Fungsi Hemoglobin dan Kadar Normalnya Dalam Tubuh

Hemoglobin adalah protein yang berada dalam sel darah merah. Terjadinya perubahan kadar hemoglobin di dalam darah dapat menandakan terjadinya gangguan kesehatan, terutama yang menyangkut darah.

Fungsi hemoglobin yaitu membawa oksigen ke seluruh tubuh, tepatnya untuk organ dan jaringan tubuh. Kandungan oksigen yang terikat dengan hemoglobin pada sel darah yang membuat darah menjadi berwarna merah.

Kadar Normal Hemoglobin

Pada bayi baru lahir, tingkat hemoglobin normal sekitar 17-22 gram/dL. Kemudian turun pada saat bayi usia 1 bulan yaitu 11-15 gram/dL. Tingkat hemoglobin anak-anak secara umum yaitu sekitar 11-13 gram/dL.
Sementara itu, tingkat hemoglobin pada laki-laki dewasa sekitar 14-18 gram/dL dan pada wanita dewasa lebih rendah, yaitu sekitar 12-16 gram/dL. Seiring dengan pertambahan usia, umumnya tingkat hemoglobin akan semakin turun.

  • Kadar Hemoglobin Rendah
    Kadar hemoglobin rendah berarti ada sesuatu pada tubuh Anda. Misalnya kekurangan nutrisi, kehabisan darah karena operasi, menderita anemia atau kelainan darah, memiliki masalah dengan ginjal, maupun adanya paparan radiasi.
  • Kadar Hemoglobin Tinggi
    Kadar hemoglobin tinggi juga menunjukkan bahwa ada kelainan pada tubuh. Pada saat hemoglobin tinggi, berarti tubuh Anda kemungkinan mengidap gangguan sumsum tulang, penggunaan obat yang tidak tepat, kanker, penyakit paru, atau kebiasaan merokok. Ada juga faktor lingkungan yang menyebabkan kadar hemoglobin menjadi tinggi, seperti tinggal di daerah dataran tinggi.

Rutin pemeriksaan Kadar Hemoglobin

  • Mendiagnosa suatu penyakit
    Ada beberapa penyakit yang dapat didiagnosa dengan cara melakukan pemeriksaan hemoglobin. Misalnya ketika Anda mengeluhkan gejala berupa lelah, lemah, pusing, dan sesak napas, ada kemungkinan Anda mengalami anemia atau polisitemia. Pada saat itulah diperlukan pemeriksaan hemoglobin untuk memastikan apa sebenarnya kondisi yang Anda alami.
  • Memantau kondisi kesehatan
    Jika Anda terkena penyakit tertentu, terutama penyakit yang ada hubungannya dengan darah, dokter akan melakukan pemeriksaan hemoglobin untuk memantau kondisi medis Anda.  Selain itu juga, pemeriksaan hemoglobin bisa dipergunakan sebagai alat untuk memantau perawatan dan keberhasilan pengobatan yang diberikan, serta menentukan perawatan yang tepat sampai Anda pulih dari penyakit tersebut.
  • Pemeriksaan kesehatan rutin
    Pemeriksaan hemoglobin juga kerap dilakukan pada saat pemeriksaan kesehatan rutin (medical check up). Pemeriksaan hemoglobin ini sebagai bagian dari rangkaian pemeriksaan darah lengkap. Tujuannya adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya kondisi yang memerlukan perhatian khusus, misalnya anemia.

Pengobatan Hb rendah

  • Obat-obatan dan suplemen -Dokter biasanya meresepkan zat besi dan vitamin untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Meskipun suplemen ini dapat diperoleh tanpa resep dokter, lebih baik berkonsultasi dengan dokter agar dapat direkomendasikan dosis dan jenis suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda. Obat lain mungkin diperlukan untuk mengobati penyakit yang mendasari yang menyebabkan hemoglobin rendah.
  • Diet- Diet yang tepat, yang meliputi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Sumber makanan yang tinggi zat besi termasuk daging merah, tiram, udang, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, kacang polong, sereal, kismis, dan aprikot kering.

Mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan mengambil suplemen dan meningkatkan diet sebelum kadar hemoglobin meningkat. Oleh karena itu, orang-orang yang berada pada risiko Hb rendah harus selalu menjaga makanan yang tinggi besi untuk mencegah anemia

Alat Praktis untuk pengecekan Hemoglobin

Adapun alat2 Yang di gunakan untuk pengecekan kadar yang terkandung dalam darah manusia, termasuk hemoglobin Alat tersebut dapat di pesan di web agmmedica.com alat kesehatan ataupun elektromedic yang berkualitas dan bergaransi resmi.

error: Content is protected !!