Inilah 4 Macam Alat Cek Darah dan Fungsinya

Inilah 4 Macam Alat Cek Darah dan Fungsinya

Darah memiliki peran yang sangat penting/vital dalam sistem tubuh manusia yang kompleks. Darah adalah salah satu cairan dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi utama sebagai pengangkut oksigen yang diperlukan sel-sel di tubuh manusia. Berikut ini kami ulas beberapa alat cek darah yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan kita

Di dalam tubuh manusia, setidaknya terdapat beberapa jenis sel darah yaitu, sel darah merah, sel darah putih, dan juga plasma darah. Sel-sel darah tersebut memiliki peran masing-masing yang sangat kompleks dalam tubuh manusia.

Oleh karena itu, tidak boleh ada gangguan dalam sistem darah manusia agar sistem tubuh bisa berjalan normal. Darah dapat menjadi salah satu indikasi adanya gangguan dalam tubuh. Hal ini menjadikan darah salah satu objek tubuh yang harus sering dicek secara berkala.

perlunya cek darah untuk mengetahui kondisi kesehatan kita

Oleh karena itu, setiap kali melakukan medical check up, pemeriksaan darah menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Hasil dari pemeriksaan darah tersebut dapat digunakan untuk menggambarkan keadaan atau kondisi kesehatan dari pasien.

Dari pemeriksaan darah pula bisanya diketahui berbagai indikasi permulaan mengenai berbagai gangguan yang mungkin terjadi. Sehingga bisa dikatakan bahwa pengecekan darah menjadi pembuka dari berbagai gangguan tubuh yang mungkin terjadi. Dalam pemeriksaan darah, biasanya alat-alat berikut akan digunakan oleh seorang dokter.

1.Alat Cek Gula Darah

Alat pertama yang digunakan dalam pemeriksaan darah adalah alat cek gula darah. Alat ini digunakan untuk mengukur kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh seseorang. Sebagaimana kita ketahui bahwa Kadar gula darah atau glukosa umumnya kurang dari 100 mg/dL.

Glukosa atau gula darah sendiri adalah salah satu indikator ada tidaknya penyakit diabetes melitus dalam tubuh seseorang. Sebagaimana kita ketahui bahwa penyakit gula darah ini merupakan salah satu penyakit terbanyak yang menyerang orang Indonesia.

Menurut sebuah studi, sekitar 20 juta jiwa rakyat Indonesia mengalami permasalahan gula darah. Angka ini tentu cukup besar sehingga menimbulkan masalah serius dalam sistem Kesehatan nasional.

Bayangkan berapa kerugian yang tercipta akibat dari kondisi ini. Hal ini tentu bisa dihindari jika memang ada pencegahan dini yang bisa dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat. Pada beberapa kasus, gejala diabetes melitus sering kali tidak dirasakan oleh pasien.

Padahal jika dibiarkan, diabetes melitus dapat memicu datangnya penyakit lain seperti, stroke, jantung, hipertensi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan pemeriksaan gula darah secara berkala.

Pemeriksaan tingkat gula darah bisa menggunakan alat yang sudah ada. Sangat banyak alat sekarang yang dicipta untuk mengetahui tingkat gula darah. Penggunaan alat cek gula darah cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil sampel darah dalam tubuh sedikit, kemudian hasil atau angka kadar gula darah dalam tubuh akan ter tampil di layar.

2. Alat Cek Kolesterol Darah

Kolesterol juga merupakan salah satu sumber masalah terbesar yang dialami masyarakat Indonesia. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 memperlihatkan bahwa 30% masyarakat Indonesia mengalami permasalahan mengenai kolesterol mereka atau dalam kata lain mengalami kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol jahat pada tubuh yang tinggi, dapat memicu timbulnya berbagai masalah atau penyakit dalam tubuh manusia, diantaranya, stroke, hipertensi, jantung koroner, obesitas, dan berbagai penyakit lainnya. Oleh karena itu, penting juga untuk melakukan cek kolesterol secara berkala.

Kadar kolesterol yang baik dalam tubuh adalah kurang dari 200 mg/dl. Apabila jika hasil cek kolesterol Anda menunjukkan angka lebih dari itu, sebaiknya Anda berhati-hati dan lebih menjaga pola makan serta hidup sehat.

Seperti halnya alat cek gula darah, penggunaan alat cek kolesterol juga cukup menggunakan sampel darah dalam tubuh. Setelah itu, angka kadar kolesterol dalam tubuh akan tampak pada layar. Dengan segala kemudahan yang dimiliki, harusnya tidak ada lagi alasan bagi kita untuk malas melakukan pengecekan pada tingkat kolesterol kita.

Pengecekan berkala tentu akan sangat membantu kita dalam merencanakan berbagai penyelesaian atas masalah yang kita alami. Dekteksi dini juga bisa mencegah kita mengeluarkan biaya yang lebih banyak dibandingkan jika mengetahui kemudian saat sakit sudah menyebar dan memerlukan penanganan tingkat tinggi.

Salah satu

3. Alat Cek Lipid Darah

Dalam pengukuran lipid, terdapat empat parameter yang perlu diperhatikan yaitu, kolesterol baik atau High Density Lipoproteinatau (HDL), kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL), kolesterol total, dan juga trigliserida.

Umumnya, kolesterol total sebaiknya tidak melebihi 200 md/dL, dengan kadar kolesterol baik (HDL) yang baik dalam tubuh setidaknya adalah 60 mg/dL atau lebih, kadar kolesterol jahat sebaiknya kurang dari 100mg/dL, dan kadar trigliserida kurang dari 150 mg/dL.

Pengukuran keempat parameter tersebut dilakukan dengan menggunakan satu alat. Sama halnya dengan alat cek darah lainnya, alat cek lipid juga dapat digunakan dengan hanya menggunakan sedikit sampel darah. Pemeriksaan kadar lipid secara berkala dapat menghindarkan diri dari penyakit jantung maupun stroke.

4. Alat Cek Asam Urat

Asam urat adalah masalah klasik yang terjadi di Indonesia. Dalam sebuah publikasi WHO pada tahun 2015 disebutkan bahwa 840 dari setiap 100.000 orang di dunia mengalami permasalahan asam urat.

Karena itu pengecekan kadar asam urat juga menjadi salah satu yang penting dalam pengecekan darah. Terakhir adalah alat cek asam urat. Pengecekan asam urat dengan juga sangat mudah.

Hanya dengan sedikit sampel darah dan menunggu dalam hitungan detik, hasilnya akan ter tampil pada alat cek asam urat. Pengecekan asam urat ini juga penting untuk menghindari penyakit sendi.

Tidak hanya orang tua, asam urat juga dapat di derita oleh anak muda. Oleh karena itu, pengecekan secara berkala sangat diperlukan. Pada perempuan, kadar asam urat normalnya adalah 2,4 hingga 6,0 mg/dL, sedangkan pada pria 3,4 hingga 7,0 mg/dL, dan pada anak-anak 2,0 hingga 5,5 mg/dL.

Dapatkan 4 alat cek darah tersebut di AGMMEDICA

Itulah empat alat cek darah yang sering digunakan dalam proses medical check up. Alat-alat cek darah tersebut dapat Anda dapatkan di distributor alat-alat kesehatan, salah satunya AGM Medica.

AGM Medica adalah salah satu distributor alat kesehatan terpercaya dan berpengalaman yang menyediakan alat kesehatan dengan kualitas Standar Nasional Indonesia.

Selain itu, AGM Medica juga memberikan layanan purna jual, salah satunya dengan memberikan garansi pada setiap produk yang dibeli. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir apabila ditemukan kerusakan ataupun cacat bawaan pada alat kesehatan yang Anda beli.

error: Content is protected !!