing lagi dalam dunia media. Kedua peralatan elektromedik ini memiliki fungsi yang cukup vital, yaitu memasukkan cairan ke dalam tubuh pasien. Akan tetapi, syringe pump dan infusion pump adalah dua alat yang berbeda. Lalu Apa Perbedaan Syringe pump Dengan Infusion Pump

Walaupun memiliki nama dan fungsi yang hampir sama, kedua alat ini memiliki perbedaan. Perbedaan syringe pump dengan infusion pump antara lain:

  1. Infusion pump berguna untuk pemakaian selang infus sedangkan syringe pump memasukkan obat yang ada di dalam jarum suntik yang kemudian baru di masukkan ke dalam tubuh melalui pembuluh vena.
  2. Syringe pump sangat praktis karena memudahkan tenaga kesehatan seperti dokter atau perawat untuk memasukkan obat ke dalam tubuh karena sifatnya yang otomatis sedangkan infusion pump selalu terkendala adanya sumbatan cairan pada selang infus tersebut.
  3. Infusion pump menghitung tetesan per menit dan harus selalu di kontrol sedangkan Syringe pump tidak lagi perlu hitung tetesan cairannya.

Walau begitu, kedua alat ini memiliki fungsi yang sama yaitu sama-sama berguna untuk memasukkan atau memberikan obat atau cairan melalui pembuluh darah vena. Dengan adanya kedua alat ini pasien atau orang yang membutuhkan obat tersebut dapat menghindari konsumsi tablet atau pil karena terkadang pasien mengalami kesulitan dalam meminumnya. Alat ini adalah alat yang dapat digunakan untuk peralatan homecare atau dirumah namun pastikan dengan persetujuan dokter. Kedua alat ini hanya bisa anda dapatkan di toko atau perusahaan yang khusus menjual alat kesehatan.

Fungsi Syringe Pump 

Syringe pump fungsinya sama seperti infus yaitu untuk memasukkan cairan obat ke dalam tubuh pasien secara teratur. Bedanya, pada syringe pump bisa disesuaikan dosisnya dengan anjuran dokter. Volume dan waktunya pun bisa ditentukan. Dari jumlah cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh, biasanya dengan menggunakan syringe pump jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan infus biasa. Karena sama-sama sering diletakkan di samping tempat tidur pasien, secara kasat mata sering disamakan dengan alat EKG (elektrokardiogram), yaitu alat untuk merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu dan ditampilkan dalam suatu grafik yang disebut elektrokardiograf.

Bedanya, sryinge pump digunakan untuk memasukkan obat yang terdapat dalam jarum suntik, sedangkan infusion pump digunakan pada pemakaian selang infus. Syringe pump adalah alat medis yang digunakan untuk mengatur proses penyuntikan cairan obat ke tubuh pasien dengan dosis dan juga waktu tertentu. Alat ini berfungsi untuk

  • Memberikan dosis obat secara akurat dan juga tepat waktu sesuai dengan dosis dokter yang telah ditentukan tanpa melakukan penyuntikan berulang kali.
  • Sebagai alat yang dapat digunakan secara continue sesuai aturan tanpa memberikan efek kadar obat yag terlalu rendah atau tinggi karena dilakukan dengan tepat dan aurat
  • Sebagai alat memasukkan obat yang efektif terutama bagi pasien yang memiliki kesulitan dalam mengonsumsi obat berbentuk tablet dan kapsul

Prinsip utama dalam system syringe pump adalah memasukkan cairan berkala sesuai dengan perintah yang diberikan oleh sistem dengan kontrol dan keamanan yang sangat baik karena dilengkapi sistem alarm yang sensitif di titik-titik kritis sehingga tidak akan membahayakan pasien. Adapun diantara alarm yang terpasang yakni:

  • Alarm untuk kemampatan

Alarm ini akan memberikan informasi jika ada bagian dari syringe pump mengalami kemampatan. Alarm akan berbunyi karena ada tekanan yang berlebih pada sistem pompa. Sensor pada alarm juga otomatis akan mematikan tindakan pemompaan hingga permasalahan kemampatan terselesaikan.

  • Alarm untuk jumlah yang dimasukkan

Dalam mengonsumsi obat, tentunya ada aturan mengenai jumlah yang harus dikonsumsi. Hal ini agar pasien mengonsumsi obat dalam takaran sesuai dan tidak berlebihan. Alat ini akan sangat membantu karena ada alarm yang akan memberitahukan bahwa Batasan atau limit yang ditetapkan sudah mencapai batasnya sehingga otomatis jumlah yang diberikan akan berhenti.

  • Alarm untuk mengetahui cairan yang hampir habis

Selain untuk mengetahui dosis yang tepat, juga alat ini akan sangat membantu karena memeri tahu bahwa cairan atau obat yang ada pada alat tersebut akan segera habis. Sehingga bisa dilakukan tindakan untuk mengisi ulang obat semestinya agar berkesinambungan

Berikut adalah model atau jenis stringe pump yang banyak digunakan dalam dunia media.

1. Syringe Pump Aitech SEP-10S

Syringe Pump Aitech SEP-10S
Syringe Pump Aitech SEP-10S

Syringe pump tipe aitech SEP-105 memiliki fungsi seperti halnya syringe pada umumnya, yaitu memasukkan cairan ke dalam tubuh pasien. Tingkat akurasi syringe pump tipe ini kurang lebih mencapai 2%. Alat ini juga dilengkapi sensor alarm yang sensitif apabila terdapat kesalahan pada alat. Selain itu, alat ini juga memiliki kecepatan aliran hingga 1500 l setiap jamnya dengan volume limit mencapai 999 ml.

2. Syringe Pump Mindray SK 500 I

Syringe Pump Mindray SK 500 I
Syringe Pump Mindray SK 500 I

Syringe pump satu ini adalah salah satu produk keluaran Mindray yang memiliki keunggulan mudah dioperasikan. Tingkat keakuratan tipe ini kurang lebih 3% dengan ukuran sryinge 10/20/50 mm. Syrige pump mindray SK 500 I ini dilengkapi dengan sistem anti-bolus, drug library, volume alarm yang dapat diatur hingga pada tingkat 3, serta alarm indikator untuk kondisi tertentu. Dengan menggunakan alat ini, dosis dapat disesuaikan sesuai anjuran dokter. Selain itu, waktu dan juga volumenya pun dapat diatur atau ditentukan sendiri.

3. Syringe Pump Mindray SK 500 II

harga syringe pump murah
Syringe Pump Mindray SK 500 II

Syringe Pump Mindary SK 500 II memiliki keunggulan antara lain, mudah dioperasikan, kalibrasi yang mudah, ringan, mudah digunakan, serta bolus yang bisa diatur. Selain itu, alat ini memiliki layar LCD berwarna dengan ukuran yang cukup lebar, yaitu 3,5 inch. Tingkat keakuratan alat ini mencapai 3% dengan ukuran syringe 5/10/20/30/50 mm.

4. Syringe Pump OSP 500 mediMIG

Syringe Pump OSP 500 mediMIG
Syringe Pump OSP 500 mediMIG

Model syringe pump ketiga ini memiliki sensor alarm yang sangat sensitif jika terdapat kesalahan pada alat. Prinsip kerja syringe pump OSP 500 mediMIG berfungsi memasukkan cairan ke dalam tubuh pasien. Dosis cairan yang akan dimasukkan dapat diatur dengan sangat mudah, sehingga kesalahan dapat diminimalisasi. Alat ini dilengkapi dengan Fuse F1AL/250 V sebanyak 2 buah.

5. Syringe Pump SS700 Terumo

Syringe Pump SS700 Terumo
Syringe Pump SS700 Terumo

Sryinge pump jenis terakhir ini adalah prosukdi dari Terumo dengan tipe SS700. Alat ini dilengkapi dengan satu buah sryinge pump dan juga satu buah power cord. Selain itu, fitur lain yang ditambahkan dalam alat ini antara lain, moisture protection dan juga kompatibel dengan ukuran sryinge 5/101/20/30/50/60 mm.

Demikianlah lima model srynge pump yang banyak digunakan dalam dunia medis. Membeli syringe pump sebaiknya dilakukan di distributor alat kesehatan terpercaya dan berpengalaman. Hal ini dilakukan agar syringe pump yang Anda beli terjamin kualitasnya dan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang telah ditentukan. Salah satu distributor alat kesehatan yang sudah terpercaya adalah AGM Medica. Selain berkualitas, distributor alat kesehatan satu ini juga memberikan layanan purna jual dengan garansi pada setiap produk yang Anda beli.

error: Content is protected !!