BAHAYA PENYAKIT PARKINSON

Pengertian

Penyakit Parkinson ini merupakan suatu kondisi di mana terdapat kelainan sistem persarafan progresif yang memengaruhi pergerakan. Penyakit ini berkembang secara bertahap dan terkadang di awali dengan tremor atau gemetar pada satu tangan. Meskipun tremor merupakan salah satu tanda yang paling dikenal pada penyakit Parkinson, kondisi ini juga umumnya menunjukkan gejala kekakuan atau kelambatan pergerakan. Pada tahap awal penyakit Parkinson, wajah dapat menunjukkan ekspresi yang minimal atau tidak berekspresi sama sekali. Lengan pun dapat tampak tidak mengayun saat berjalan. Walau penyakit Parkinson tidak dapat disembuhkan, pengobatan dapat meredakan tanda dan gejala yang dialami. Terkadang, dokter dapat menyarankan untuk melakukan pembedahan guna mengatur bagian tertentu otak untuk meredakan keluhan tertentu pula.

Gejala utama penyakit Parkinson

Ada tiga gejala utama Parkinson yang memengaruhi pergerakan fisik penderitanya:

  • Otot kaku dan tidak fleksibel

Otot kaku dan tidak lentur akan membuat tubuh penderita susah bergerak hingga sudah menunjukkan ekspresi pada wajahnya. Gejala ini juga dapat mengakibatkan dystonia atau kram otot.

  • Tremor

Tramor adalah gemetar pada bagian tubuh tertentu. Gejala ini kerap bermula dari tangan atau lengan saat tubuh sedang rileks.

  • Gerak tubuh yang lambat

Dalam dunia medis, gerak tubuh yang lambat disebut bradykinesia. Gejala ini berupa pergerakan tubuh penderita penyakit Parkinson yang menjadi jauh lebih lamban dari biasanya.

Gejala penyakit parkinson lainnya

Di samping gejala utama tersebut, penyakit Parkinson dapat mengakibatkan kondisi fisik dan mental lain yang berupa:

  • Gangguan ingatan
  • Sering buang air kecil
  • Susah buang air besar atau konstipasi
  • Gangguan keseimbangan tubuh
  • Depresi dan gangguan kecemasan
  • Nyeri saraf

Gejala awal penyakit Parkinson dapat bersifat ringan dan kadang tidak di rasakan penderita. Tanda-tandanya sering hanya terasa pada satu sisi tubuh sebelum memengaruhi sisi tubuh lainnya.

Penyebab

Zat dopamin merupakan bertindak sebagai pembawa pesan pada area otak, yaitu substantia nigra dan korpus striatum, untuk dapat menghasilkan gerakan yang halus dan terkendali. Jika jumlah dopamin rendah dapat mempengaruhi kontribusi substantia nigra dan korpus striatum pada otak menjadi tidak efektif. Produksi dopamin yang rendah atau berkurang membuat tubuh menghasilkan gerakan lambat. Dopamin yang rendah di sebabkan oleh faktor genetik dan faktor lingkungan.

  1. Faktor lingkungan

Lingkungan menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan tubuh. Polusi udara terjadi akibat aktivitas industri yang dapat mencemari udara. Polusi atau udara yang kotor juga dapat di sebabkan oleh volume kendaraan bermotor dapat meningkatkan polusi udara.

  1. Faktor genetik

Parkinson di sebabkan oleh mutasi pada gen. Penderita yang mengalami penyakit parkinson memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit yang sama. Sehingga memungkinkan anggota lainnya mengidap penyakit parkinson.

Faktor risiko

Ada beberapa faktor yang berperan dalam meningkatkan kemungkinannya. Faktor-faktor nya adalah sebagai berikut:

  1. Keturunan
  2. Mutasi genetic
  3. Usia
  4. Paparan bahan kimia
  5. Jenis kelamin

Kaum pria berisiko mengalami penyakit Parkinson daripada wanita.

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan surabaya.

error: Content is protected !!
Customer Service