Jenis Alat Kesehatan yang Harus Ada di Rumah

alat kesehatan yang harus ada di rumah

Apakah anda tahu bahwa harus ada jenis alat kesehatan ketika di rumah? Berikut beberapa jenis alat kesehatan yang harus di sediakan.

Mengenal jenis alat kesehatan

Alat kesehatan perlu di sediakan di rumah apabila memiliki kondisi kesehatan yang tidak baik seperti memiliki Riwayat diabetes dan hipertensi. Ketika memiliki Riwayat penyakit tersebut penting untuk melakukan pengecekan rutin ke dokter untuk memantau kondisi serta mengevaluasi obat-obatan untuk di konsumsi.

Namun apabila tidak dapat melakukan rutin cek kesehatan ke dokter, lebih baik untuk mempersiapkan alat untuk mengecek kesehatan selama di rumah seperti alat untuk cek diabetes dan hipertensi agar dapat melakukan pemeriksaan rutin secara mandiri di rumah. Hal ini dilakukan untuk mengontrol kondisi dan berjaga-jaga ketika mengalami keadaan darurat medis ketika dirumah.

Untuk jenis alat kesehatan apa saja yang harus disediakan di rumah, berikut ini list penjabarannya yang akan disampaikan oleh agmmedica.

1. Alat thermometer

Salah satu alat kesehatan yang harus ada di rumah adalah thermometer. Alat ini sangat penting karena fungsinya untuk mengukur suhu tubuh ketika mengalami demam. Mengalami demam biasanya tidak dapat di perkirakan. Saat mengalami demam biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor. Ketika mengalami demam di anjurkan untuk selalu memantau suhu tubuh secara teratur menggunakan thermometer.

Saat suhu tubuh sudah menunjukkan angka yang tinggi pada thermometer lebih baik untuk mencari pertolongan medis untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan. Jenis thermometer yang dapat di gunakan adalah thermometer raksa dan digital.

2. Timbangan badan

Salah satu alat kesehatan yang harus ada di rumah adalah timbangan berat badan. Timbangan berfungsi untuk mengukur berat badan seseorang. Alat ini berguna sebagai pengontrol berat badan agar terhindar dari obesitas yang dapat memicu terjadinya berbagai gangguan kesehatan. Untuk mengukur obesitas, anda perlu menyesuaikan dengan tinggi dan usia anda.

Mengalami kenaikan badan yang tidak terbendung dapat menyebabkan penyakit seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Oleh sebab itu, perlu untuk menyediakan timbangan badan di rumah untuk membantu mendeteksi kesehatan secara berkala.

3. Tensimeter

Alat kesehatan yang wajib disediakan di rumah selanjutnya adalah tensimeter. Tensimeter berguna untuk mengecek tekanan darah sehingga dapat membantu untuk memantau tekanan darah dengan baik dan mengantisipasi dini jika mengalami kenaikan darah secara tidak normal. Alat ini sangat berguna untuk penderita hipertensi. Karena apabila hipertensi menyerang akan dapat menimbulkan penyakit lain seperti penyakit jantung.

Selain jantung, penderita hipertensi juga menimbulkan resiko penyakit kardiovaskuler dan stroke. Selain hipertensi, alat tensimeter juga berguna untuk mengecek atau memantau tekanan darah rendah.

4. Glucometer

Alat wajib yang harus di sediakan di rumah adalah glucometer. Glucometer berguna untuk membantu memantau kadar gula darah sehingga alat ini cocok di sediakan bagi penderita diabetes dan obesitas.

Alat glucometer memiliki strip sekali pakai yang di tempatkan pada alat dan terdapat layar yang menunjukkan glikemia atau pengukur glukosa. Selain itu, glucometer juga di lengkapi dengan pulpen yang berisi jarum untuk di tusukkan ke jari lalu darah akan keluar di tempatkan pada strip tes untuk di lakukan pengecekan kadar gula darah.

5. Oximeter

Alat kesehatan yang wajib di sedikan di rumah adalah oximeter. Kegunaan alat ini adalah untuk mengukur kadar oksigen dalam darah serta detak jantung. Alat ini sangat membantu bagi penderita penyakit asma, paru-paru, dan jantung.

Cara penggunaan oximeter ini sangatlah mudah, anda hanya perlu memasukkan jari ke dalam tempat yang telah tersedia. Alat tersebut akan memunculkan angka di layarnya yang menunjukkan berapa kadar oksigen dalam tubuh.

6. Spirometry

Alat kesehatan yang cocok di sediakan di rumah selanjutnya adalah spirometer. Kegunaan alat ini adalah membantu melihat aliran udara yang keluar dan masuk dari paru-paru dalam bentuk grafik. Anda dapat memastikan apakah fungsi paru-paru bekerja dengan baik atau tidak dengan menggunakan spirometry.

7. Nebulizer atau inhaler

Jenis alat yang harus di sediakan di rumah selanjutnya adalah nebulizer atau inhaler. Alat ini berguna untuk pengidap asma. Untuk menggunakan alat inhaler atau nebulizer anda dapat menghisap alat tersebut karena alat tersebut berisi obat yang dapat mengantarkan langsung ke paru-paru. Sehingga apabila anda memiliki penyakit asma sedang kambuh, anda dapat meredakan gejalanya menggunakan nebulizer atau inhaler.

Inhaler atau nebulizer sangat di sarankan di miliki dan di sediakan di rumah bagi penderita gangguan pernafasan seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Untuk memiliki alat nebulizer lebih baik anda melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter karena alat ini berisi obat yang harus sesuai dengan kadar obat.

8. Tabung oksigen

Bagi penderita asma, stroke, paru-paru kronis, dan gagal ginjal tabung oksigen adalah alat kesehatan yang harus di sediakan di rumah. Hal ini di lakukan karena penyakit-penyakit tersebut memiliki kerentanan seseorang mengalami kekurangan oksigen.

Seorang yang mengalami kekurangan oskigen akan di tandai dengan sesak nafas, bengek, nafas terengah-engah dan warna kulit berubah menjadi ungu. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal yang tidak-tidak bagi penderita penyakit kronis yang telah di sebutkan tabung oksigen perlu di persiapkan di rumah.

9. Kotak P3k yang berisi obat-obatan

Penting untuk menyediakan kotak p3k yang berisi obat-obatan lengkap untuk pertolongan pertama ketika mengalami kecelakaan. Kotak ini berisi obat-obatan seperti Pereda nyeri, obat alergi, anti diare, krim kulit, plester, dan alat lainnya yang menunjang perawatan pertama ketika mengalami kecelakaan.

Demikian informasi mengenai jenis alat kesehatan yang harus di sediakan di rumah. Semoga informasi yang di berikan membantu anda dalam mengenal alat kesehatan sederhana yang perlu di sediakan sebagai pertolongan pertama ketika di rumah.

Distributor alat kesehatan

error: Content is protected !!
Customer Service