PENGERTIAN KESEMUTAN, JANGAN ANGGAP REMEH

Pengertian

Parestesia atau kesemutan merupakan sensasi kebas atau panas pada suatu bagian tubuh tanpa adanya penyebab yang jelas. Kondisi ini umumnya terjadi pada lengan, telapak tangan atau kaki, namun juga dapat terjadi pada bagian tubuh lainnya. Parestesia merupakan kondisi yang umum terjadi, kondisi ini biasanya sering digambarkan seperti sensasi ditusuk jarum atau kesemutan.Kondisi ini disebabkan tekanan pada saraf yang umumnya dilakukan secara tidak sengaja. Parestesia umumnya bersifat sementara dan dapat hilang dengan sendirinya ketika berganti posisi. Jika parestesia berlangsung secara terus-menerus, kondisi ini dapat mengindikasikan adanya kelainan yang memerlukan penanganan medis. Sebagai informasi, tubuh manusia memiliki miliaran sel saraf yang berfungsi sebagai jalur komunikasi dari otak dan sumsum tulang belakang ke seluruh tubuh. Saat tangan atau kaki menerima tekanan dalam waktu lama, saraf-saraf yang menjalar di dalamnya akan tertekan atau terjepit.

Penyebab Parestesia

Parestesia sementara biasanya di sebabkan oleh penekanan pada saraf atau kurangnya peredaran darah secara sementara. Penyebab parestesia kronis dapat di sebabkan oleh:

  • Kejang

Kejang di sebabkan oleh aktivitas listrik yang tidak normal di otak. Salah satu jenis kejang, yaitu kejang parsial atau fokal, di kaitkan dengan sensasi abnormal seperti mati rasa atau kebas pada tubuh, termasuk mulut, bibir, lidah, serta gusi. Selain karena kejang, mati rasa di bagian mulut dan lidah juga bisa terjadi karena hal lainnya, seperti tidak sengaja tergigit atau reaksi dari alergi.

  • Alkohol dan neuropati perifer

Minum alkohol berlebihan bisa merusak jaringan saraf di dalam tubuh. Lambat laun, hal tersebut bisa berujung pada penyakit neuropati perifer yang menyebabkan kebas secara permanen di salah satu anggota tubuh, seperti tangan, kaki, dan jari tangan. Pada kondisi ini, baal yang timbul sering terjadi secara konstan dan biasanya di sertai dengan gejala lain, seperti rasa sakit.

Stroke terjadi ketika aliran darah ke otak terganggu karena adanya gumpalan darah atau pembuluh darah yang pecah. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai gejala, seperti kesemutan di lengan atau kaki yang seringkali di satu sisi tubuh dan kepala, termasuk wajah atau muka.

  • Multiple sclerosis

Kesemutan di muka, badan, atau lengan dan tungkai kaki juga bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit multiple sclerosis. Pada kondisi ini, mati rasa yang timbul bisa ringan atau parah hingga mengganggu aktivitas Anda, seperti tidak dapat berjalan atau menulis. Bahkan, pada kondisi yang parah, mati rasa bisa di sertai nyeri dan tidak dapat merasakan sensasi apapun, termasuk sentuhan atau suhu (panas dan dingin).

Faktor Risiko Parestesia

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena parestesia (kesemutan) adalah:

  • Memiliki penyakit saraf, seperti multiple sklerosis.
  • Memiliki penyakit autoimun.
  • Melakukan gerakan yang menekan urat saraf secara berulang, misalnya mengetik, memainkan alat musik, atau bermain tenis.
  • Punya kebiasaan minum alkohol dan pola makan yang tidak seimbang, sehingga menyebabkan kekurangan vitamin. Terutama vitamin B-12 dan asam folat.
  • Mengidap diabetes tipe 1 atau tipe 2.

Gejala Parestesia (Kesemutan)

Kesemutan atau parestesia dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi sering kali di rasakan di tangan, kaki, serta kepala. Ketika mengalami parestesia, area yang terdampak akan merasakan:

  • Seperti tertusuk jarum
  • Lemah
  • Seperti terbakar atau dingin
  • Mati rasa

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan surabaya

error: Content is protected !!
Customer Service