CARA AGAR TERHINDAR DARI JERAWAT TELINGA

Pengertian

Jerawat telinga bisa saja muncul pada sebagian orang. Meski tidak sesering jerawat di wajah atau leher, Anda tetap perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Jerawat di telinga biasanya muncul telinga bagian luar, yaitu daun telinga dan saluran telinga. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja termasuk remaja dan orang dewasa.

Penyebab

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di telinga :

  • Penggunaan Earphone atau Headset

Jika gemar mendengarkan musik menggunakan earphone atau headset, Anda harus rajin membersihkan alat tersebut. Sebab, kalau jarang dibersihkan, bakteri dan kotoran bisa menumpuk di sana. Nantinya, earphone yang dipenuhi kotoran dapat menyumbat pori-pori di area kulit telinga sehingga menyebabkan jerawat muncul.

  • Kelenjar Telinga Menghasilkan Terlalu Banyak Minyak

Kulit liang telinga memiliki sel rambut serta kelenjar yang memproduksi minyak dan kotoran telinga. Jika kelenjar ini menghasilkan terlalu banyak minyak, risikonya bisa timbul jerawat. Jerawat telinga akan terbentuk apabila minyak tidak dapat keluar atau terdapat bakteri di pori-pori yang tersumbat.

  • Stres dan Ketidakseimbangan Hormon

Jerawat telinga juga bisa disebabkan oleh stres dan ketidakseimbangan hormon. Biasanya ketidakseimbangan hormon ini terjadi pada saat pubertas.

  • Penggunaan Topi atau Helm

Menggunakan topi atau helm terlalu lama dapat menyebabkan jerawat di area telinga. Jerawat semakin rentan terjadi apabila helm dan topi Anda kotor atau tidak sering dibersihkan. Topi dan helm yang kotor dapat menjadi tempat yang ideal untuk bakteri berkembang biak dan menyebabkan jerawat tumbuh di area telinga.

  • Luka di Telinga Akibat Tindikan

Salah satu penyebab jerawat telinga karena adanya luka telinga atau infeksi di daerah tersebut. Luka di telinga dapat menyebabkan reaksi peradangan dan juga jerawat. Jerawat pun bisa dipicu oleh lubang tindikan yang kotor dan jarang dibersihkan. Jerawat di area ini akan terasa sakit dan perlu perawatan ekstra.

  • Sisa Perawatan Kecantikan

Residu sisa-sisa perawatan rambut dan perawatan kulit wajah dapat menumpuk di bagian telinga. Dampaknya, residu tersebut bisa menutupi pori-pori dan menyebabkan jerawat di telinga.

  • Kebiasaan Memegang Telinga

Jerawat juga bisa muncul ketika Anda sering menyentuh telinga dengan tangan kotor. Ketika menggaruk atau menyentuh telinga, bakteri di tangan dapat berpindah dan menyebabkan jerawat.

Cara Mengatasi

Sebenarnya, Penyakit ini bisa membaik dan hilang dengan sendirinya. Hanya saja, kondisi ini kadang menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri. Untuk mengatasinya, dokter dapat memberikan beberapa pilihan obat berikut:

  • Benzoyl peroxide

Benzoyl peroxide adalah obat yang sering di gunakan dan efektif untuk mengatasi jerawat, karena mampu membunuh bakteri dan mengurangi kadar minyak di kulit. Obat ini tersedia dalam bentuk gel, losion, krim, dan sabun.

  • Vitamin A Topikal

Vitamin A topikal merupakan obat oles yang mengandung vitamin A dan sering di gunakan untuk mengatasi jerawat yang ringan hingga sedang. Salah satu pilihannya adalah tretinoin. Namun, obat ini tidak di anjurkan untuk di gunakan oleh wanita hamil.

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan surabaya

error: Content is protected !!
Customer Service