APA SAJA YA ISI LEMARI / Box P3K, YUK CARI TAU

Saat ini musibah dan bahaya bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, tidak ada seorang pun yang ingin mengalaminya. Misal nya saat memasak di dapur ternyata ibu tangan nya teriris pisau atau benda tajam sehingga menimbulkan luka dan darah mengalir dari tangan nya. Apabila tidak segera dilakukan penanganan bisa saja terjadi melebar nya luka atau membuat infeksi yang dapat berakibat tidak baik. Box P3K / First Aid Box adalah suatu alat yang penting dalam keadaan darurat. Banyak hal kecil seperti ini yang kadang kurang diperhatikan oleh banyak orang, padahal seharusnya kita lebih bisa tanggap dalam menangani nya. Inilah alasan kenapa kita sangat memerlukan kotak p3k (pertolongan pertama pada korban kecelakaan).

Kotak p3k yang kita siapkan untuk di lapang dan juga di rumah berbeda isinya, sudah semestinya untuk lemari p3k dirumah isinya jauh lebih lengkap. Alat alat p3k bisa dikatakan hal yang paling diperlukan ketika terjadinya kecelakaan baik ringan maupun parah. P3k memiliki arti sebagai upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan sebelum mendapat pertolongan

Sebenarnya isi kotak P3K tidak terlalu banyak, kita dapat mengisi dengan keperluan mendasar dengan beberapa contoh alat ini :

  1. Plester
  2. Kain kasa steril uk kecil, sedang sampai besar
  3. Verban untuk mata
  4. Verban bentuk segitiga
  5. Verban gulung
  6. Verban elastis
  7. Alkohol 70%
  8. Povidone iodine
  9. Peniti
  10. Sarung tangan steril
  11. Pinset
  12. Gunting
  13. Tisu basah non-alkohol
  14. Termometer digital
  15. Cairan steril/antiseptik pembersih luka
  16. Obat tetes mata
  17. Cairan pembersih mata
  18. Penutup mata (eye shield/pad)
  19. Cotton ball
  20. Kompres dingin instan
  21. Kantong plastik
  22. Sabun atau hand sanitizer
  23. Pipet
  24. Masker
  25. Jarum suntik
  26. Cangkir atau sendok kecil
  27. Lampu senter
  28. Kapas

Tersebut diatas merupakan isi standar dari kotak p3k, namun akan jauh lebih baik jika lebih dilengkapi lagi dikarenakan setiap orang mengalami kecelakaan yang berbeda dalam waktu yang berbeda pula. Lenglapi obat obatan umum dan khusus apabila memang dirasa ada anggota keluarga yang memiliki kebutuhan untuk meminum obat tersebut. Bentuk kotak Box P3K / First Aid Box yang standar yaitu kotak persegi panjang tidak terlalu besar dan berwarna putih, kalo untuk di ruangan biasanya dilengkapi dengan lemari p3k yang menempel di dinding sehingga dapat diisi lebih banyak alat dan obat.

Beberapa obat-obatan yang sebaiknya kita tambahkan di kotak P3K adalah sebagai berikut :

  • Obat penghilang rasa sakit
  • Obat penghilang mulas atau sakit perut
  • Aspirin81mg
  • Obat alergi
  • Ammoniak cair
  • Obat tetes mata
  • Balsem atau obat gosok

Selain jenis obat tersebut, apabila terdapat anggota keluarga dengan penyakit yang tergolong sering kumat seperti asma, jantung, kejang maka wajib hukumnya untuk tersedia di kotak p3k untuk meredam sakit nya. Terkadang bahkan ada yang diharuskan untuk menyediakan tabung oksigen portable untuk penderita sesak nafas.

Setiap obat memiliki tanggal kadaluarsanya masing – masing, sehingga sangat perlu diperiksa secara berkala agar saat dibutuhkan tidak asal langsung dikonsumsi karena akibat nya sangat berbahaya bagi tubuh kita. Jenis obat pun dapat diberi label dengan warna yang berbeda, biasanya label warna biru untuk obat luar, label putih untuk obat minum, dan label warna hitam untuk obat keras, dan penempatan obat luar tidak boleh dicampur dengan obat label hitam agar tidak terjadi salah ambil.

Setelah kita ketahui detail tentang kotak p3k alangkah bijak nya jika kita juga mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat di dalam kotak / lemari p3k. Misalnya nomor rumah sakit atau dokter keluarga. Semoga penjelasan tersebut menjadikan manfaat bagi kita semua, jagalah selalu kesehatan kita dan jangan lupa upayakan segala hal untuk menghindari adanya kecelakaan baik untuk diri sendiri maupun orang terdekat kita. Keep healthy all..

error: Content is protected !!