ALAT TEKANAN DARAH DENGAN TENSIMETER

Tensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah seseorang, sehingga dapat diketahui sakit nya dipengaruhi dari tekanan darah nya tidak. Deteksi awal dengan mengukur tekanan darah seseorang merupakan hal yang wajib diketahui sehingga tindakan perawatan dapat segera dilakukan oleh tenaga medis. Lalu berapakah tekanan darah orang normal ya???

Tekanan darah orang dewasa secara normal yaitu 120/80 mmHg dimana 120 merupakan tekanan sistolik ( tekanan saat jantung berkontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh) dan 80 adalah tekanan diastolic (tekanan saat otot jantung berelaksasi sebelum kembali memompa darah). Apabila seseorang tekanan darah nya dibawah normal disebut hipotensi lalu bisa tekanan darah nya diatas itu disebut hipertensi.

Jenis jenis tensimeter pada umumnya

Alat tensimeter umumnya hanya digunakan di fasilitas medis seperti klinik, puskesmas, rumah sakit namun sekarang sudah banyak yang memiliki tensimeter di rumah pribadi atau fasilitas umum lainnya. Hal ini dikarenakan sudah semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan sehingga pengetahuan tentang obat dan alat kesehatan mulai berkembang di semua kalangan. I Importir alat kesehatan

Beberapa jenis tensimeter yang tersedia :

  1. Tensimeter manual

  • Tensimeter manual raksa

Alat tensimeter adalah jenis ini biasanya hanya digunakan oleh tenaga medis saja karena pembacaan tekanan darah nya hanya dipelajari dalam ilmu kesehatan. Memiliki bentuk yang kokoh dan panjang membuat tensi raksa kurang cocok jika dibawa secara mobile. Pemeriksaan dengan tensi raksa membutuhkan pengalaman yang baik karena relative sulit dan juga membutuhkan bantuan stetoskop untuk mendengar detak nadi nya.

  • Tensimeter manual aneroid / jarum

Alat tensimeter jenis jarum bentuk nya relative lebih sederhana dibandingkan tensi raksa, harga nya pun lebih murah namun penggunaan nya tetap membutuhkan bantuan stetoskop. Lebih mudah untuk dibawa kemana mana sehingga bisa di pergunakan saat urgent. Sama sengan tensi raksa, jenis tensi aneroid pun tetap harus membutuhkan ketelitian dalam penggunaan nya , biasanya dipelajari dalam ilmu dasar kesehatan dan kedokteran.

  1. Tensimeter digital

Penggunaan nya tidak memerlukan pengalaman di dunia kesehatan karena tidak membutuhkan stetoskop untuk membantu membaca tekanan darah. Tensimeter digital pada umumnya jauh lebih mahal dari tensimeter manual dan didalam unit nya terdapat sparepart yang mensupport agar akurasi pembacaan tekanan darah nya sesuai.

Cara memilih tensimeter yang tepat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tensimeter yaitu :

  1. Tentukan jenis tensimeternya

Tepat yang dimaksud adalah diperuntukan untuk siapa penggunaan nya, dalam keadaan apa dan dimana akan digunakan. Bila digunakan untuk memahami ilmu kedokteran, anda dapat menggunakan tensimeter manual karena tingkat akurasi nya dipengaruhi dari pemahaman penggunanya. Namun jika membutuhkan tensi yang bisa digunakan oleh semua orang dapat menggunakan jenis digital.

  1. Cari ukuran manset yang sesuai

Manset pada tensi juga berpengaruh, untuk anak atau dewasa karena memiliki ukuran yang berbeda dan harus sesuai saat akan digunakan bersama tensimeter. Manset tidak boleh bocor karena nanti akan mengurangi tingkat akurasi pembacaan nya.

  1. Cek akurasi dari tensimeter tersebut

Cara mengecek akurasi nya dengan mencoba nya sebelum membeli baik untuk tensi manual maupun yang digital sehingga tidak menimbulkan kebingungan saat digunakan dikemudian hari serta tidak ada kerusakan apapun.

  1. Pilih yang mudah digunakan

Memilih tensimeter yang mudah digunakan merupakan cara yang bijak agar pemakaian nya tidak menyulitkan pengguna. Pada umumnya sebagian besar orang akan memilih tensimeter digital karena sangat mudah untuk dipakai dan tidak memerlukan keahlian khusus di bidang kedokteran. Hanya cukup memencet tombol lalu akan muncul angka pada layar monitor.

Dimana dapat mendapatkan tensimeter

Anda tidak perlu khawatir dalam memilih tensimeter yang sesuai karena di AGM Medica dapat melakukan konsultasi sebelum membeli, semua merk yang dibutuhkan akan disajikan ke akurat dan memudahkan kita semua untuk memahami spesifikasi dari alat tersebut. Jadi silahkan hubungi marketing terkait untuk detail pemesanan ya..semoga membantu

error: Content is protected !!