Mengenal Fungsi Lampu phototerapy / fototerapy untuk bayi kuning

Jual Lampu phototerapy

Semua orang tua pasti mengharapkan kelahiran buah hati yang sehat dan sempurna, namun ada juga yang mengalami kondisi dimana bayi nya mengalami kelainan tertentu saat lahir. Salah satu nya kondisi dimana bayi mengalami penyakit kuning. Apa itu bayi kuning / Penyakit ini yaitu kondisi yang baru beberapa hari dilahirkan namun kulit, mata dan mulut nya berwarna kuning dan bahkan hingga gusi, lidah, dan kuku. Sebenarnya penyakit ini dapat hilang dengan sendiri nya atau dengan dilakukan pengobatan ringan selama satu sampai dua minggu.

Penyakit kuning ini disebabkan karena kandungan sel darah merah bayi mengandung banyak bilirubin (pigmen warna kuning).  Bilirubin ini sebenarnya adalah produk sampingan yg dibuat ketika tubuh memecah sel darah merah yang sudah tua, yang kemudian oleh hati akan dibuang zat  dan dikeluarkan melalui feces.

Ada penyebab lain yang membuat bilirubin bayi meningkat seperti infeksi, kurang enzim, ada masalah pada system pencernaan dan hati, namun dapat juga terjadi karena ada masalah pada jenis darah ibu dan bayinya. Namun beda jenis darah antara ibu dan bayi dapat diatasi dengan memberikan suntikan Rh immunoglobulin pada ibu.

Penanganan terhadap bayi penyakit kuning

Bayi yang mempunyai kadar bilirubin tinggi dalam darah, biasanya juga akan menunjukkan tiba-tiba seperti kurang bisa mengisap payudara ibu dengan baik, bayi menjadi rewel atau gelisah, dan bisa sampai menangis dengan nada tinggi. Namun terkadang bayi menjadi sangat rewel dan sulit untuk minum ASI ibu dan menjadi lama penyembuhan nya. Tapi tidak perlu kawatir bagi ibu karena dapat dilakukan tindakan penyinaran dengan menggunakan lampu phototerapy.

Lampu phototerapy untuk penyakit Bayi kuning

Proses penyinaran bayi kuning di bawah lampu pototerapy yaitu dimana bayi disinari dengan cahaya lampu ultraviolet dalam beberapa hari dengan tujuan agar dapat mengubah bilirubin di jaringan sehingga pecah menjadi air dan dibuang melalui urine / Apa itu bayi kuning. Cara ini adalah salah satu yang aman digunakan dokter dalam mengobati penyakit kuning dan apabila bayi sudah dirasa cukup kuat dapat langsung di bawa pulang dan perawatan nya hanya cukup berjemur dibawah sinar matahari pagi sekitar pukul 7 sampai 9 pagi.

Bagaimana cara melakukan prosedur phototerapy pada bayi

Perawatan bayi kuning menggunakan penyinaran lampu phototerapy tidak lah merusak kulit bayi dan sangat aman untuk digunakan. Ada dua cara yang digunakan dalam proses penyinaran yaitu :

  • Phototerapy konvensional

Perawatan ini dilakukan dengan meletakan bayi di bawah lampu halogen/ neon / led ultraviolet langsung sehingga sinar dapat terserap tubuh melalui kulit namun mata bayi harus ditutup dengan kacamata khusus agar tidak terkena paparan sinar ultraviolet

  • Phototerapy serat optic

Perawatan ini dilakukan dengan cara meletakan kabel serat optil pada selimut bayi yang digunakan untuk berbaring. Sehingga paparan sinar disalurkan melalui kabel itu  ke bagian punggung bayi. Biasanya cara ini dilakukan medis untuk bayi premature.

Semua perawatan dengan paparan sinar lampu pototerapy tersebut diatas memiliki tujuan yang sama dimana agar bayi mendapat sinar sebanyak mungkin.

Namun ada yang perlu diperhatikan sebelum melakukan prosedur pototerapy ini, yaitu :

  • Bayi harus dalam keadaan telanjang agar tubuh terkena paparan sinar dengan maksimal
  • Mata bayi harus ditutup dengan kacamata pelindung khusus guna melindungi retina
  • Bilirubin kadarnya harus diperiksa minimal sekali tiap hari, paling tidak setiap 4-6 jam setelah di pototerapy. Setelah kadar bilirubin nya mulai turun maka bayi akan diperiksa setiap 6-12 jam sekali.
  • Bayi harus tetap diberikan ASI atau susu selama di di terapi
  • Suhu bayi harus dipantau untuk memastikan tidak terlalu panas dan tidka mengalami dehidrasi selama terapi. Namun jika mengalami dehidrasi pada bayi tersebut maka akan dilakukan tindakan pemberian cairan infus.

Efek samping terapi lampu ultraviolet

Perawatan dengan menggunakan lampu pototerapy memang dirasa cukup aman dilakukan, namun pada keadaan tertentu dapat memungkinan timbul efek samping. Efek samping nya seperti bayi mengalami dehidrasi, diare, dan timbul ruam pada kulit namun dapat hilang perlahan saat perawatan selesai.

Mencari lampu pototerapy yang sesuai

Terapi ultraviolet dengan menggunakan lampu Phototerapy tidak harus dilakukan di rumah sakit namun bisa juga dilakukan mandiri dirumah, namun harus dipahami betul tata cara, prosedur yang baik dan benar sesuai anjuran dokter. Anda tidak perlu kawatir dalam memilih lampu phototerapy yang berkualitas karena di AGM MEDICA menjual lampu phototerapy dengan merk berkualitas dan terjamin mutunya.

error: Content is protected !!