CARA MENGHILANGKAN PLAK PADA GIGI

Cara menghilangkan plak gigi membandel gampang-gampang susah. Plak gigi atau karang gigi akan menjadi salah satu faktor penyebab gigi tampak tak enak di pandang. Tak hanya itu, penumpukan plak gigi dapat memicu mengundang beragam penyakit seperti radang gusi. Plak gigi juga dapat menyebabkan timbulnya bau mulut yang tak sedap. Tentu hal ini akan membuat diri kalian menjadi tak percaya diri. Terlebih saat kalian hendak berbicara dengan orang lain. Untuk itu, ada baiknya mengetahui cara menghilangkan plak gigi membandel dari sekarang. Agar plak gigi tersebut bisa segera di atasi sebelum kian mengganggu.

Penyebab karang gigi

Penyebab karang gigi adalah berkembangnya plak yang di hasilkan dari makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat seperti gula dan pati, susu, kismis, kue, permen, serta minuman ringan lainnya. Bakteri yang tertumpuk dari jenis makanan dan minuman tersebut akan hidup di mulut dan berkembang biak hingga menghasilkan asam. Jika bakteri ini tinggal lebih lama pada mulut dan gigi, asam yang di hasilkan dapat merusak enamel gigi yang mengakibatkan kerusakan gigi. Plak pun dapat berkembang pada akar gigi di bawah gusi yang menyebabkan kerusakan tulang penyangga gigi. Karang gigi yang di biarkan terus menerus dapat muncul semakin banyak dan mengiritasi gusi. Untungnya, ada sejumlah cara menghilangkan karang gigi serta membersihkannya agar tidak semakin parah.

Cara menghilangkan karang gigi dengan scaling

Plak yang masih tipis dapat di hilangkan dengan rutin menyikat gigi dan membersihkan gigi menggunakan benang (flossing). Namun, lain cerita jika plak sudah menebal dan mengeras. Plak tebal yang sudah mengeras butuh di hilangkan dengan perawatan khusus yang hanya bisa di lakukan oleh dokter gigi. Maka dari itu, untuk menghilangkannya tidak cukup hanya menggunakan sikat gigi. Dalam dunia medis, prosedur pembersihan karang gigi di namakan scaling. Cara membersihkan karang gigi satu ini di lakukan dengan alat yang di sebut ultrasonic scaler. Alat khusus yang bekerja merontokkan karang yang ada di sela-sela gigi dan di bagian garis gusi. Kedua bagian ini biasanya sulit kita jangkau dengan sikat gigi. Scaling gigi idealnya di lakukan setiap enam bulan sekali. Apabila melakukan scaling, karang gigi yang sangat keras sekali pun dapat di hilangkan.

Berbagai Cara Menghilangkan Plak

Plak gigi yang tidak segera kita bersihkan bisa mengakibatkan munculnya karang pada gigi. Tentu saja, selain membuat gigi menjadi kurang sehat, plak maupun karang gigi akan membuat rasa percaya diri pun berkurang karena gigi yang terlihat kurang bersih. Cara menghilangkan karang gigi maupun plak gigi dengan tepat yaitu :

  • Kamu bisa menggunakan tusuk gigi atau benang gigi setiap sebelum tidur malam untuk membersihkan gigi dari bakteri dan kuman.
  • Rajin menyikat gigi menjadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan plak pada gigi. Bersihkan gigi setidaknya dua kali dalam sehari pada pagi dan malam hari atau sesudah makan dan sebelum tidur. Membersihkan gigi membantu mencegah terbentuknya plak dan karang gigi serta membersihkan plak yang sudah terbentuk.
  • Hindari konsumsi makanan dan minuman manis, seperti kue, cokelat, atau permen secara berlebihan. Penuhi asupan gizi seimbang dan batasi konsumsi camilan. Jika memang kamu ingin mengonsumsi camilan, pilihlah yoghurt yang tidak memiliki tambahan pemanis atau perasa tambahan atau buah-buahan.
  • Gunakan produk pembersih mulut atau obat kumur yang bisa membantu menyegarkan napas dan sekaligus membersihkan plak. Namun, kamu juga perlu tahu bahwa ada jenis obat kumur yang justru bisa membuat rongga mulut menjadi kering dan memicu munculnya plak.
  • Pilih sikat gigi dengan bulu lembut. Juga, gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Bersihkan gigi setidaknya selama dua menit. Kandungan fluoride pada pasta gigi membantu melindungi gigi dengan mengikat enamel gigi dan membentuk permukaan yang lebih keras. Pastikan seluruh daerah mulut, seperti gusi, lidah, hingga bagian dalam pipi bersih. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali.

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan surabaya

error: Content is protected !!
Customer Service