Cara Menggunakan Snellen Chart Dengan Benar

Pengertian Snellen Chart

Snellen chart adalah poster yang berfungsi untuk mendeteksi tajam penglihatan seseorang. Snellen chart ini pun terdapat dalam dua versi angka. Yang satu dalam angka metrik dan yang satu lagi dalam angka imperial. Snellen chart metrik dinyatakan dalam pembanding 6 meter (6/6, 6/9, 6/12, dan seterusnya sampai 6/60). Sedangkan Snellen chart imperial Angkanya dinyatakan dalam pembanding 20 kaki (20/20 sampai 20/200). Subjek yang tidak dapat membaca sampai dengan baris 6/6 (atau 20/20). Mungkin mengalami gangguan penglihatan karena penyakit organik pada mata, atau gangguan refraksi murni. Penyakit organik pada mata berarti ada kelainan struktural yang mengakibatkan penglihatan menurun. Misalnya ada kerusakan pada kornea atau kekeruhan pada lensa (pada katarak). Namun pada gangguan refraksi murni, tidak ada kelainan struktural yang ditemukan pada mata. Untuk membedakan keduanya digunakan pemeriksaan pinhole. Pinhole adalah sebuah layar hitam dengan lubang kecil di tengah yang dipasang di depan mata yang diperiksa.

Fungsi Snellen Chart

Fungsi dari snellen chart adalah untuk mengukur ketajaman visual, jadi tidak secara langsung mendeteksi kelainan. Namun jika mata mengalami low vision (ketajaman lemah), itu merupakan gejala kelainan. Demikian, dokter akan memeriksa kelainan apa yang diderita. Visus merupakan jarak antara mata yang diperiksa dengan snellen chart / jarak baca mata emetrop pada baris huruf-huruf terkecil yang masih dapat dibaca OD(Oculus Dextra/mata kanan) dan OS(Oculus Sinistra/mata kiri).

Cara Menggunakan Snallen Chart

  1. Pasien diberi jarak dari Snellen Chart sejauh 5 meter atau 6 meter atau 20 kaki (denominatornya akan berbeda untuk setiap jarak yang digunakan. Seringkali digunakan jarak 5 meter.)
  2. Tingkat mata pasien dengan Snellen Chart harus sejajar dan lurus.
  3. Pasien diminta untuk menutup satu mata dengan okluder, atau bila tidak ada, dengan telapak tangan, bukan dengan jari karena dapat menekan mata. Biasanya yang ditutupi mata kiri dahulu, atau mata yang bermasalah dahulu, agar pasien tidak menghafal huruf yang ada di chart.
  4. Pasien diminta untuk membaca huruf yang ditunjuk oleh dokter. Catat denominator pada baris terakhir yang masih bisa dibaca oleh pasien. Bila pasien bisa membaca semua huruf sampai denominator 20, berarti ketajaman matanya normal (5/5 atau 6/6 atau 20/20).
  5. Bila mata pasien masih kabur saat membaca Snellen Chart, gunakan pinhole untuk mengetahui apakah matanya kabur karena kelainan refraksi atau kelainan lain (contoh: katarak). Pasien yang memiliki kelainan refraksi akan lebih jelas membaca chart saat menggunakan pinhole.
  6. Pemeriksaan hitung jari dimulai dari jarak 5 meter terlebih dahulu. Dokter mengacungkan jari diposisikan lurus dari pandangan pasien, kemudian pasien diminta untuk memberitahu dokter berapa jumlah jari yang diacungkan. Dan bila pasien dapat menyebutkan jumlah jari dengan benar, skornya adalah 5/60.
  7. Bila pasien masih tidak bisa melihat, maju 1 meter lagi, dan begitu seterusnya hingga jarak antara dokter dan pasien hanya 1 meter. Skornya secara berurutan menjadi 4/60, 3/60, 2/60 dan 1/60.
  8. Pemeriksaan lambaian tangan dilakukan dari jarak 1 meter dan dilakukan dengan cara dokter melambaikan tangannya dari kea rah tertentu kemudian meminta pasien untuk memberitahu ke arah mana gerakan tangannya. Bila pasien bisa menyebut dengan benar, skornya menjadi 1/300.
  9. Dokter memakai senter yang dinyala-matikan secara acak kemudian meminta pasien untuk memberitahu apakah senternya menyala atau tidak.
  10. Bila pasien dapat membedakan nyala dan matinya senter, dilanjutkan dengan meminta pasien untuk menentukan sumber cahaya.

Jual Snellen Chart LED

Bisa anda dapatkan dengan harga terbaik di AGM medica Yogyakarta. Kami adalah Distributor alat kesehatan terlengkap dan termurah. Menjual berbagai macam produk alat – alat medis untuk kebutuhan rumah sakit dan klinik dengan kualitas terjamin. Harga Snelen Chart LED berkualitas bisa anda dapatkan di toko kami. Segera hubungi kontak kami untuk informasi produk lebih lengkap, harga terbaru dan untuk pemesanan. Kami siap melayani semua keperluan dan kebutuhan anda.

error: Content is protected !!