7 Cara Menghilangkan Kantong Mata yang Ampuh

cara menghilangkan kantong mata

Ada banyak cara menghilangkan kantong mata dan bengkak. Anda bisa mencobanya, terutama bagi orang yang sering lelah atau kurang tidur. Meski tidak berbahaya, kantung di bawah mata dan lingkaran hitam di sekitar mata bisa terlihat tidak sedap dipandang. Lingkaran hitam di sekitar mata dan lingkaran hitam di bawah mata, juga di kenal sebagai mata panda, dapat muncul seiring bertambahnya usia. Ini karena penuaan mengurangi kolagen pada kulit di sekitar mata Anda, yang dapat menyebabkan kelopak mata Anda kendur.

Beberapa orang pasti merasa tidak nyaman melihat kantong di bawah mata dengan lingkaran hitam di bawahnya. Apalagi jika mata Anda sedikit bengkak karena tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab adanya kantong mata yang selama ini Anda alami. Beberapa menyebabkan kendur dan lingkaran hitam di bawah mata. Selain penuaan, kantung di bawah mata dan lingkaran hitam di sekitar mata juga bisa di sebabkan oleh: Kelelahan dan kurang tidur,  meningkatnya jumlah melamin, peradangan atau hiperpigmentasi, penumpukan cairan di sekitar mata dan stress.

7 Cara Menghilangkan Kantong Mata

Pada dasarnya, kantung di bawah mata dan lingkaran hitam di sekitar mata bisa di hilangkan dengan langkah-langkah sederhana ini.

Gunakan Pendingin atau Kompres Dingin

Bantalan mata di kenal efektif untuk mengurangi mata bengkak dan menutupi lingkaran hitam di bawah mata. Anda bisa merendam kain bersih dalam air dingin atau membungkusnya dengan es dan menutupi mata Anda. Tutupi mata Anda selama 10 hingga 15 menit. Selain air dingin atau es, Anda bisa membuat kompres mata dengan kantong teh basah, irisan mentimun, atau masker mata berbentuk gel khusus.

Perbaiki Kebiasaan Tidur

Kurang tidur atau kelelahan dapat menyebabkan mata panda dan penglihatan kabur. Oleh karena itu, usahakan selalu tidur yang cukup selama 7-9 jam setiap malam. Posisi tidur tertentu juga bisa mengatasi ketegangan mata yang Anda alami. Cobalah tidur dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi. Anda dapat menggunakan bantal tambahan untuk menopang kepala Anda. Cara ini di ketahui dapat mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat tidur. kami.

Hindari Minuman Beralkohol Dan Berkafein

Minuman beralkohol dan berkafein di ketahui membuat tubuh dehidrasi, mengganggu tidur, dan membuat mata dan lingkaran hitam lebih terlihat. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi asupan alkohol dan minuman berkafein agar mata sayu cepat hilang.

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cairan yang cukup dapat mencegah ketegangan mata. Anda juga bisa mengurangi asupan makanan tinggi garam untuk menghindari retensi air.

Lacak Asupan Kalium Tubuh Anda

Meningkatkan asupan potasium Anda juga dapat mengurangi risiko bintik mata. Banyak makanan yang mengandung potasium, termasuk pisang, kacang-kacangan, yogurt, dan sayuran hijau.

Gunakan Krim Khusus Mata

Krim mata yang mengandung chamomile, mentimun atau arnica dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan menenangkan kulit. Anda bisa menghilangkan kantung mata dengan krim mata yang mengandung vitamin C, vitamin K, dan vitamin E.

Gunakan Tabir Surya

Hindari paparan sinar matahari dan gunakan tabir surya dengan SPF 30 setiap hari.Menggunakan warna satu tingkat lebih terang dari warna kulit Anda dapat membantu menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Sebaiknya gunakan masker dengan SPF 15 atau lebih tinggi. Jika kulit Anda berminyak atau rentan berjerawat, gunakan losion bebas minyak.

Perawatan lain tergantung pada penyebab kehilangan penglihatan Selain langkah-langkah sederhana di atas, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika kelopak mata yang Anda alami sangat menekan atau tidak kunjung sembuh. Untuk menyembunyikan atau menghilangkan kantong di bawah mata, dokter mungkin menyarankan perawatan berikut ini:

Obat Alergi

Jika kantung mata dan lingkaran hitam Anda disebabkan oleh alergi, Anda dapat menghindari penyebabnya dan mengonsumsi obat alergi. Dokter sering meresepkan antihistamin untuk mengurangi gejala alergi.

Krim Pemutih

Jika kendur dan lingkaran hitam pada mata disebabkan oleh hiperpigmentasi atau melanin (warna alami kulit) yang tinggi, menggunakan krim pemutih akan menjadi solusinya. Dalam kebanyakan kasus, dokter meresepkan retinoid atau krim yang mengandung antioksidan seperti retinol, hidrokuinon, asam kojic, teh hijau, vitamin C, atau cuka sari apel.

Dermal Filler

Mata cekung akibat penuaan dan kulit kendur dapat diobati dengan dermal filler. Namun, metode pengangkatan kebutaan hanya bisa dilakukan oleh dokter kulit atau ahli estetika.

Perawatan Laser

Untuk menghilangkan area mata dan lingkaran hitam di sekitarnya, dokter akan melakukan perawatan laser di sekitar mata Anda. Namun, perawatan ini sering diamati hanya setelah beberapa gerakan. Perawatan laser biasanya hanya disarankan bila metode lain gagal menghilangkan bintik mata.

Operasi mata untuk menghilangkan masalah mata

Jika, terlepas dari upaya terbaik Anda, masalah kantung mata Anda menyebabkan pembengkakan, Anda dapat mempertimbangkan operasi kelopak mata atau blepharoplasty. Selain kemampuan menghilangkan kelopak mata, blepharoplasty dapat memperbaiki kelopak mata yang bengkak dan mengurangi kelebihan kulit pada kelopak mata atas dan bawah yang dapat mempengaruhi penglihatan. Namun, mengingat fakta bahwa operasi kelopak mata memiliki banyak risiko seperti infeksi, mata kering, pendarahan mata, perubahan kelopak mata dan kebutaan, seseorang harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan prosedur ini.

Meski sering di anggap jelek dan tidak sedap dipandang, kantung di bawah mata dan lingkaran hitam di sekitarnya tidaklah serius. Namun, Anda harus menemui dokter jika kelopak mata tidak kunjung hilang, membesar atau bengkak, atau dengan masalah lain seperti iritasi mata dan pembengkakan mata yang parah.

Temukan distributor alat kesehatan terbaik hanya di AGM Medica!

error: Content is protected !!
Customer Service