YUK KITA CARI TAU APA FUNGSI INCUBATOR BAYI ITU

Bayi yang baru lahir di dunia ini memiliki kondisi yang cukup rentan untuk langsung beradaptasi dengan lingkungan diluar Rahim ibunya. Sehingga kondisi bayi harus betul betul dijaga dengan baik agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Fungsi Incubator Bagi bayi yang dilahirkan dengan usia dan kondisi yang normal biasanya tidak perlu penanganan khusus dari tenaga medis, namun bila bayi yang dilahirkan dalam kondisi yang kurang normal atau kondisi premature maka sangat dibutuhkan adanya penanganan khusus dari tenaga medis.

Detail Incubator Bayi

Secara detail nya incubator bayi merupakan alat medis yang berupa box yang digunakan untuk menjaga suhu ruangan dengan stabil bagi bayi.

  • Incubator memiliki 2 box control yaitu bagian atas dan bawah,
  • pada box pertama biasanya terdiri dari sensor,controller, dan beberapa rangkaian alat elektronik medis yang lain sedangkan pada bagian bawah yaitu heater, wadah air dan kipas.
  • Kedua bagian ini sangat berfungsi dalam menjaga konstan nya suhu dalam incubator. Secara singkatnya suhu dalam incubator berasal dari heater dan kipas pada box bagian bawah. Heater mengeluarkan udara panas yang ditangkap oleh kipas dan disalurkan ke wadah air kemudian dari wadah air, udara panas disalurkan melalui sebuah selang.

 

Fungsi penting incubator bayi

Dari semua penjelasan diatas mari kita lihat lebih detail beberapa fungsi dari incubator bayi :

  1. Melindungi bayi

Dalam penjelasan sudah sangat jelas bahwa kondisi bayi sangat terlindungi di dalam incubator sehingga tidak terlalu terpengaruh terhadap kondisi diluar box.

  1. Memberikan oksigen cukup

Oksigen di dalam box incubator memiliki tingkat persentase yang bisa dianggap stabil, dan ini juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup bayi tersebut.

  1. Mengontrol kondisi bayi

Incubator yang baik adalah yang memiliki kelengkapan control dan fitur di dalam nya, karena nantinya kondisi jantung, pernafasan, otak, darah dan organ vital bayi. yang lainnya harus selalu dapat diketahui oleh tenaga medis sehingga control terhadap bayi ini dapat selalu terjaga.

Prinsip kerja Incubator Bayi

Dalam fungsi kerja incubator sebenarnya hanya melibatkan 3 hal saja, kelembaban, suhu, dan oksigen.

Dimana ketiga hal tersebut harus sebisa mungkin dikondisikan seperti Rahim ibu nya ketika dalam kandungan.

incubator sebaiknya memiliki kelengkapan fitur didalam nya yaitu seperti:

  • Heater, yang berfungsi menghasilkan suhu panas,yang hampir sama dengan infant warmer ( alat penghangat tubuh bayi)
  • Blower, dimana fungsi nya untuk pendistribusian panas keseluruh bagian box.
  • Kontrol, berfungsi untuk menjaga kelembaban dan suhu dari aliran udara di dalam box.
  • Alarm, berfungsi untuk menjaga kondisi bayi apabila terjadi hal yang kurang baik pada dirinya
  • Chamber, tempat bayi tidur

Incubator bayi tidak sepenuhnya menjadi factor utama bagi bayi untuk kelangsungan hidup nya. namun alat ini memiliki fungsi yang sangat baik. untuk menjaga kondisi bayi yang kurang sehat saat dilahirkan menjadi lebih stabil untuk terus berkembang.

error: Content is protected !!