MENGOBATI MATA BINTITAN DENGAN CEPAT

Pengertian

Bintitan atau hordeolum adalah kondisi ketika bintil menyakitkan mirip jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Penyakit ini umumnya di sebabkan oleh infeksi bakteri dan biasanya hanya muncul pada salah satu kelopak mata. Bintitan sering kali terjadi di kelopak mata bagian luar, tapi terkadang juga bisa muncul di bagian dalam kelopak mata. Bintil yang tumbuh di bagian dalam lebih menyakitkan daripada yang tumbuh di luar. Tidak seperti kelihatannya, bintitan tidak menyebabkan gangguan penglihatan.

Penyebab bintitan

Penyebab mata bintitan umumnya adalah minyak dan kotoran yang menyumbat lubang tempat akar bulu mata. Saat lubang tersumbat, bakteri tumbuh di dalamnya dan menyebabkan infeksi. Bakteri yang paling sering menyebabkan bintitan adalah Staphylococcus aureus. Anda tidak harus menjauhi penderita mata bintitan. Pasalnya, mata bintitan tidak menular langsung dari kontak mata dengan penderita. Meskipun begitu, Anda dapat berisiko ketularan mata bintitan jika Anda bersalaman dengan penderitanya yang baru saja menyentuh atau mengucek mata yang terinfeksi. Terlebih, ketika Anda juga refleks menyentuh mata setelahnya.

Pengobatan Bintitan

Untuk mengatasi bintitan, Anda dapat mengompres mata dengan kompres hangat, empat kali sehari selama sepuluh menit. Kompres ini akan membantu nanah untuk lebih mudah keluar. Hindari memegang atau mengucek mata. Selalu cucilah tangan Anda sebelum menyentuh kulit di sekitar mata. Hati-hati dengan penggunaan kosmetik, terutama di sekitar mata. Hindari berbagi kosmetik mata dengan orang lain. Selalu bersihkan kosmetik di area mata Anda sebelum tidur. Jika Anda menggunakan lensa kontak, pastikan Anda membersihkannya dengan baik. Jangan mengenakan lensa kontak saat tidur dan selalu mencuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak.

Faktor risiko

Berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang dapat memicu penyebab bintitan:

  • Tidur menggunakan make up semalaman
  • Tidak mencuci tangan saat memakai lensa kontak
  • Menggunakan make up lama atau yang telah kedaluwarsa
  • Memiliki riwayat penyakit blepharitis dan rosacea
  • Menyentuh mata dengan tangan kotor
  • Memeriksakan diri ke dokter jika mengalami infeksi atau peradangan di sekitar kelopak mata.
  • Mengenakan lensa kontak tanpa membersihkannya secara menyeluruh

Diagnosis Bintitan

Diagnosis bintitan dapat di tegakkan oleh dokter hanya dengan melakukan pemeriksaan fisik terhadap mata pasien. Tidak di perlukan pemeriksaan penunjang untuk hal ini.

Cara mencegah bintitan

Beberapa cara untuk mencegah bintitan antara lain bisa di lakukan dengan:

  • Memastikan kebersihan lensa kontak. Jika anda memakai lensa kontak, cuci tangan dengan bersih sebelum memegang lensa kontak dan ikuti saran dokter untuk menjaga lensa kontak tetap bersih.
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air hangat atau pembersih tangan berbahan alkohol beberapa kali setiap hari. Usahakan untuk tidak menyentuh mata.
  • Memeriksakan diri ke dokter jika mengalami infeksi atau peradangan di sekitar kelopak mata.
  • Membuang kosmetik yang sudah lama. Jangan berbagi kosmetik dengan orang lain dan jangan memakai riasan mata semalaman.

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan surabaya

error: Content is protected !!
Customer Service