JANGAN ANGGAP SEPELE GEJALA DYSGEUSIA

Pengertian Dysgeusia

Dysgeusia adalah gangguan persepsi rasa, yang mana ketika kamu sedang merasakan makanan yang sebetulnya manis, tetapi makanan tersebut rasanya berubah menjadi asam, pahit, atau bahkan seperti logam. Munculnya rasa logam di mulut dapat terjadi secara tiba-tiba. Durasinya bisa sebentar mau pun dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat terjadi karena gangguan pada indra pengecap. Indra pengecap dikendalikan oleh saraf sensoris yang menghasilkan persepsi rasa dan penciuman. Kedua saraf tersebut bertanggung jawab untuk menghasilkan rasa yang muncul di mulut. Saat ada suatu zat yang masuk ke mulut, ujung saraf indra perasa dan penciuman akan mengirimkan sinyal ke otak. Di otak, rasa dari zat tersebut akan di identifikasi dan di terjemahkan menjadi rasa tertentu seperti rasa manis, pahit, asam, asin atau gabungan di antaranya. Gangguan fungsi neurologis indra pengecap tersebut dapat menyebabkan seseorang merasakan rasa yang tidak wajar termasuk rasa logam. Rasa logam di mulut biasanya tidak berbahaya.

Penyebab Mulut Terasa Pahit atau rasa logam ( dysgeusia )

Berikut ini adalah beberapa penyebab mulut terasa pahit ( dysgeusia ) :

Naiknya makanan dan asam lambung ke kerongkongan setelah makan dapat menyebabkan mulut terasa pahit atau asam. Ada beberapa faktor pemicu naiknya asam lambung, mulai dari merokok, konsumsi minuman beralkohol, makan dalam porsi besar, hingga obesitas.

  • Konsumsi obat-obatan

Mulut terasa pahit biasanya dirasakan oleh seseorang yang sedang mengonsumsi obat-obatan, terutama pada pasien berusia lanjut. Ada beberapa obat-obatan yang dapat menimbulkan rasa pahit di mulut, seperti antibiotik, obat untuk penyakit jantung dan pengontrol tekanan darah, obat antijamur, kortikosteroid dan obat kemoterapi

  • Mulut kering

Mulut kering atau xerostomia dapat menyebabkan mulut terasa pahit karena penurunan produksi air liur. Kondisi mulut kering ini dapat di pengaruhi oleh berbagai faktor, seperti konsumsi obat-obatan, penuaan, penyakit autoimun, merokok, dan sindrom Sjogren.

  • Kehamilan

Laporan menyebutkan bahwa banyak wanita hamil yang mengalami mulut terasa pahit atau muncul rasa logam. Kondisi ini di duga di sebabkan oleh fluktuasi hormon kehamilan. Dysgeusia saat hamil biasanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya atau setelah melahirkan.

Cara mengatasi dysgeusia

  • Mengonsumsi makanan tinggi protein.
  • Menghindari makanan yang terasa seperti logam atau pahit.
  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Rajin menyikat gigi.
  • Menggunakan peralatan perak non.logam.
  • Menggunakan obat kumur.
  • Mengunyah permen karet bebas gula.
  • Menyajikan makanan dingin untuk mengurangi rasa atau bau yang tidak sedap.
  • Berkumur dengan larutan garam dan baking soda
  • Menambahkan perisa asam, seperti lemon, jeruk nipis, atau cuka, pada makanan dan minuman bila kondisi di alami oleh ibu hamil

Jaga Kebersihan Gigi Secara Rutin

Cara lain yang bisa di coba untuk mengatasi mulut pahit adalah dengan memastikan gigi dan mulut selalu dalam keadaan bersih. Hal ini bisa di lakukan dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari menggunakan pasta gigi.

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan surabaya

error: Content is protected !!
Customer Service