Mengetahui Peralatan yang tersedia di Ambulance

Beberapa peralatan yang tersedia di ambulance akan dibahas dalam artikel ini. Mobil ambulance menjadi salah satu kendaraan penting di dunia medis. Mobil ambulance menjadi transportasi utama apabila ada keadaan darurat yang mengharuskan seseorang mendapatkan perawatan medis. Oleh karena itu, mobil ambulance harus disertai dengan peralatan pendukung yang wajib tersedia. Berikut beberapa peralatan yang harus ada di mobil ambulance.

Peralatan Ambulance yang Bersifat Dasar

Peralatan yang tersedia di ambulan dibagi menjadi tiga yaitu yang bersifat dasar, lanjutan, dan tambahan. Berikut ini kita bahas yang bersifat dasar. Banyak sekali peralatan dasar yang harus ada di ambulance, diantaranya ventilasi dan peralatan saluran pernafasan, alat pemantau jantung dan defibrasi. Selain itu terdapat peralatan medis untuk ibu melahirkan, untuk anak-anak, dan untuk orang dewasa. Peralatan dasar dapat berupa peralatan p3k seperti stetoskop, tensimeter, termometer, termos berisi es, selimut, dan minyak atau balsem untuk kesehatan. Masih ada beberapa peralatan dasar lainnya seperti sarung tangan steril, masker, baju, larutan desinfektan. Peralatan pencegahan cedera yang harus disediakan adalah sabuk pengaman, alat pemadam kebakaran, dan perangkat untuk memberikan sinyal di tengah lalu lintas / sirine.

Peralatan Ambulance Lanjutan

Selain peralatan dasar, terdapat peralatan yang harus tersedia di ambulance set bersifat lanjutan. Peralatan bersifat lanjutan ini meliputi beberapa peralatan pendukung  seperti peralatan membuka jalan nafas. Peralatan membuka jalan nafas yang canggih dan mudah untuk digunakan. Peralatan ventilasi dan peralatan akses vaskuler juga harus tersedia. Dibutuhkan pula obat pre-loaded untuk kondisi pasien yang terserang penyakit jantung.

Obat pre-loaded lain untuk pasien dengan penyakit epilepsi, alergi, serta obat untuk meredakan rasa nyeri. Sebenarnya obat-obatan yang disediakan untuk peralatan bersifat lanjutan ini cakupannya cukup luas. Anda dapat melengkapi ambulan dengan obat-obatan lain yang direkomendasikan oleh tenaga medis. Obat-obatan yang disediakan biasanya adalah obat-obatan yanng bersifat umum dan bersifat pertolongan pertama.

Peralatan yang wajib tersedia di ambulan

berikutnya bersifat tambahan. Peralatan ini opsional disediakan dalam mobil ambulance. Biasanya ketersediaannya bergantung pada layanan kesehatannya. Apabila mobil ambulan ini milik rumah sakit bersalin, biasanya ambulannya dilengkapi dengan peralatan bersalin yang lebih lengkap. Contoh lain apabila mobil ambulan milik rumah sakit yang terbaik dalam pengobatan paru-paru, berarti mobil ambulannya tersedia peralatan terkait organ paru-paru yang lebih lengkap.

Opsi lain yang biasanya disediakan di jual ambulan set adalah nebulizer. Alat ini sangat berguna bagi pasien penderita asma, dan memang memerlukan pengobatan secepatnya. Peralatan lain seperti glukosa meter juga seharusnya disediakan. Jangan lupa menyediakan peralatan medis untuk anak-anak berkebutuhan khusus dan juga peralatan bayi. Apabila memungkinkan dapat pula disediakan perangkat penguur tekanan darah yang modern dan juga respirator.

Mobil ambulance merupakan alat transportasi utama agar pasien yang memang sangat membutuhkan bantuan dapat  ditangani terlebih dahulu sebelum sampai di rumah sakit atau klinik medis.  Penanganan yang sigap dan tepat membuat pasien terjaga kondisinya dengan baik sehingga hal yang fatal tidak terjadi saat pasien akan dibawa ke rumah sakit. Bantuan tenaga medis di mobil ambulance sangat dibutuhkan disini sehingga perlu adanya koordinasi yang baik saat membawa pasien.

Berbagai peralatan kesehatan yang wajib tersedia di mobil ambulance dapat dibeli di AGM MEDICA, semua produk bergaransi resmi dan terjamin kualitas nya sehingga tidak perlu kawatir apabila ada kerusakan saat barang diterima.

 

error: Content is protected !!