CARA MEMILIH AUTOCLAVE SESUAI FUNGSINYA

Autoclave adalah alat yang digunakan untuk sterilisasi peralatan dan perlengkapan kedokteran seperti instrument bedah dan yang lainnya. Cara kerja autoclave adalah dengan menggunakan uap bertekanan tinggi pada suhu sekitar 121o celcius. Kisaran waktu yang dibutuhkan untuk sterilisasi adalah sekitar 15- 20 menit tergantung ukuran serta volume nya. Cara memilih autoclave Biasanya untuk autoclave dengan volume yang besar digunakan di pabrik dan perusaan produksi. Sedangkan yang ukuran nya kecil hingga sedang sering digunakan di dunia medis meliputi klinik, puskesmas dan rumah sakit.

Fungsi utama autoclave

Berbagai jamur, bakteri, virus dappat disterilkan dengan menggunakan autoclave ini.  Namun adapula beberapa virus yang tidak dapat hancur walaupun sudah di panaskan hingga suhu 135o celcius.

Autoclave sangat memudahkan tenaga medis dalam melakukan kegiatan medis dikarenakan penggunaan beberapa peralatan tidak perlu dibuang meskipun sudah dipakai sekali. Peralatan tersebut dapat digunakan kembali setelah dilakukan proses sterilisasi menggunakan autoclave. Peralatan yang berbahan plastic tidak dianjurkan disterilkan mengggunakan autoclave dikarenakan bisa meleleh karena tidak tahan uap panas. Sehingga bahan dan alat yang berbahan mudah meleleh dalam autoclave sebaik nya disterilkan dengan cara lain.

Prinsip kerja autoclave

Prinsip kerja autoclave dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Ketika sumber panas mulai dinyalakan, air di dalam autoclave tersebut akan mulai mendidih
  2. Uap air kemudian mulai mendesak udara yang mengisi di dalam ruang autoclave
  3. Jika udara telah terganti uap air, katup udara / katup uap akan ditutup sehingga tekanan di dalam nya semakin bertambah.
  4. Saat tekanan telah mencapai suhu yang dibutuhkan, proses sterilisasi dimulai dan timer akan mulai menghitung mundur kisaran waktu 15 menit biasanya.
  5. Setelah proses telah selesai dijalankan, sumber panas akan langsung dimatikan dan tekanan akan kembali turun secara perlahan hingga suhunya mencapai nol derajat celcius.

Cara memilih autoclave

Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam memilih autoclave yang sesuai dengan kebutuhan kita yaitu :

  1. Pilih autoclave sesuai volume yang dibutuhkan, hal ini biasanya tergantung dari luas ruangan di rumah sakit atau laboratorium nya. Serta banyaknya alat yang akan di sterilisasi tiap sekali digunakan, maka dari itu pengguna harus paham betul tentang ukuran autoclave nya.
  2. Mengetahui alat apa saja yang akan di sterilkan menggunakan autoclave. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena tidak semua peralatan medis dapat di sterilkan menggunakan autoclave. Sehingga apabila ada alat yang ukuran nya besar dan harus di sterilkan menggunakan autoclave maka akan lebih bijak untuk menggunakan ukuran autoclave yang besar.
  3. Harus memperhatikan kualitas air. Air yang digunakan untuk proses sterilisasi lebih baik tidak mengandung terlalu banyak mineral, hal ini dikarenakan dapat membuat autoclave tidak awet dan mudah berkarat.
  4. Perhatikan voltase listrik yang digunakan untuk sekali sterilisasi. Hal ini dapat kita ketahui dari spesifikasi autoclave yang akan di beli yang kemudian harus di sesuaikan dengan kapasitas listrik di ruangan.
  5. Perawatan autoclave merupakan hal yang sangat penting, karena apabila tidak di rawat dengan baik dalam penggunaan nya maka tidak akan awet alat nya dan akan cepat rusak.

Distributor autoclave

Banyak sekali beredar autoclave di pasaran di masa sekarang, hal ini menjadikan kita sulit untuk memilih mana merk yang bagus dan tidak. Namun, tidak perlu kawatir karena di AGM MEDICA dapat menjadi solusi terbaik untuk pembelian alat medis

error: Content is protected !!