Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Rambut

Ginseng merupakan tanaman yang berasal dari daratan Asia Timur yang sudah tidak diragukan lagi manfaat nya. Di Indonesia tanaman ginseng banyak digunakan sebagai bahan jamu. Selain itu, di bidang kecantikan ginseng juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Tanaman ini adalah tanaman yang tumbuh di belahan bumi bagian utara. Seperti Korea, Siberia, Manchuria, dan Amerika Serikat. Namun di antara semuanya, ginseng Korea jadi yang paling terkenal dan mendunia.

Berbagai manfaat ginseng yang perlu kita ketahui :

  • Mengatasi Ketombe

kandungan saponin atau senyawa anti-bakteri yang dimiliki oleh ginseng, bahan ini dipercaya mampu menyapu ketombe dari kulit kepala, sekaligus mencegah kembalinya ketombe. Terlebih, kandungan tersebut juga dapat menjaga folikel rambut agar tetap bersih dan bebas dari serpihan putih tersebut. Jadi, dengan bantuan ginseng, rambut akan bebas dari masalah ketombe.

  • Memperbaiki Kondisi Kulit Kepala

Ginseng juga dikenal dapat membantu merangsang sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga aliran darah dan oksigen menuju ke folikel rambut menjadi lebih lancar. Bahan alami ini juga membantu menghilangkan penumpukan dan penyumbatan folikel yang dapat menyebabkan kerontokan rambut atau menghambat pertumbuhan rambut bertambah tebal.

  • Mencegah Kerontokan

Ginseng memiliki unsur bioaktif, ginsenosides, yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan proliferasi papila dermal, serta mencegah rambut rontok melalui modulasi berbagai jalur cell-signaling.

  • Mencegah Rambut Beruban

Rambut beruban identik sebagai tanda-tanda penuaan pada rambut. Namun, bukan berarti seseorang yang masih muda tidak bisa mengalaminya. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon ataupun akibat dari penggunaan sampo yang salah. Salah satu kandungan dari ginseng, yakni minyak atsiri, sangat berguna untuk mencegah perubahan rambut beruban secara alami. Kandungan tersebut juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang merupakan salah satu faktor penyebab rambut beruban.

  • Mengatasi jerawat dan hiperpigmentasi

Selain mengandung zat anti-inflamasi yang dapat meredakan masalah jerawat, ginseng juga dapat mengurangi masalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan proses penggelapan warna kulit yang umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kemunculan hiperpigmentasi ditandai dengan adanya bercak cokelat kehitaman di beberapa bagian kulit wajah. Rajin merawat kulit dengan masker ginseng dapat mengurangi masalah hiperpigmentasi, serta mencegah produksi melanin yang menyebabkan noda hitam di wajah.

  • Merawat rambut dan cara membuat masker rambut

Ada banyak cara untuk merawat rambut menggunakan ginseng. Salah satu yang termudah memang keramas menggunakan shampoo dan conditioner yang mengandung ginseng.

Namun untuk merasakan hasil yang maksimal, kamu butuh perawatan ekstra dengan rutin menggunakan hair tonic ataupun masker rambut yang terbuat dari ginseng.

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Ginseng Sendiri di Rumah:

  1. Siapkan dua batang ginseng segar, lalu parut sampai halus.
  2. Campurkan sedikit air dan aduk hingga teksturnya mengental.
  3. Langsung aplikasikan ke kulit kepala dan diamkan hingga beberapa saat. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya akan meresap ke kulit kepala.
  4. Bilas bersih. Lakukan minimal dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

 

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan natuna

error: Content is protected !!