APAKAH RUBELLA BISA MENULAR ?

Pengertian

Rubella adalah penyakit menular yang di sebabkan oleh virus. Di kenal juga sebagai campak Jerman, yang biasanya menyerang anak-anak dan remaja. Rubella sendiri merupakan penyakit yang berbeda dari campak, tetapi memiliki kesamaan karena sama-sama menyebabkan ruam kemerahan pada kulit. Selain di sebabkan oleh virus yang berbeda, efek campak umumnya lebih parah di bandingkan rubella. Walaupun tergolong ringan, rubella bisa menulari ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan keguguran, atau jika kehamilan terus berlangsung, bayi dapat terlahir tuli, menderita katarak, atau mengalami kelainan jantung. penyakit ini sering menimpa anak-anak sebelum akhirnya semua anak di wajibkan untuk mendapat vaksin MMR. Vaksin MMR merupakan vaksin yang berguna untuk mencegah campak (measles), gondongan (mumps), dan campak Jerman (rubella).

Penyebab

Penyebab utama penyakit ini adalah infeksi virus rubella. Virus ini sangat mudah menular antarmanusia melalui kontak dekat atau udara. Penyakit atau virus ini di tularkan lewat percikan udara (droplet) ketika penderita bersin atau batuk. Virus ini juga dapat di tularkan dari ibu hamil ke janin lewat aliran darah. Oleh sebab itu, sangat penting bagi wanita hamil untuk menghindari kontak dengan penderita rubella agar tidak tertular selama mengandung. Masa penularan virus ini adalah seminggu sebelum munculnya ruam sampai dua minggu setelah ruam kulit hilang. Jadi penderita di sarankan untuk mengisolasikan diri pada masa-masa ini supaya tidak menularkannya pada orang lain. Faktor risiko rubella yang utama adalah orang yang tidak mendapatkan vaksin rubella, terutama pada ibu hamil.

Gejala Rubella

Infeksi penyakit ini di dahului dengan demam ringan (37–37,8oC) selama 1–2 hari, di sertai pembengkakan kelenjar getah bening di leher belakang atau di belakang telinga. Setelah itu, barulah muncul ruam kemerahan di kulit, di mulai dari wajah dan menyebar hingga ke tangan dan kaki. Kadang ruam kemerahan ini terasa agak gatal. Ruam akan hilang dalam waktu 1–3 hari. Selain itu, dapat muncul gejala lain berupa sakit kepala, pegal-pegal, tidak nafsu makan, mata merah, hidung berair, atau nyeri sendi. Namun demikian, pada orang yang daya tahan tubuhnya baik, Rubella seringkali hanya menimbulkan gejala ringan, atau bahkan tak bergejala sama sekali. Rubella menjadi berbahaya ketika ibu hamil yang terinfeksi, karena infeksi virus ini pada ibu hamil dapat menimbulkan kecacatan janin.

Pencegahan

Rubella dapat di cegah dengan imunisasi Rubella. Di Indonesia, imunisasi virus ini di berikan dalam bentuk imunisasi MMR atau MR. Jenis imunisasi ini di berikan pada usia 15 bulan. Kemudian di ulangi lagi pada usia 5 tahun. Bila orang dewasa belum menerima imunisasi ini, imunisasi MR atau MMR juga dapat di berikan pada orang dewasa asalkan tidak sedang hamil. Pada wanita, sebaiknya tidak merencanakan kehamilan dalam 1 bulan setelah imunisasi Rubella. Selain dengan imunisasi, tindakan lain yang juga bisa di lakukan untuk mencegah penyebaran Rubella adalah:

  • Menghindari kontak dengan penderita Rubella, khususnya jika Anda belum pernah mendapatkan vaksin MMR atau MR
  • Menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan, misalnya saat Anda pulang dari bepergian atau melakukan kontak dengan penderita Rubella

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan surabaya.

error: Content is protected !!
Customer Service