ALAT MEDIS YANG DIGUNAKAN SAAT PEMERIKSAAN JANTUNG

Kesehatan Jantung

Jantung adalah bagian terpenting di dalam organ dalam tubuh manusia dikarenakan fungsi nya yang sangat vital. Cara kerja jantung sangat mempengaruhi organ tubuh lain nya sehingga harus dijaga kesehatan nya. Banyak hal yang dapat menyebabkan penyakit jantung pada beberapa orang, bisa dikarenakan konsumsi makanan yang kurang bergizi, merokok dan alkohol, sampai penderita lemah jantung yang memang sudah bawaan dari lahir. Penderita yang mengalami lemah jantung harus melakukan pemeriksaan rutin agar kesehatan jantung nya dapat terpantau dengan baik. Banyak alat medis yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan jantung, namun akan kita bahas gambaran besar nya.

Pemeriksaan jantung

Pemeriksaan jantung hanya dapat di lakukan di rumah sakit yang menyediakan alat medis yang dapat mendeteksi secara dini adanya penyakit pada jantung tubuh kita. Dengan mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada jantung membuat penderita merubah gaya hidup nya dan dapat segera mungkin dilakukan pengobatan yang tepat. Penyakit jantungdapat menyerang siapa saja, baik kalangan muda maupun orang yang sudah tua. Alat medis yang dapat digunakan untuk pemeriksaan jantung antara lain yaitu :

  • Electrocardiograph (ECG)

Alat ini digunakan untuk mengetahui aktivitas jantung kita, agar dapat diketahui lemah tidak nya denyut jantung pasien. Pemeriksaan menggunakan alat ini dilakukan dengan cepat dan tidak beresiko dikarenakan cara kerja nya hanya menempelkan PAD electrode pada dada pasien yang nantinya menunjukan aktivitas jantung melalui interpretasi berupa grafik pada monitor nya.

  • Treatmill

Fungsi alat ini hampir sama dengan ECG namun pemeriksaan dilakukan saat pasien melakukan aktivitas berjalan bahkan berlari di atas treatmill. Banyaknya denyut yang terhitung akan menunjukan kekuatan dari jantung pasien saat melakukan aktivitas.

  • Holter

Pemeriksaan dengan menggunakan alat ini biasanya diperuntukan bagi pasien yang gejalanya intermiten dan tidak muncul saat pemeriksaan dengan ecg standar. Cara kerja nya ada nya pasien ditempelkan alat perekam portable yang dipakai seharian sambil melakukan aktivitas seperti biasa. Walaupun monitor terpasang pasien akan tetap bisa melakukan kegiatan dengan normal. Pemeriksaan dengan ketiga jenis ECG tersebut akan menghasilkan hasil yang berbeda, sehingga nantinya dapat dilakukan langkah penanganan yang tepat terhadap pasien yang diperiksa baik dalam pemberian obat ataupun treatment yang lain nya.

Perawatan pasien sakit jantung

Pasien yang sudah dilakukan pemeriksaan awal nantinya akan dilakukan pengobatan intensif bila memang benar mengalami penyakit jantung dan untuk alat medis sebagai penunjang pengobatan adalah sebagai berikut :

  • Ecg

Alat ini digunakan untuk memantau kondisi denyut jantung sehingga pasien tidak lepas dari monitor tenaga medis.

  • Syringe pump

Alat ini digunakan untuk memberikan obat atau cairan dengan volume atau takaran tertentu dan bersifat kontinue. Sehingga tenaga medis tidak perlu lagi menakar obat atau cairan saat akan diberikan kepada pasien.

  • Infusion pump

Alat ini digunakan untuk memberikan cairan infus kepada pasien dengan tekanan yang sama dan tetap.

Alat ini digunakan untuk kejut jantung bila pasien mengalami jantung nya gagal berfungsi mendadak, yang nantinya dengan dikejutkan jantung nya akan kembali berfungsi normal.

  • Patient monitor

Alat ini digunakan untuk memantau kondisi keseluruhan dari alat vital pasien, dari saturasi nya, denyut jantung nya, oksigen dalam darah nya dan parameter yang lain nya. Dan apabila ada hal yang fatal alat ini akan berbunyi sehingga tenaga medis dapat melakukan penanganan segera.

  • Tabung oksigen

Tabung oksigen digunakan untuk bantu nafas pasien bila tiba – tiba mengalami sesak nafas atau susah bernafas dengan baik.

Distributor yang menjual alat kesehatan

Rumah sakit yang bagus untuk pasien dengan penyakit jantung sebaiknya memiliki standar alat kesehatan yang baik dan terjamin kualitas nya. Hal ini dikarenakan apabila alat yang digunakan kurang bagus dapat juga berpengaruh terhadap keakuratan hasil nya, serta berpengaruh juga terhadap lama nya alat itu bisa digunakan dengan normal. Namun, kini tidak perlu khawatir lagi untuk membeli bermacam alat kesehatan karena AGM Medica menyediakan alat medis dengan kualitas terjamin dengan harga yang terjangkau. After sales dan garansi resmi dari pabrik menjadi salah satu kelebihan dari perusahaan ini. Silahkan menghubungi call center AGM Medika apabila ingin konsultasi tentang alat kesehatan.

error: Content is protected !!