KESEHATAN JANTUNG PADA MANUSIA

Jantung adalah alat vital pada manusia yang sangat berpengaruh terhadap organ tubuh yang lain nya, jantung berfungsi untuk memompa darah yang nantinya disalurkan ke seluruh tubuh agar dapat melakukan kegiatan dengan normal. Jantung terdiri dari 4 bagian yaitu atrium atas kanan dan kiri, serta ventrikel bawah kanan dan kiri. Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama perikardium, yang tertempel pada diafragma. Lapisan pertama menempel sangat erat kepada jantung, sedangkan lapisan luarnya lebih longgar dan berair, untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh yang terjadi karena gerakan memompa konstan jantung. Ukuran jantung kurang lebih sebesar kepalan tangan anak kecil.

Cara kerja jantung

Ketika keadaan berdenyut maka setiap ruang jantung akan mulai mengendur dan terisi oleh darah yang disebut oleh diastol, kemudian jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung yang disebut sistol. Darah yang kehabisan O2 dan terkandung banyak CO2 di dalam nya (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena cava menuju ke dalam ventrikel kanan, kemudian atrium kanan terisi oleh darah  yang akan mendorong darah tersebut ke dalam ventrikel kanan. Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis menuju paru paru.  Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru paru, menyerap O2 dan melepas CO2 selanjutnya dialirkan. Darah yang kaya O2 mengalir ke vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner. Darah dalam atrium kiri akan didorong menuju ventrikel kiri, yang selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah yang kaya O2 disalurkan ke seluruh tubuh, kecuali paru paru.

Penyakit pada jantung

Penjelasan sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa jantung merupakan organ yang sangat penting di dalam tubuh, sehingga kita perlu menjaga kesehatan jantung sebaik mungkin. Masalah yang dapat terjadi di jantung yaitu penyakit jantung dan serangan jantung.

  1. Penyakit jantung
  • Otot jantung yang lemah membuat kinerja jantung tidak maksimal, biasanya penyakit ini merupakan bawaan dari lahir. Penyakit ini dapat menimbulkan kelelahan, pingsan hingga kematian.
  • Adanya celah antara serambi kanan dan kiri, hal ini karena ketidaksempurna nya pembentukan organ saat dalam kandungan. Hal ini juga membuat penderita tidak dapat melakukan kegiatan yang berat karena mudah lelah dan sesak nafas nantinya.
  1. Serangan jantung

Serangan jantung yaitu ketika jantung berhenti berfungsi , yang biasanya terjadi mendadak. Hal ini dapat disebabkan terhambat nya suplai darah ke otot – otot jantung ketika ada sumbatan atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah yang dikarenakan banyaknya lemak dan kolesterol dalam darah. Namun ada juga penderita serangan jantung disaat sedang beraktivitas seperti atlet sepakbola yang mendadak terkena serangan jantung di tengah lapangan. Hal ini dapat dipengaruhi berat nya aktivitas yang dilakukan oleh atlet tersebut yang tidak seimbang dengan kerja jantung yang lemah atau belum melakukan pemanasan sebelumnya, sehingga terjadilah gagal jantung.

Penanggulangan

Jantung harus dijaga kesehatan nya agar kita dapat beraktivitas dengan normal dalam kehidupan sehari – hari. Adapun cara – cara yang ditempuh agar kita dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan serangan jantung yaitu :

  • Mengurangi makanan yang digoreng, banyak garam, dan junk food ( tidak ada nilai gizi nya).
  • Mengurangi konsumsi daging – dagingan yang tidak diimbangi dengan serat sayur dan buah
  • Menghindari meminum alkohol dan merokok
  • Konsumsi bawang putih dalam beberapa waktu sangat baik untuk menstabilkan lemak dan kolesterol dalam darah
  • Mengkonsumsi suplemen seperti vit.C
  • Banyak konsumsi buah, sayur dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh serta ikan laut yang banyak mengandung omega 3 seperti salmon.
error: Content is protected !!