TANGANI KANKER PANKREAS DENGAN TANGGAP

Pengertian

Kanker pankreas adalah jenis penyakit kanker yang berawal pada pankreas. Pankreas adalah kelenjar yang terletak di belakang perut dan tepat di depan tulang belakang. Tugas dari kelenjar ini adalah membantu mencerna makanan, dan memproduksi berbagai macam hormon termasuk insulin untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Jenis kanker pankreas yang paling umum adalah kanker eksokrin. Jenis ini terbagi lagi menjadi adenokarsinoma pankreas yang biasanya di mulai dari saluran pankreas. Pada sedikit kasus, terjadi pada sel pembuat enzim pankreas (karsinoma sel asinar). Kemudian, ada juga kanker ampullary yakni bermula di ampula vater (area saluran empedu dan saluran pankreas bergabung dan bermuara ke usus kecil). Jenis kanker ini dapat menyebabkan penyumbatan di saluran empedu. Penyakit kanker pankreas adalah penyakit tidak menular. Oleh karena itu, aktivitas bersama dengan penderita kanker ini, seperti makan bersama atau melakukan kontak fisik tidak akan menyebabkan penyakit berpindah pada orang yang sehat.

Penyebab

Penyebab penyakit ini belum di ketahui secara pasti, meskipun beberapa penelitian menemukan bahwa sejumlah faktor genetik dan lingkungan ikut terlibat di dalamnya. Kebiasaan merokok merupakan faktor signifikan bagi perkembangan kanker pankreas. Rokok dan tembakau di hubungkan sebagai risiko besar bagi kondisi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para perokok berisiko terkena kanker pankreas dua kali lebih tinggi di bandingkan mereka yang tidak merokok. Pasien dengan intoleransi glukosa, diabetes melitus dan radang pankreas (pankreatitis) menahun juga memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker pankreas. Faktor lain yang di kaitkan dengan kondisi ini adalah kegemukan. Pasien dengan riwayat keluarga dengan kanker pankreas, terutama pada kerabat tingkat pertama, memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terjangkit penyakit ini. Beberapa sindrom turunan, seperti sindrom Lynch dan neoplasia endokrin ganda atau Multiple Endocrine Neoplasia (MEN), juga sering di hubungkan dengan kanker pankreas.

Tanda dan gejala

Penyakit ini sering kali tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Munculnya berbagai gejala menandakan kanker sudah menyebar ke luar pankreas. Gejala kanker pankreas yang umum adalah:

  • Perubahan pola buang air besar.
  • Kadar gula darah naik, karena kanker menghambat kemampuan pankreas memproduksi insulin.
  • Nyeri pada bagian atas perut yang menjalar ke punggung.
  • Gatal-gatal.
  • Merasa kembung atau perut penuh.
  • Urine berwarna kuning pekat, feses berwarna pucat.
  • Mudah lelah.
  • Kulit dan mata menguning (jaundice).
  • Mual
  • Nafsu makan menurun atau penurunan berat badan.
  • Depresi

Selain gejala tersebut, kanker pankreas jenis neuroendocrine bisa memunculkan gejala tambahan yang mungkin berbeda pada tiap orang. Umumnya, gejala tersebut berasal dari produksi hormon yang menjadi tidak terkendali.

Mencegah

Beberapa faktor risiko penyakit ini tidak dapat di hindari. Faktor-faktor risiko yang tidak dapat di hindari ini adalah usia lanjut dan faktor keturunan. Namun, bukan berarti penyakit ini tidak dapat di hindari sama sekali. Untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini, ada beberapa hal yang bisa di lakukan, yaitu:

  • Tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Menjalani pola makan sehat, yaitu dengan memperbanyak asupan serat dari sayur dan buah-buahan, seperti sawi, brokoli, jambu, melon, pepaya, dan tomat.
  • Menghindari paparan zat beracun, seperti pestisida dan zat pewarna sintetik tertentu.
  • Menjaga berat badan ideal. Hal ini bisa di tempuh melalui diet sehat dan rutin olahraga.

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan surabaya

error: Content is protected !!
Customer Service