Mengenal Peralatan Radiologi yang Digunakan Dalam Dunia Medis

Bagi Anda yang bekerja di bidang kesehatan, penting untuk mengenal peralatan radiologi yang digunakan dalam dunia medis. Sebenarnya apa itu radiologi? Radiologi adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang dimanfaatkan untuk mengetahui bagian dalam tubuh manusia. Pemeriksaan Radiologists ini menggunakan teknologi pencitraan memanfaatkan gelombang elektromagnetik atau gelombang mekanik. Melalui teknologi radiology pencitraan inilah dokter dapat mengetahui bagian dalam tubuh manusia yang digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit.Peran pemeriksaan radiology ini sangat penting dalam dunia medis karena dapat membantu dokter dalam mendiagnosa penyakit pasien sejak dini, sehingga dapat ditangani sebelum terlambat. Beberapa penyakit yang dapat diketahui melalui pemeriksaan radiologi seperti kanker, tumor, penyumbatan jantung, kelainan paru-paru, dan masih banyak lagi. Peralatan yang digunakan untuk memeriksa juga beragam. Oleh karena itu, mari kita kenali peralatan radiologi dalam dunia medis.

Rontgen

Pertama mari mengenal peralatan radiologi mulai dari foto rontgen. Foto rontgen merupakan pemeriksaan bagian tubuh manusia dengan menggunakan radiasi sinar X. Bentuk dari hasil foto rontgen adalah gambar 2 dimensi.

Fluoroscopy

Pemeriksaan ini hampir sama dengan foto rontgen namun perbedaan nya pada hasil yang ditampilkan. Fluoroscopy menampilkan bagian tubuh manusia dalam bentuk video biasanya ini dilakukan dokter untuk melakukan prosedur sebelum operasi atau penanganan penyakit pada organ dalam pasien.

CT Scan

CTScan sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan. CT Scan merupakan singkatan dari Computed Tomography, kemudian Scan berarti foto. Jadi dapat disimpulkan bahwa CT Scan berfungsi untuk menghasilkan foto bagian-bagian dalam dari tubuh. Berbeda dengan alat radiologi lain, CT Scan ini dianggap lebih lengkap dan akurat dalam mendeteksi kelainan. Hal ini disebabkan karena penampang yang dihasilkan dari CT Scan berbentuk foto 3 dimensi atau gambar bagian dalam tubuh berupa irisan.

Ultrasonography (USG)

Mengenal peralatan radiologi yang selanjutnya adalah Ultrasonography (USG).USG sering dimanfaatkan untuk melihat perkembangan janin dalam perut seorang ibu yang sedang hamil. Ultrasonography merupakan teknik diagnostik berupa pencitraan organ internal menggunakan suara ultrasonic. Sehingga melalui alat ini anda dapat melihat otot, ukuran, struktur, hingga luka patologi.

Persiapan pemeriksaan radiology

Persiapan sebelum melakukan pemeriksaan radiologi biasanya yang disarankan dokter adalah :

  1. Berpuasa , dikarenakan dengan berpuasa tidak ada makanan yang belum tercerna sehingga hasil pemeriksaan jauh lebih jelas.
  2. Meminum obat tertentu
  3. Minum air putih yang banyak dan menahan buang air kecil
  4. Mengenakan pakaian khusus

Efek samping pemeriksaan radiology

Beberapa efek samping yang sering terjadi yaitu :

  1. Mual, pusing, muntah, gatal karena pemberian cairan kontras saat pemeriksaan radiasi.
  2. Tekanan darah turun drastis, syok anafilaktik, serta serangan jantung.
  3. CT scan dapat menyebabkan resiko kanker pada pasien jika dilakukan berulang kali,terlebih jika dilakukan pada anak.

Kelengkapan alat radiologi

Saat pemeriksaan radiologi biasanya tenaga medis membutuhkan beberapa perlengkapan pendukung. Misalnya, selama X-ray atau CT scan, tenaga medis harus mengenakan pelindung tubuh, seperti celemek tubuh, celemek tiroid, dan kacamata dengan kandungan timbal tertentu.

Beli alat radiology yang terjamin kualitasnya

Masih banyak lagi alat radiologi dengan berbagai fungsinya. Bagi penyedia layanan kesehatan juga penting untuk menggunakan alat radiologi yang berkualitas. AGM Medica Yogyakarta menyediakan alat kesehatan berkualitas adalah komitmen kami dalam usaha mewujudkan Indonesia yang lebih sehat | Distributor Alat Kesehatan

error: Content is protected !!