MERUBAH KEBIASAAN UNTUK MENCEGAH OBESITAS

Kondisi kelebihan berat badan pada seseorang sebenarnya tidak selalu dikatakan obesitas ,karena anatara kelebihan berat badan dan obesitas sangat berbeda. Sesorang yang punya kelebihan berat terkadang memiliki masalah kesehatan terlebih lagi untuk Mengatasi penderita obesitas. Sehingga sangat diperlukan bagi kita untuk selalu menjaga berat badan kita demi kesehatan. Memiliki berat badan ideal dapat mengurangi resiko penyakit serius. Cara makan dan jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh juga harus diperhatikan. Mari simak ulasannya.

Mengatur kebiasaan makan untuk mencegah obesitas

Mengatasi penderita obesitas disebabkan oleh kombinasi genetic, kebiasaan makan yang buruk dan gaya hidup yang malas- malasan. Factor ini yang cenderung membuat kebiasaan makan yang tidak sehat. Banyak dari kita tidak menyadari bahwa kebiasaan makan kita kurang sehat dan selalu kita terapkan pada kehidupan sehari hari. Sementara ada juga orang yang sudah tau bahwa kebiasaan itu kurang sehat namun tetap dijalankan. Padahal kebiasaan yang buruk akan sangat berpengaruh terhadap berat badan kita. Sehingga ketika kebiasaan makan buruk ini tidak dihilangkan makan berat badan dapat tidak terkendali, dan obesitas pun dapat menyerang. Sangat ditakutkan apabila obesitas ini mengundang penyakit kronis lain nya, seperti jantung lemah, diabetes dan lainnya. Tentu tidak ada orang yang mau mengalami penyakit seperti ini bukan. Jadi mulai sekarang mari mulai atur pola makan dan jaga asupan nutrisi tubuh namun kalori nya tidak berlebihan.

 Cara untuk mencegah obesitas :

  1. Pilih makanan yang lebih sehat

Memilih makanan yang sangat sehat itu sangat perlu hal ini dikarenakan apabila kita terlalu banyak konsumsi makanan tak bernutrisi namun kalori nya tinggi akan memicu obesitas pada tubuh. Lagipula tidak ada salah nya makan makanan yang lebih sehat mulai sekarang karena tubuh pasti akan merasa lebih prima.

  1. Makan yang cukup tidak berlebih

Mengatur jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh akan membuat kondisi badan menjadi lebih ringan sehingga dapat melakukan banyak aktifitas. Metabolism lebih lancer dan kondisi badan menjadi sehat. Apabila terlalu berlebih asupan makanan nya maka sering menyebabkan badan menjadi cepat lelah, ngantuk, malas aktifitas dan berat badan pun naik.

  1. Boleh makan cemilan namun kalori dan nutrisi harus diperhatikan

Cemilan sangat identic dengan makanan ringan berbau snack kripik, mengandung penyedap dana sin. Gorengan pun termasuk dalam golongan cemilan karena porsi nya dianggap tidak terlalu mengenyangkan. Namun cemilan cemilan tersebut sangat tinggi kalori nya dan tidak sehat sehingga berat badan sangat gampang naik. Mulai ganti cemilan tersebut dengan buah buahan dan sayur dalam bentuk yang berbeda agar tidak bosan apabila dimakan secara langsung. Misal bila malas makan buah langsung dapat dibuat jus, kemudian sayur yang bisa dibuat menjadi salad sehingga tidak mengalami banyak proses memasak. Dengan begitu kondisi badan pun tetap sehat dan berat badan menjadi ideal.

  1. Hindari tidur setelah makan

Hal ini tidak dapat dipungkiri oleh siapapun, kondisi perut kenyang setelah makan akan menyebabkan kantuk, hal ini sangat wajar apabila makan terlalu berlebih atau melebihi kapasitas perut. Akan jaug lebih baik jika sebelum makan minum air putih sebanyak 1 gelas agar porsi makan terjaga dan tidak berlebih, hal ini bisa membuat tubuh tidak cepat kantuk setelah makan dikarenakan asupan cairan dan makanan yang masuk sangat seimbang. Dan apabila memang kondisi badan masih mengantuk mulai lah bergerak ringan seperti jalan santai. Apabila posisi dikantor dapat berkeliling sejenak sekitar kantor. Hal ini dapat dianggap sebagai olah raga ringan yang berefek positif bagi tubuh.

 

Bahaya obesitas menimbulkan depresi berat

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa obesitas memicu banyak penyakit sehingga dianggap sebagai hal yang berbahaya bila tidak dicegah dengan baik.

Ketika dipelajari lebih lanjut ternyata ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa orang obesitas berpeluang 25% lebih besar mengalami depresi dari pada yang tidak. Mengatasi penderita obesitas Namun masih belum diketahui apa sebenarnya pengaruh obesitas pada tingkat dpresi seseorang, dapat dimungkinakan bahwa penyebabnya adalah stigma negative masyakarat terhadap penderita obesitas.

Depresi juga rentan mengalami obesitas

Mengapa dikatakan bahwa orang yang mengalami dpresi bisa mengalami obesitas?? Hal ini dikarenakan kondisi pikiran yang tidak stabil dan berubah ubah emosi nya akan sangat berpengaruh terhadap pola makan, pola hidup nya serta aktifitas dengan masyarakat. Banyak diantara sesorang yang sudah memiliki badan ideal dan sehat menjadi sangat gemuk dan tidak sehat karena pola makan tidak diatur. Keadaan marah biasanya ingin selalu makan, apapun yang ada di depan mata langsung dihabiskan tanpa piker panjang. Padahal belum tentu makanan itu sehat dan bagus untuk tubuh kita. Sehingga ini yang menjadi hubungan antara obesitas dan depresi. Sangat berkaitan erat namun efek nya bisa sangat berbahaya bagi diri sendiri.

Sebaiknya apa yang harus dilakukan ya..?

  1. Olahraga rutin

Olah raga merupakan kegiatan yang sangat baik bagi tubuh, karena dapat menimbulkan efek semangat dan prima sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan hal hal negative yang membuat pikiran kacau. Olah raga berfungsi meningkatkan metabolism tubuh sehingga aliran darah lancer dan lemak tubuh akan sangat mudah hilang, berat badan terjaga dan tidak akan mengalami obesitas. Lakukan lah mulai dari skala kecil hingga besar, tergantung kekuatan tubuh kita.

  1. Meminta dukungan dan support dari orang terdekat

Support dari orang lain sangat dibutuhkan bagi kita untuk menjalani kehidupan sehari hari, karena akan banyak masukan positif yang menimbulkan efek bahagia. Orang bahagia pasti lepas dari dpresi dan dapat mengatur hidup nya dengan baik. Mengatur pola makanan dengan baik dan mengatur setiap kegiatan yang akan dilakukan. Secara otomatis kita akan terhindar dari obesitas pula.

  1. Konsultasikan ke dokter

Apabila seseorang sudah mengalami obesitas maka sangat diperlukan untuk konsultasi kepada dokter, karena yang dikawatirkan akan memicu penyakit kronis pada tubuh. Dan apabila dokter sudah tau kondisi pasien maka pasti akan disarankan untuk menjalani diet yang baik. Sehingga bobot tubuh akan turun dengan sendirinya dan kondisi semakin sehat dan terus membaik. Dan tidak akan berimbas pada depresi.

error: Content is protected !!