Cara Menggunakan Monitor Pasien

Cara Menggunakan Monitor Pasien Cara Membaca Monitor Pasien

Pada kesempatan kali ini AGM Medica akan berbagai bagaimana cara menggunakan monitor pasien dan juga cara membaca monitor pasien. Bagi anda yang sedang mencari cara yang tepat untuk menggunakan dan membaca monitor pasien simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pasien monitor adalah suatu alat yang memiliki fungsu untuk memonitor kondisi fisiologis pasien. Dimana proses monitoring dapat di lakukan secara real-time, sehingga dapat di ketahui kondisi fisiologis pasien pada waktu itu juga. Di dalam monitor pasien ada beberapa istilah untuk mengetahui parameter monitoring. Parameter tersebut antara lainnya yaitu ECG, Respirasi, Saturasi darah, Tensi dan Temperatur suhu. Setiap parameter tersebut memiliki fungsi masing masing antara lainnya yaitu

  • ECG berfungsi untuk pemeriksaan aktivitas jantung, dalam pemeriksaan ECG terdapat “Heart Rate” untuk mengetahui detak jantung pasien dalam satu menit.
  • Respirasi berfungsi untuk pemeriksaan frekuensi atau jumlah nafas pasien dalam satu menit.
  • Saturasi darah atau SpO2 berfungsi untuk mengetahui kadar oksigen yang berada di dalam darah
  • Tensi atau Non Invasive Blood Pressure (NIBP) berfungsi untuk pemeriksaan tekanan darah
  • Temperature berfungsi untuk mengetahui suhu tubuh pasien yang sedang dalam pemeriksaan

Monitor Pasien sangat penting keberadaannya terutama di rumah sakit ataupun di rumah. Peran penting monitor pasien yaitu untuk mengetahui seluruh kondisi tubuh manusia dengan adanya monitor pasien maka perawat dapat mengetahui kondisi terkini dan tindakan yang harus di lakukan jika terjadi perbedaan angka parameter di bawah normal maupun di atas normal.

Cara Menggunakan Monitor Pasien Dengan Benar

Sangat penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan monitor pasien, karena jika tidak mengetahui cara penggunaannya dengan benar maka bisa berakibat fatal pada saat monitoring pasien. Jika anda ingin mengetahui cara menggunakan monitor pasien simak ulasan berikut ini.

1. Terdapat 7 tombol yang ada di Monitor pasien

Tombol – tombol tersebut dari ujung kiri ke kanan (Tombol Power, Alarm, Freeze, Print, NIBP, Menu dan Tombol Pengaturan).

2. Bagian Samping Monitor Pasien

Pada samping monitor pasien terdapat bagian untuk sambungan kabel yaitu untuk sambungan untuk ECG, SPO2, T1 dan T2 untuk suhu dan sambungan untuk NIBP untuk tensi.

3. Sensor Monitor Pasien

Terdapat 5 Sensor utama untuk monitor pasien dengan kode yang berbeda tergantung pada peletakannya di tubuh pasien. Antara lainnya yaitu

  • RA di letakan pada lengan bagian kanan
  • LA di letakan pada lengan bagian kiri
  • RL di letakan pada dada bagian kanan
  • LL di letakan pada dada bagian kiri
  • V di letakan pada dada bagian tengah

Selain 5 sensor tersebut perlu juga Manset yang di letakan pada lengan pasien.

Dalam memasang 5 sensor tersebut anda memerlukan Elektroda untuk memasangnya pada tubuh pasien.

Cara Membaca Monitor Pasien

Sangat penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara kerja monitor pasien dan bagaimana cara membaca monitor pasien untuk memantau kesehatan pasien karena di dalam monitor pasien terdapat parameter parameter seperti detak jantung, tekanan darah, saturasi oksigen, respirasi pernafasan dan juga suhu tubuh pasien. Berikut adalah bagian bagian yang harus anda ketahui dalam membaca monitor pasien.

  • Bagian pertama yaitu Heart Rate (HR) berfungsi untuk mengetahui denyut detak jantung per menit (Rentang normal yaitu 60 – 100). Hasil Heart Rate di dapatkan dari 3 elektroda yang di tempelkan pada tubuh pasien.
  • Bagian kedua yaitu Pulse yang mana nilai Pulse di hasilkan dari Sensor SPO2 yang di pasang pada jari pasien.
  • Bagian ketiga yaitu NIBP (Tensi Darah). Nilai normal sistolik yaitu 100 hingga 120 mmHg. Nilai normal diastolik yaitu 60 hingga 80 mmHg.
  • Bagian keempat yaitu SpO2 yang menunjukan tingkat saturasi oksigen pasien. Rentang nilai normal SpO2 yaitu 90 hingga 100%.
  • Bagian kelima yaitu Resp (Respirasi) yang berfungsi untuk mengetahui pernafasan pasien per menitnya. Rentang nilai normal respirasi yaitu 16-24 kali per menit
  • Bagian keenamp yaitu Suhu pasien dengan rentang nilai normal suhu yaitu 36,5 hingga 37,5 derajat celcius.

Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap bagaimana cara menggunakan monitor pasien dan cara membacanya bisa tonton video di bawah ini.

Video Tutorial Cara Menggunakan Monitor Pasien

Video Penjelasan dan Cara Membaca Monitor Pasien

Nah itulah ulasan cara menggunakan monitor pasien dan juga cara membaca monitor pasien. Sangat penting sekali pada masa saat ini untuk mengetahuinya. Jika anda sedang mencari alat alat kesehatan seperti monitor pasien anda bisa mendapatkannya di Distributor Alat Kesehatan AGM Medica yang menyediakan berbagai produk seperti Furniture Rumah Sakit, Alat Laboratorium, Hospital Bed dan alat alat kesehatan lainnya yang terbaru dan berkualitas.

error: Content is protected !!
Customer Service