Meja operasi yang sering dipakai seperti apa sih???

Halo netizen, kali ini AGM Medica – Distributor Alkes Terpercaya akan membahas tentang meja operasi. Umumnya semua peralatan yang dipakai di rumah sakit dibuat berdasarkan fungsinya masing- masing, termasuk meja operasi. Apa sih meja operasi itu ? biasanya ada diruangan apa ya? Penting tidak sih meja operasi itu? Baik, kali ini kami akan jelaskan satu persatu mulai dari fungsi hingga komponen yang ada di meja operasi.

Fungsi meja operasi

Sekilas dari nama nya saja sudah dapat diketahui apa fungsi dari meja operasi itu. Meja operasi adalah tempat tidur / bed yang digunakan tenaga medis dalam melakukan kegiatan operasi, baik operasi ringan atau operasi yang berat atau biasa disebut didunia medis dengan bedah minor dan bedah mayor.

Beberapa penjelasan spesifik dari meja operasi :

  1. Meja operasi di design dengan sedemikian rupa untuk memudahkan dokter / tenaga medis dalam melakukan operasi sehingga operasi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Meja operasi yang digunakan juga harus nyaman bagi pasien yang akan mejalani operasi agar pasien tidak takut saat akan menjalani operasi nantinya.
  2. Salah satu keberhasilan dari tenaga medis dalam melakukan operasi tergantung dari meja operasi yang digunakan, meja operasi yang akan digunakan juga harus disesuaikan dengan jenis operasi nya. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis meja operasi yang memiliki fungsi berbeda beda.
  3. Adanya meja operasi di ruang bedah merupakan syarat prosedural untuk dapat dijalankan nya operasi di rumah sakit. Sehingga meja operasi yang digunakan harus memiliki spesifikasi yang baik dan lengkap.
  4. Meja operasi yang biasanya digunakan di rumah sakit memakai meja operasi jenis manual tetapi beberapa rumah sakit juga memakai meja operasi elektrik dikarenakan lebih praktis dan lebih mudah penggunaan nya.

Sejak dahulu meja operasi di dunia medis selalu mengalami perkembangan yang sangat signifikan, baik dari design meja nya sampai kelengkapan accesories nya. Meja operasi pada zaman dahulu mungkin tidak perlu memiliki komponen yang lengkap karena tidak membutuhkan anestesi saat dilakukan operasi/ bedah. Namun, seiring perkembangan zaman , hampir semua operasi menggunakan anestesi sehingga sekarang meja operasi dibuat sedemikian baik dengan menyesuaikan jenis operasinya.

Saat ini meja operasi sangat modern bentuk nya dan material yang dipakai pun sudah sangat bagus, sehingga pasien merasa nyaman dan tim medis pun merasa leluasa dalam melakukan operasi/ pembedahan.

Meja operasi Menurut cara kerjanya

  1. Meja operasi hidrolik

Meja operasi hidrolik maksud nya meja operasi yang digerakan secara mekanik / manual. Sehingga bila ingin di setting naik turun atau tinggi rendah harus dilakukan oleh dokter atau tenaga medis.

  1. Meja operasi elektrik

Meja operasi elektrik merupakan meja operasi dengan prinsip kerja digerakan oleh mesin. Biasanya spesifikasi nya ada beberapa tombol atau switch sehingga bisa diatur posisinya oleh dokter saat akan melakukan operasi/ bedah.

Komponen meja operasi

Meja operasi yang baik harus dapat :

  1. Mengatur ketinggian
  2. Memiringkan pasien ke kanan dan ke kiri
  3. Bagian meja dapat menyesuaikan anatomi tubuh manusia
  4. Tekanan atau ganjalan pada meja

Beberapa komponen yang terdapat pada meja operasi spesifikasi nya sebagai berikut :

  1. Matras
  2. Pengatur posisi
  3. Sistem hidrolik atau elektrik nya
  4. Rem
  5. Accesories seperti penyangga kepala

Membutuhkan meja operasi manual atau elektrik ??

Wah, berarti sekarang meja operasi sudah banyak merk nya ya? Bagaimana cara memilih meja operasi yang bagus dan berkualitas nih.. Apa meja operasi semuanya sama type nya? Tidak perlu kawatir lagi untuk memilih meja operasi yang berkualitas, karena di AGM MEDICA menjual berbagai macam merk dan type meja operasi. Baik meja operasi manual atau pun meja operasi elektrik. Dan tidak perlu bingung bila ingin memperoleh informasi tentang cara memilih meja operasi yang benar karena AGM MEDICA siap memberikan informasi lebih, agar dapat memudahkan customer dalam memilih merk yang baik untuk penanganan operasi di rumah sakit.

AGM Medica adalah perusahaan distributor alat kesehatan dan rumah sakit. Melayani Penjualan berbagai macam alat kesehatan seperti Jual AED dan defibrilatorkursi roda, patient monitor, meja operasi, nebulizer, alat radiologi, alat laboratorium dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!