Apa itu Urine Analyzer ?

Urine adalah salah satu hasil dari sistem ekskresi pada manusia. Dihasilkan oleh ginjal melalui penyaringan darah. Urine harus dikeluarkan dari tubuh. Jika tidak, maka urine itu akan meracuni tubuh.Urine adalah zat-zat buangan atau zat dengan konsentrasi yang berlebih.

Zat yang terkandung dalam urine :

  • Air. Kandungan air dalam darah dikeluarkan dari tubuh jika konsentrasinya terlalu tinggi.
  • Empedu. Berasal dari hasil peroniombakan sel darah merah di hati dan memberi warna kekuningan pada urin.
  • Garam. Garam dikeluarkan untuk menjaga konsentrasi garam di darah supaya tidak berlebih.
  • Urea(9,3 g/L)Merupakan hasil dari perombakan protein.
  • Asam urat. Merupakan hasil dari perombakan protein.
  • Amonia. Merupakan hasil dari perombakan protein. Ama memberi bau pada urin.
  • Obat-obatan. Obat-obatan dibuang supaya tidak menjadi racun dalam tubuh. Itulah sebab mengapa sehabis minum obat urine kita menjadi berbau seperti obat.
  • Asam klorida(1,87 g/L)
  • Sodium(1,17 g/L)
  • Gula.

Pemeriksaan urine

Secara umum dapat dikatakan bahwa pemeriksaan urin selain untuk mengetahui kelainan ginjal dan salurannya, namun juga untuk mengetahui kelainan-kelainan diberbagai organ tubuh seperti hati, saluran empedu, pankreas, korteks adrenal, uterus dan lain lain. Selama ini dikenal pemeriksaan urin rutin dan lengkap.

  • Pemeriksaan urin rutin.

Pemeriksaan urin rutin adalah pemeriksaan makroskopik, mikroskopik dan kimia urin yang meliputi pemeriksaan protein dan glukosa.

  • Urin lengkap.

Pemeriksaan urin lengkap adalah pemeriksaan urin rutin yang dilengkapi dengan pemeriksaan keton, bilirubin, urobilinogen, darah samar dan nitrit.

Pemeriksaan urin ada dua cara, yaitu secara manual dan otomatis. Secara manual kita menggunakan kertas urin strip. Di dalam urin strip ada beberapa warna indikator, sehingga apabila kita mencelupkan kertas strip ke dalam urin maka urin strip akan berubah warna. Secara otomatis lebih mudah, karena menggunakan alat bernama urin analyser. Alat ini membaca hasil dari urin strip tersebut yang berkaitan dengan sel darah merah, pH, bilirubin, protein, glukosa, dan lainnya. Untuk pembacaan hasil urin memang menggunakan alat, namun pencelupan kertas indikator ke dalam urin masih manual dengan tangan.

Pengertian Urine Analyzer

Urine analyzer adalah alat semi-otomatis untuk pengecekan yang dilakukan diluar tubuh untuk mendapatkan hasil pengecekan urine dengan hasil yang lebih tepat.Urine Analyzer adalah alat fotometer reflektansi (reflectance photometer). Urine Analyzer membaca strip tes urin pada kondisi standar, menyimpan hasil ke memori dan menampilkan hasil melalui printer built-in dan / atau serial interface pada alat tersebut.

Fungsi urine analyzer :

Urine Analyzer digunakan untuk membaca dan mengevaluasi hasil dari Urin Strip test. Strip tes urin ini digunakan untuk strip multiparameter penentuan berat jenis, pH, leukosit, nitrit, protein, glukosa, keton, urobilinogen, bilirubin dan darah dalam urin.

Jual alat kesehatan

Bagi anda, kerabat maupun keluarga anda yang sedang mencari kebutuhan alat kesehatan anda dapat menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli | Distributor Alat Kesehatan

error: Content is protected !!