INOVASI DALAM BIDANG MEDIS YANG WAJIB ANDA TAHU BAGIAN 2

3d printing

Kembali lagi dengan artikel yang akan membahas seputar inovasi terbaru di bidang medis yang perlu Anda tahu. Kali ini ada beberapa alat yang secara umum bisa digunakan di banyak bidang selain kesehatan namun peran mereka di sini juga tidak kalah pentingnya dengan distributor alat kesehatan di kota besar seperti Bandung.

Inovasi di Bidang Medis

3D Printing

Pencetakan 3-D memungkinkan pengguna membuat produk kesehatan khusus untuk pasien, termasuk prostetik, implan, dan ring saluran napas. Kreasi yang disesuaikan ini meningkatkan kenyamanan dan kinerja karena dibuat sesuai dengan ukuran tubuh pasien, sekaligus menawarkan risiko komplikasi pasca operasi yang minimal. Pencetakan 3-D juga memiliki aplikasi dalam perencanaan bedah, seperti dengan operasi jantung atau bahkan transplantasi wajah.

Virtual Reality/Mixed Reality

Aplikasi realitas virtual / realitas campuran (VR / MR) telah menjadi populer dalam pendidikan kedokteran. Dengan pendekatan yang mendalam, VR / MR baik untuk semua jenis pelajar: audio, visual, dan kinestetik.

VR adalah versi dunia yang sepenuhnya dibuat oleh komputer dan membutuhkan penggunaan kacamata VR. MR, atau augmented reality, menempatkan gambar atau suara yang dihasilkan komputer ke pengaturan dunia nyata dan hanya perlu ditampilkan di layar.

VR / MR memungkinkan mahasiswa kedokteran untuk mengalami dan belajar dari skenario hidup dan mati di lingkungan berisiko rendah. Aplikasi lain dari VR / MR termasuk simulasi bedah dan pencitraan diagnostik.

Stroke Visor

Pada tahun 2018, FDA mengeluarkan Cerebrotech Visor, yang merupakan perangkat spektroskopi non-invasif yang mengukur perubahan dalam distribusi cairan otak dan mematenkan temuan ini dengan pembelajaran mesin untuk meningkatkan algoritma dan mendeteksi patologi otak tertentu, seperti stroke, trauma, dan pembengkakan.

Secara khusus, teknologi ini membantu mendeteksi stroke hemoragik, yang — meskipun lebih jarang daripada stroke iskemik — menyumbang 40% kematian akibat stroke. Anda dapat melupakan kursi roda yang dijual distributor alat kesehatan Bandung jika Anda berhasil mengalahkan stroke.

Operasi Robotik

Pendekatan robotik untuk pembedahan kurang invasif dan lebih cepat, dan sering dikaitkan dengan hasil klinis yang lebih baik, seperti waktu pemulihan yang berkurang dan nyeri yang berkurang. Pendekatan robotik untuk operasi juga memandu ahli bedah di ruang operasi. Saat ini, bedah robotik digunakan dalam berbagai prosedur dari tulang belakang hingga endovaskular.

Misalnya, Sistem Bedah da Vinci, yang mungkin merupakan platform bedah robotik paling terkenal, menerjemahkan gerakan tangan ahli bedah menjadi gerakan kecil yang dibuat oleh robot di dalam tubuh, semuanya divisualisasikan melalui laparoskopi. Sistem da Vinci telah digunakan pada lebih dari 3 juta pasien di seluruh dunia.

Dan mungkin suatu saat Anda dapat memesan Sistem da Vinci ini di distributor alat kesehatan di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, dan sebagainya.

sumber gambar : https://www.rd.com/article/3d-printer-body-parts/

error: Content is protected !!