APA ITU PENYAKIT PES?

Pengertian Pes

Pes merupakan salah satu jenis infeksi bakteri yang di sebabkan oleh organisme Yersinia pestis. Organisme ini hidup pada binatang pengerat berukuran kecil dan umum di jumpai di area pedesaan di Afrika, Asia, dan Amerika Serikat. Organisme ini dapat di tularkan ke manusia yang di gigit oleh kutu yang telah sebelumnya hinggap pada binatang pengerat tersebut. Penyakit pes bersifat mematikan jika tidak segera di obati dengan antibiotik. Salah satu ciri khas dari seseorang yang mengalami kondisi ini adalah terdapat pembengkakan dan rasa nyeri pada kelenjar getah bening, yang di sebut sebagai bubo, pada selangkangan, ketiak, atau leher. Jenis pes yang paling jarang dan mematikan adalah yang memengaruhi paru-paru, dan dapat menyebar dari individu ke individu.

Gejala dan jenis-jenis pes

Penyakit pes di bagi menjadi tiga jenis berdasarkan bagian tubuh yang terinfeksi. Tanda dan gejala yang muncul pada penyakit ini tergantung dari jenis pes yang di derita. Orang yang terinfeksi pes biasanya akan mengalami gejala seperti flu selama 2 sampai 6 hari. Kemudian, setelahnya gejala pes akan muncul. Berikut adalah gejala pes yang terjadi sesuai dengan jenisnya :

  1. Septicemic plague

Penyakit pes tingkat lanjut, ketika bakteri sudah memasuki darah karena tidak segera di obati. Gejala yang muncul dari pes ini adalah:

  • Mual dan muntah
  • Perdarahan dari mulut, hidung, dubur, atau di bawah kulit karena darah tidak bisa menggumpal
  • Lemas luar biasa
  • Syok
  • Demam di sertai menggigil
  • Kulit menghitam akibat adanya jaringan yang mati (gangren), biasanya terjadi pada jari tangan, jari kaki, atau ujung hidung. Gejala ini menyebabkan penyakit pes di sebut sebagai black death atau wabah hitam.
  • Nyeri perut di sertai diare
  1. Bubonic plague

Bubonic plague (pes bubo) merupakan jenis pes paling umum, menular ketika kutu atau tikus yang terinfeksi menggigit Anda. Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan peradangan. Gejala yang muncul dari pes bubo memang sangat mirip orang yang terkena flu. Berikut adalah gejala-gejala yang akan muncul :

  • Kejang
  • Munculnya bengkak seukuran telur ayam, terasa hangat bahkan terasa panas ketika kita memegangnya dan sakit. Biasanya pembengkakan ini muncul pada pangkal paha, daerah sekitar selangkangan, leher, atau ketiak. Pembangkakan ini di sebut buboes. Bakteri ini berjalan melalui sistem limfatik dan berakhir di kelenjar getah bening dimana menyebabkan pembengkakan tersebut yang. Hal ini biasanya terjadi dalam satu sampai tujuh hari pemaparan.
  • Nyeri otot
  • Badan terasa lemas
  • Demam di sertai menggigil
  • Sakit kepala
  1. Pneumonia plague

Jenis ini terjadi ketika bakteri sudah menyerang paru-paru. Penyakit ini satu-satunya yang bisa di tularkan manusia melalui batuk. Gejala paling cepat muncul sehari setelah adanya gigitan atau sentuhan langsung dengan tikus atau kutu yang terinfeksi. Gejala yang muncul dari pes ini adalah demam tinggi, sakit kepala, badan lemas, mual dan muntah, nyeri dada, batuk darah atau air liur dan lendir juga berdarah, serta sesak napas.

Penyebab Pes

Bakteri Yersinia pestis yang di sebarkan melalui kutu yang biasanya hinggap di hewan-hewan pengerat, seperti tikus, kelinci, dan tupai. Manusia dapat mengidap penyakit ini apabila tergigit oleh kutu yang hinggap di hewan-hewan tersebut maupun di tularkan langsung melalui droplet dari pengidap lain yang mengidap penyakit Pes tipe pneumonia. Beberapa kondisi dapat meningkatkan seseorang mengidap penyakit Pes, sebagai berikut:

  • Dokter hewan.
  • Orang-orang yang tinggal di daerah pedalaman, wabah ini paling sering terjadi di daerah-daerah pedalaman yang padat penduduk dan memiliki sanitasi yang buruk.
  • Orang-orang yang memiliki hobi mendaki gunung, berkemah, dan berburu di daerah pedalaman yang menjadi ekosistem dari hewan-hewan pengerat.

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan natuna.

error: Content is protected !!
Customer Service