MODE DALAM UNIT VENTILATOR

MODE DALAM UNIT VENTILATOR

Beberapa kasus pasien yang memiliki masalah pada system pernafasan menjadikan fungsi ventilator sangat penting dan team medis harus tahu jenis dari ventilator mari kita bahas beberapa hal disini dan Fungsi Ventilator

Mode ventilator dan siklus unit ventilator

Saat menggunakan ventilator perlu diketahui mode yang digunakan agar tidak terjadi kesalahan dalam cara pengoperasian nya :

  1. Control

Pada mode ini pengaturan keseluruhan di atur pada mesin dan biasanya di aplikasikan pada pasien yang tidak dapat melakukan aktivitas bernafas sama sekali sehingga pasien tersebut tetap mendapatkan aliran oksigen di dalam paru – paru nya.

  1. IMV

Intermitten Ventilation Mandatory atau IMV ini mode dimana ventilator bekerja secara berkala dimana disesuaikan dengan kemampuan pasien dalam melakukan aktivitas bernafas. Jadi asupan oksigen yang masuk optimal dan sesuai kebutuhan.

  1. ASB/PS

Pada mode ini pengaturan nya adalah dimana pasien sudah dapat bernafas dengan biasa atau secara spontan maka dapat digunakan mode ASB (Assisted Spontaneous Breathing) . Mode ini memungkinkan pasien melakukan kendali dalam melakukan pernafasan jadi ventilator hanya sebagai bantuan setelahnya saja. I Jual Ventilator

  1. CPAP (Continous positive air pressure)

Jika pada mode CPAP , maka alat akan dipasang pada pasien yang memang sudah bisa bernafas dengan kuat , dan fungsi ventilator hanya sebagai penambah tekanan udara ketika pasien tersebut tidak menarik nafasnya. Serta tekanan nya sudah bisa diatur oleh pasien itu sendiri , dan alat ini hanya membantu menyesuaikan irama dalam bernafas nya saja. Tujuan dipasang ventilator ini untuk menjaga melatih otot pernafasan pasien sehingga ketika alat dilepas pasien dapat bernafas dengan normal kembali.

Kemudian perlu diketahui juga tentang siklus pada unit ventilator yaitu :

  1. Volume cycled ventilator

Siklus kerja ventilator ini prinsip dasar nya dimana mesin akan berhenti jika volume yang ditentukan telah tercapai. Keunggulan dari mesin ini adalah volume tidal yang tetap konsisten meski terdapat perubahan complain paru pada pasien I Fungsi Ventilator

  1. Pressure cycled ventilator

Pada siklus ini ventilator akan berhenti dan akan mengalami ekspirasi apabila sudah mencapai tekanan yang ditentukan dimana katup inspirasi nya menutup, dan untuk siklus ini tidak disarankan untuk pasien dengan keadaan paru – paru yang kondisi nya tidak stabil karena apabila terjadi complain paru maka akan berbeda juga volume udara yang akan diberikan.

  1. Time cycled ventilator

Pada siklus ini ventilator bekerja dengan prinsip waktu dimana rasio ekspirasi dan inspirasinya adalah 2 : 1.

Corona dan ventilator Fungsi Ventilator

Saat ini pandemic corona menjadi hal utama yang menyebabkan banyak pasien yang mengalami kondisi paru – paru yang lemah sehingga memungkinkan pasien untuk menggunakan ventilator dalam bernafas karena kondisi paru dapat seketika terjadi kejang dan menjadikan gagal nafas. Semoga kita tetap bisa menjaga kesehatan ya..

error: Content is protected !!