Fungsi Gluten pada Tubuh Kita?

Makanan yang kita makan sehari hari harus kita perhatikan baik baik, dari kandungan zat gizi nya serta Fungsi Gluten pada Tubuh. Kita tidak boleh terlalu sering makan makanan yang tidak mengandung gizi seimbang karena akan mengganggu kondisi metabolisme tubuh. Makanan ini biasa disebut Junk food (makanan yang tidak mengandung gizi seimbang namun hanya kalori nya saja yang tinggi). Kadar kalori tinggi pada makanan yang dimakan akan mempengaruhi kerja hormon dalam tubuh. Sering terjadi gangguan pencernaan menjadi salah satu akibat dari terlalu sering nya makan makanan yang tidak bergizi.

Terdapat beberapa kajian ilmiah tentang pengaruh kandungan gluten dalam makanan yang kita makan. Berikut penjelasan nya.

Pengertian Gluten..

Gluten merupakan salah satu jenis protein yang terdapat dalam gandum dan jelai. Secara otomatis semua makanan yang diolah dari gandum berarti mengandung gluten seperti contohnya kue, roti , pasta, dan jenis sereal.  Gluten biasanya memiliki peran dimana sebagai lem yang dapat membantu menjaga makanan tetap menempel dan menjaga bentuk makanan tersebut. Terdapat 2 jenis protein pada gluten yaitu glutenin dan gliadin. Biasanya adonan tepung dana tau gluten bila dilarutkan dengan air akan membuat tekstur nya menjadi lebih kenyal dan lengket.

Gluten dikatakan berbahaya apabila ?

Beberapa kajian ilmiah belum dapat membuktikan bahayanya mengkonsumsi gluten pada manusia normal. Namun, untuk beberapa kondisi seseorang dengan kondisi kesehatan tertentu akan menimbukan efek yang kurang baik. Fungsi Gluten pada Tubuh Kondisi seseorang yang memiliki penyakit tertentu akan membuat dia harus sangat menjaga pola makan dan kandungan nya salah satu nya kandungan gluten dalam makanan nya. Biasanya sesorang yang memiliki penyakit ini tidak diperbolehkan mengkonsumsi gluten yaitu :

  1. Penyakit celiac

Biasanya penderita penyakit ini apabila mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten dpat memicu peradangan dan merusak permukaan usus halus sehingga zat gizi tidak dapat terserap dengan baik. Keseringan penderita yang mengkomsi makanan mengandung gluten akan mengalami diare, konstipasi, serta menyebabkan perut kembung. Ada juga yang beberapa orang mengalami anemia, osteoporosis, penyakit saraf, kulit serta jantung. Sehingga sangat wajib hokum nya seseorang yang memiliki penyakit ini harus menghindari gluten.

 

  1. Intoleran gluten yang bersifat non celiac

Seseorang dengan penyakit ini biasanya tidak terjadi gangguan pada usus nya seperti penderita celiac namun orang ini memang diharuskan menghindari makanan mengandung gluten. Hal ini dikarenakan gejala yang terjadi seperti gangguan pencernaan, diare, konstipasi dan lainnya hampir mirip dengan penyakit celiac.

 

  1. Penyakit autoimun tertentu

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan pada penderita penyakit Hashimoto, grave dan rheumatoid arthritis, memiliki resiko yang hampir sama seperti penyakit celiac sehingga harus dihindari memakan makanan mengandung gluten (diet gluten).

  1. Penyakit usus lainnya

Gluten pada penderita penyakit irritable bowel syndrome serta radang usus dapat menyebabkan beberapa keluhan pada sitem pencernaan dan usus nya sehingga sangat perlu melakukan diet bebas gluten.

  1. Obesitas

Obesitas merupakan kondisi berat badan yang sudah melebihi batas ideal tubuh normal. Kondisi ini sangat rentan terjadinya penyakit pada tubuh nya. Keluhan pada system metabolism, serta alat vital lain nya seperti jantung dan paru biasanya sering terjadi. Salah satu cara agar seseorang dapat mengurangi resiko ini adalah dengan diet bebas gluten, hal ini akan mengembalikan kondisi tubuh lambat laun menjadi normal kembali dengan kapasitas yang seharusnya.

Tips dan trik melakukan diet bebas gluten

Sebenarnya gluten juga dapat berdampak baik bagi tubuh kita dalam pengendalian berat badan serta kesehatan jantung namun dengan batas normal dan tidak berlebih. Kita bisa saja melakukan diet bebas gluten meskipun tidak memiliki masalah kesehatan. Namun tetap harus memperhatikan nutrisi dari makanan yang masuk ke tubuh pula.

Diet bebas gluten yaitu keadaan dimana kita menghindari konsumsi makanan yang mengandung gandum dan jelai. Namun ketika kita minim konsumsi gluten biasanya mengalami defisit vit B, serat, zinc, serta zat besi. Oleh sebab itu, maka untuk menggantinya kita perlu cukup asupan nutrisi yang berasal dari sayuran, buah – buahan serta daging rendah lemak.

Beberapa makanan yang tinggi akan gluten yaitu :

  1. Gandum
  2. Spelt
  3. Jelai roti
  4. Pasta
  5. Sereal
  6. Bir
  7. Kue, cookies dan pastry

Makanan jenis padi- padian bebas gluten contoh nya :

  1. Jagung
  2. Nasi
  3. Quinoa
  4. Flax
  5. Jawawut
  6. Buckwheat
  7. Arrowroot
  8. Oats
  9. Amaranth

Sumber makanan lain yang bebas gluten  seperti contohnya :

  1. Daging
  2. Ikan dan hasil laut
  3. Telur
  4. Susu dan jenisnya
  5. Sayuran
  6. Buah – buahan
  7. Polong – polongan
  8. Kacang – kacangan
  9. Umbi- umbian
  10. Lemak seperti mentega dan minyak

Makan makanan olahan yang diklaim bebas kandungan gluten juga tetap harus kita perhatikan betul, hal ini dikarenakan belum tentu makanan tersebut lebih sehat. Beberapa penemuan menunjukan bahwa karbohidrat banyak terkandung di dalam nya dan diproses bersama gula, garam dan lemak sehingga bila berlebih bisa berbahaya bagi kesehatan kita. Kemudian biasanya kandungan protein, asam folat (vit B9), niasin (vit B3), dan Vit B pada makanan tersebut sangat sedikit jumlah nya.

Berarti gluten itu berbahaya atau tidak ya..

Kesimpulan Fungsi Gluten pada Tubuh dari penjelasan diatas adalah apabila seseorang memiliki kondisi kesehatan tertentu dimana diharuskan mengurangi maupun menghindari makanan dengan kandungan gluten maka sebaiknya melakukan diet bebas gluten karena diharapkan dapat mengurangi resiko keluhan terhadap metabolism tubuh serta kesehatan ususnya. Namun apabila kondisi tubuh normal maka dapat dianjurkan tetap mengkonsumsi gluten dengan jumlah dan porsi cukup sehingga tubuh tetap terjaga asupan nutrisinya. AGM MEDICA memberikan info terntang kesehatan tubuh, Semoga ini dapat menjadi pengetahuan kesehatan yang bermanfaat bagi kita semua.

error: Content is protected !!