Mengetahui jenis operasi yang ada di dunia medis

Bagi sebagian masyarakat mungkin sudah pernah menjalani operasi, baik untuk diri sendiri maupun orang terdekat. Mendengar kata Jenis operasi bedah saja mungkin bagi kita banyak yang berfikir bahwa orang yang menjalani nya pasti terkena penyakit berbahaya, padahal belum tentu penyakit yang diderita itu sangat berat. Ada orang yang menjalani operasi ringan sehingga tidak beresiko terhadap dirinya.

Definisi Operasi bedah dan Jenisnya

Sedangkan operasi bedah sendiri merupakan metode pengobatan yang dilakukan oleh tenaga medis / dokter untuk mengobati suatu penyakit dengan cara membuka/ menutup bagian tubuh tertentu sesuai prosedur yang berlaku. Tidak semuanya penyakit dapat disembuhkan dengan jalan operasi bedah, sehingga dokter harus tahu betul gejala, penanganan serta pengobatan yang tepat bagi pasien. Tenaga medis atau dokter yang melakukan pembedahan juga tidak boleh sembarangan karena dapat berakibat buruk jika terjadi suatu hal yang fatal. Harus yang sudah punya pengalaman dengan baik. Banyak macam / jenis dari operasi bedah ini, dilihat dari tujuan nya, tingkat resikonya, serta teknik nya.

Jenis operasi berdasarkan tujuan nya dibagi menjadi :

  • Mendiagnosis

Mendiagnosis penyakit merupakan kewajiban bagi seorang dokter dalam pekerjaan nya. Operasi yang lazim dilakukan untuk ini yaitu operasi biopsi dimana bertujuan untuk mengetahui adanya kanker atau tumor di dalam tubuh pasien.

 

  • Mencegah

Tindakan ini bertujuan untuk mencegah ada nya penyebaran penyakit di dalam tubuh pasien. Contoh nya seperti operasi pengangkatan polip usus yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker.

  • Menghilangkan

Operasi yang bertujuan untuk mengangkat sejumlah jaringan dalam tubuh karena sudah tersebar di beberapa jaringan tubuh. Misalnya operasi pengangkatan rahim, dan pengangkatan payudara.

  • Mengembalikan

Tujuan dari operasi ini yaitu untuk mengembalikan fungsi organ tubuh tertentu menjadi normal kembali. Seperti operasi rekonstruksi payudara.

  • Paliatif

Jenis operasi ini hanya untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh pasien, biasanya tindakan ini dilakukan pada pasien penyakit kronis stadium akhir.

Operasi bedah berdasarkan tingkat resiko nya dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Operasi bedah minor (ringan)

Jenis operasi ini berupa tindakan bedah yang tanpa memerlukan waktu lama dalam proses pemulihan nya karena tidak perlu melakukan pembedahan di area yang berbahaya dan biasanya jenis anestesinya menggunakan anestesi lokal. Misal nya operasi di jaringan luar saat terjadi kecelakaan di tangan/kaki, ekstraksi kuku, operasi ganglion di tangan.

  • Operasi bedah mayor (berat)

Kalau operasi bedah mayor yaitu operasi yang dilakukan dengan resiko yang lebih besar dikarenakan harus membuka jaringan tubuh lebih luas sehingga waktu pemulihan bagi si pasien biasanya relatif lebih lama. Contoh operasi mayor seperti operasi cangkok organ, operasi tumor otak, operasi jantung dan sebagainya.

Berdasarkan tekniknya operasi bedah dibagi menjadi :

  • Operasi bedah terbuka

Operasi bedah ini lebih dikenal dengan bedah konvensional , dimana tindakan medis yang dilakukan dengan melakukan sayatan pada bagian tubuh dengan menggunakan pisau khusus. Contohnya Operasi jantung, dimana dokter harus menyayat bagian dada pasien dan membukanya agar organ jantung terlihat dengan jelas.

  • Laparoskopi

Jenis operasi laparoskopi dimana dokter hanya melakukan sayatan kecil pada bagian tubuh kemudian dimasukan alat seperti selang ke dalam lubang sayatan untuk mengetahui masalah yang terjadi di dalam tubuh pasien.

Berdasarkan pemilihan waktu nya operasi bedah dibedakan menjadi 3 yaitu :

  • Bedah elektif

Tindakan bedah yang dilakukan untuk menangani penyakit yang tidak membahayakan hidup pasien dan hanya dilakukan atas permintaan pasien.

  • Bedah darurat

Bedah yang dilakukan untuk menyelamatkan hidup pasien atau bagian tubuh pasien karena mngalami kecelakaan atau cedera dimana menyebabkan trauma.

  • Bedah semi elektif

Tindakan bedah yang dilakukan untuk mencegah efek dari suatu penyakit atau cedera, namun tidaj harus segera dilakukan,pembedahan ini dapat ditunda untuk beberapa saat.


Demikian penjelasan untuk jenis jenis dan Pengertian operasi bedah, pengetahuan ini agar menjadikan masyarakat umum memahami arti penting nya operasi pada bagian tubuh untuk dijalani bagi beberapa pasien. Jadi, kita tidak boleh menyamakan bahwa semua operasi itu berbahaya.

web : https://agmmedica.com

error: Content is protected !!