PENTINGKAH MENJAGA KESEHATAN MATA ???

Mata merupakan salah satu panca indera pada tubuh manusia yang sangat penting, kali ini agmmedica.com memberikan infodengan mata kita dapat melihat semua hal dan mengerjakan sesuatu dengan baik.

Kesehatan mata

Pentingnya menjaga kesehatan mata merupakan kesadaran untuk semua manusia di dunia karena semua aktivitas sehari hari dapat berjalan dengan baik dan normal, sehingga semua dapat dilakukan dengan optimal. Banyak cara agar kesehatan mata selalu terjaga dengan baik yaitu :

  1. Sering konsumsi makanan yang sehat untuk mata

Cara paling simple guna menjaga kesehatan mata adalah dengan makan makanan sehat. Kita bisa memenuhi seluruh asupan gizi ini dari makanan yang sehat untuk mata, seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak hijau), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden), dan lain masih banyak yang lainnya.Menjaga kadar gula dalam darah dan kolesterol

  1. Jangan terlalu sering menggunakan gadget dalam jarak dekat dan lampu redup

Menatap layar  komputer atau smartphone dengan waktu yang lama dapat menyebabkan mata lelah. Gejalanya biasanya berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, penglihatan kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan pandangan menjadi kabur.

  1. Memakai kacamata hitam saat dluar ruangan agar tidak terpapar sinar uv

Bukan hanya kulit yang perlu kita jaga selama berada di luar ruangan, mata pun demikian. Namun tentunya dengan cara yang berbeda. Ketika cuaca terik atau bahkan sedikit mendung sekalipun, sebaiknya pakai kacamata hitam untuk melindungi Anda dari paparan sinar UV matahari.

  1. Menghindari merokok dan minum alkohol

Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang dapat menyebabkan kebutaan serta merusak retina. Merokok juga bisa menyebabkan penimbunan plak di pembuluh darah dan melemahkan arteri, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

  1. Sering memeriksakan mata ke dokter

Pemeriksaan mata yang di anjurkan adalah tiap 2 tahun sekali, dengan sering memeriksakan mata menjadikan kita menjadi lebih hati hati terhadap gangguan kesehatan mata. Namun, untuk umur 40 tahun keatas disarankan oleh dokter untuk memeriksakan mata tiap setahun sekali. Hal ini berguna untuk mendeteksi ada nya penyakit seperti degenerasi makula , glaukoma, dan katarak.

  1. Rajin Olahraga

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Hal simple ketika kita kelilipan atau kemasukan pasir jangan langsung di kucek tapi langsung bilas dengan air bersih kemudian gunakan obat tetes saat mata merah dan kering. Segera periksakan ke dokter apabila ada masalah pada mata kita, agar dokter dapat mengetahui penanganan yang tepat untuk kita.

error: Content is protected !!