PAHAMI GEJALA TUMOR OTAK

Pengertian

Tumor otak adalah penyakit yang di tandai dengan adanya pertumbuhan jaringan abnormal di otak. Umumnya, hal ini terjadi karena sel-sel yang tumbuh secara tidak normal dan tak terkendali, yang dapat mengganggu fungsi otak. Tumor otak dapat berasal dari pertumbuhan sel abnormal di otak itu sendiri atau di sebut primer. Namun, tumor otak juga dapat terjadi karena penyebaran dari kanker pada bagian lain dari tubuh atau di sebut sekunder (metastasis). Meski demikian, tumor di bagian sistem saraf pusat ini tidak selalu menyebabkan kanker. Beberapa jenis tumor otak bersifat jinak, yaitu berada di stadium 1 dan 2. Sementara tipe tumor otak lainnya bersifat ganas, yang berada di stadium 3 dan 4. Penyakit yang ganas inilah yang kemudian tergolong ke dalam kanker otak.

Penyebab

Tumor primer otak terjadi ketika sel-sel otak mengalami perubahan DNA dan berkembang secara tidak terkendali. Di saat sel-sel lain mati dan beregenerasi, sel ini tetap hidup sehingga menumpuk menjadi suatu massa. Pada dewasa, sebenarnya tumor primer sangat jarang terjadi. Kasus yang terjadi sebagian besar merupakan anak sebar kanker dari bagian lain di tubuh. Berbagai macam tumor otak yang bersifat primer, seperti:

  • Acoustic neuromas (schwannomas). Penyakit jenis ini berkembang dari sel yang fungsinya mengatur keseimbangan dan pusat pendengaran di otak.
  • Tumor jenis ini tumbuh dari sel yang terletak dekat dengan kelenjar pituitary. Oleh karena itu, pembesarannya dapat memengaruhi produksi hormon juga.
  • Tumor jenis ini paling banyak terjadi pada anak dan berasal dari sel yang terletak di bagian belakang otak atau medulla spinalis.
  • Tumor ini berasal dari sel otak sendiri maupun sumsum tulang belakang. Meliputi astrositoma, ependimoma, glioblastoma, oligoastrositoma dan oligodenderoglioma.
  • Germ cell tumors. Germ sel tumor berasal dari sel yang sama dengan sel yang tumbuh menjadi testis atau ovarium, ketika bayi di dalam rahim.
  • Pituitary adenomas yang berasal dari sel-sel kelenjar pituitary di dasar otak. Adanya tumor pada area ini dapat menyebabkan gangguan hormon yang di hasilkannya.
  • Meningioma merupakan jenis tumor otak yang asal selnya dari membran yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang (meningens).

Sedangkan tumor kanker sekunder terjadi akibat adanya anak sebar dari bagian lain di tubuh. Misalnya pada kasus kanker payudara, kolon, ginjal, paru dan melanoma di kulit.

Gejala

Gejala tumor otak bisa berbeda-beda pada tiap pengidapnya. Yang di keluhkan pengidapnya bisa di pengaruhi oleh berbagai hal. Mulai dari ukuran, lokasi tumor, dan kecepatan pertumbuhannya. Tumor otak mungkin tidak menimbulkan gejala apapun jika tumbuh secara perlahan-lahan. Berikut beberapa jenis tumor otak jinak menurut lokasi pertumbuhannya:

  • Penyakit yang terjadi pada pembuluh darah otak. Kondisi ini bisa menyebabkan lumpuh sebagian dan kejang-kejang.
  • Penyakit ini tumbuh atau berada di dekat dasar otak. Craniopharyngioma cenderung terjadi pada anak-anak atau remaja.
  • Medulloblastoma bersifat kanker, dan umumnya terjadi pada anak-anak. Tumor yang cenderung menyebar hingga cairan saraf tulang belakang ini umumnya di mulai dari bagian belakang bawah dari otak. Meski jarang terjadi pada orang dewasa, kondisi ini bisa saja muncul.
  • PNETs (primitive neuroectodermal tumors). Penyakit ini bersifat kanker, di mulai sel janin di otak. Tumor yang terbilang langka ini, bisa muncul di bagian otak mana saja.
  • Adenoma pituitary. Tumor ini terletak pada kelejar pituary. Kelenjar ini terletak di bawah otak. Kebanyakan dari tumorini adalah jenis tumor jinak dan bisa memengaruhi hormon pituitary dengan efek ke seluruh tubuh.
  • Tumor yang berada pada jaringan glia (jaringan yang mengikat sel saraf dan serat) dan saraf tulang belakang. Kebanyakan tumor otak yang terjadi adalah jenis glioma.
  • Tumor germ cell. Tumor ini umumnya berkembang di masa kanak-kanak. Terpatnya saata testikel atau ovarium mulai terbentuk. Namun tumor ini bisa berpindah ke tubuh bagian lain, seperti otak.
  • Kebanyakan jenis tumor ini tak bersifat kanker. Penyakit ini umumnya terjadi di selaput yang melindungi otak dan saraf tulang belakang.
  • Neuroma akustik merupakan tumor yang tumbuh pada saraf akustik. Saraf ini berperan dalam mengendalikan pendengar dan keseimbangan.

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan surabaya

error: Content is protected !!
Customer Service