Kandungan Dan Manfaat Brokoli Yang Menyehatkan

Brokoli adalah sayuran yang termasuk dalam jenis kubis-kubisan. Bagian brokoli yang di makan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut di kelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara di rebus, sebaiknya brokoli tidak di rebus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit.

Kandungan dalam brokoli

Serat

Brocoli memiliki banyak serat. Serat merupakan bagian penting dari pola makan yang sehat. Kandungan ini dapat meningkatkan kesehatan usus, membantu mencegah berbagai penyakit, dan membantu penurunan berat badan. 91 gram brokoli mentah menyediakan 2,3 gram serat atau sekitar 5–10 persen dari Nilai Harian.

Lemak

Brokoli hampir tidak memiliki kandungan lemak. Brokoli hanya mengandung sejumlah kecil asam lemak omega-3, dalam bentuk asam alfa-linolenat

Karbohidrat

Karbohidrat dalam brocoli terutama terdiri dari serat dan gula. Gula yang dimaksud adalah fruktosa, glukosa, dan sukrosa, dengan sedikit laktosa dan maltosa. Meski mengandung cukup banyak jenis gula, kandungan total karbohidrat brocoli sangat rendah.

Vitamin dan mineral

Brokoli mengandung berbagai vitamin dan mineral, antara lain:

  • Vitamin K1 penting untuk pembekuan darah dan dapat meningkatkan kesehatan tulang. Brocoli kaya kandungan vitamin K1.
  • Kalium untuk mengontrol tekanan darah dan pencegahan penyakit jantung.
  • Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi untuk kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Satu porsi 1/2 cangkir (45 gram) brocoli mentah menyediakan hampir 70 persen nilai harian.
  • Zat besi memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh Anda, seperti pengangkutan oksigen dalam sel darah merah.
  • Folat (vitamin B9) sangat penting bagi wanita hamil untuk pertumbuhan jaringan normal dan fungsi sel.

Manfaat mengonsumsi brocoli

Berikut ini beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan lain di dalam brocoli hijau juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem imunitas tubuh yang kuat dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi.

  • Memiliki potensi untuk mencegah kanker

Di dalam brokoli terkandung sulforaphane. Zat inilah yang memberikan rasa pahit pada brokoli. Kandungan zat ini diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, seperti kanker usus besar dan kanker paru-paru.

  • Meningkatkan kepadatan tulang

Brocoli memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan sendi, serta mencegah penyakit osteoporosis yang membuat tulang keropos.

  • Membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit

Brokoli mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C. Vitamin ini di ketahui dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan natuna

error: Content is protected !!
Customer Service