Mengenal Macam Alat Kesehatan dan Fungsinya

alat kesehatan

Alat kesehatan memiliki peran yang penting baik di rumah sakit, klinik, puskesmas, dan juga pusat pelayanan kesehatan lainnya. Tentunya anda yang pernah berkunjung ke tempat-tempat tersebut sudah tidak asing lagi dengan yang namanya alat kesehatan.

Namun apakah anda sudah tahu apa itu alat kesehatan? Kali ini AGM Medica akan memberikan informasi mengenai macam-macam alat kesehatan beserta fungsinya.

Alat Kesehatan yang Bisa Anda Miliki di Rumah

Tahukah anda jika alat kesehatan tidak hanya di sediakan untuk rumah sakit saja? Alat kesehatan ternyata juga bisa anda miliki di rumah. Bahkan terdapat beberapa alat keehatan yang wajib tersedia di rumah anda. Berikut merupakan list alat kesehtan yang harus anda miliki:

Perban, kain kasa, dan plester

Kecelakaan kecil seperti cedera ataupun luka goresan akibat benda tajam menjadi suatu hal yang tidak bisa kita hindari. Dan bahkan sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Oleh karena itu penting buat anda untukmenyediakan perban, kain kasa atau plester untuk menutup luka agar tidak infeksi.

Gunting

Selanjutnya yaitu ada gunting. Gunting juga menjadi alat kesehatan yang harus tersedia di rumah untuk membantu memudahkan anda memotong kain kasa, perban, dan plester.

Pinset

Terkena serpihan benda-benda seperti kaca dan kay merupakan suatu kecelakaan yang sering terjadi. Oleh karena itu, kita membutuhkan pinset untuk mengambil serpihan benda tersebut dari kulit kita. Selain itu, pinset juga berfungsi untuk mengambil sesuatu yang masuk ke dalam lubang hidung dan telinga secara tidak sengaja.

Sarung Tangan

Alat kesehatan ini paing jarang dimiliki oleh orang-orang dirumah. Padahal penggunaan sarung medis ketika mengobati luka sangat penting agar tidak terjadi infeksi.

Termometer

Pengukur suhu badan atau termometer penting untuk anda miliki di rumah. Karena pengukuran suhu badan merupakan pemeriksaan yang vital untuk mengetahui kondisi kesehatan anda.

Selain alat-alat kesehatan di atas, anda juga perlu menyediakan berbaai macam obat-obatan yang paling umum digunakan seperti obat batuk, paracetamol, antihistamin, dan antiseptik.

Alat Kesehatan yang Dibutuhkan untuk Kondisi Darurat

Buat anda yang mengidap penyakit tertentu sebaiknya anda memiliki alat kesehatn sendiri di rumah. Sehingga anda tidak perlu pergi bolak balik rumah sakit untuk melakukan tes kesehatan.

Inhaler dan Nebulizer

Buat anda yang menderia penyakit asma anda pelu menyediakan alat kesehatan ini sendiri di rumah. Inhales dan Nebulizer ini berfungsi untuk menyalurkan obat-obatan melalui saluran pernapasan dengan cara menghirupnya.

Alat Tes Gula Darah

Dengan alat tes gula darah ini, anda bisa memeriksa sendiri kadar gula darah anda . sehingga anda bisa memantau kondisi kesehatan andqa dan bisa mengendalikan kadar gula darah anda agar tidak naik ataupun turun.

Alat kesehatan berupa mesin kecil ini memiliki jarum kecil yang steril untuk mengambil sampel darah. Darah yang telah terambil kemudian akan ditaruh ke dalam strip.

Tensimeter

Tekanan darah menjadi salahsatu tes kesehatan penting yang harus rutin dilakukan oleh penderita jantung, hipertensi, dan hipotensi. Oleh karena itu, apabila anda menderita penyakit tersebut anda wajib memiliki tensimeter sendiri di rumah.

Tensimeter ini berfungsi untuk mengukur tekanan darah anda. Dengan alat ini anda bisa memonitor sendiri tekanan darah anda tanpa perlu pergi ke rumah sakit.

Selain untuk mengetahui tekana darah, tensimeter juga berfungsi untuk memantau pengobatan hipertensi yang dokter berikan apakah sudah efektif dalam mengontrol tekanan darah.

Pulse Oximeter

Alat kesehatan selanjutnya yaitu pulse oximeter yang berfungsi untuk mengukur detak jantung dan kadar oksigen dalam darah. Apalagi buat anda yang menderita penyakit tertentu seperti asma, PPOK, stroke dan penyakit jantung alat ini sangat penting buat anda miliki di rumah.

Pulse oximeter sendiri terdiri dari beberapa tipe, salah satu tipe yang paling sering dijumpai yaitu yang ebrukuran kecil yang digunakan di ujung jari.

Alat ini bisa menampilkan kadar oksigen dalam darah dalam satuan persen. Kadar oksigen orang normal yaitu sekitar 90-92 %. Ketika kadar oksigen anda lebih rendahdari nilai tersebut, bisa menjadi indikasi adanya gejala penyakit tertentu.

Tabung Oksigen

Buat penderita penyakit kronis seperti asma, PPOK, stroke, dan gagal jantung anda perlu memiliki tabung oksigen sendiri di rumah. Penggunaan jenis tabung oksigen sendiri tidak bisa sembarangan. Anda bisa menggunakan tabung oksigen sesuai dengan saran yang diberikan dokter.

Selain jenis dan banyaknya oksigen, dokter juga akan mempertimbangkan alat penyalur oksigen. Alat penyalus oksigen ini terdiri dari dua jenis yaitu selang dan masker yang penggunaanya menyesuaikan dengan kebetuhan.

Distributor Alat Kesehatan Terlengkap AGM Medica

Berbagai macam alat kesehatan tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah di AGM Medica. AGM Medica merupakan pusat alat kesehatan yang menyediakan berbagai macam jenis alat dengan kualitas terbaik dan pilihan yang lengkap. Tentunya semua itu dapat anda dapatkan dengan harga terjangkau.

AGM Medica juga melayani pengiriman hingga ke luar kota di seluruh Indonesia. Jadi anda tidak perlu repot-repot mencari alat kesehatan, anda bisa langsung memesannya dari rumah. Kebutuhan alat anda akan kirimkan dengan aman hingga ke tangan anda.

error: Content is protected !!
Customer Service