Berbagai Cara Mengurangi Rasa Nyeri Sendi

Pengertian

Nyeri sendi adalah rasa sakit dan tidak nyaman pada sendi, yaitu jaringan yang menghubungkan dan membantu pergerakan antara dua tulang. Sendi terdapat di seluruh tubuh, termasuk bahu, pinggul, siku, lutut, jari-jari, rahang, dan leher.

Penyebab

Kebanyakan penyebab rasa sakit yang berasal dari beberapa sendi adalah radang sendi. Penyebab lainnya dapat berupa infeksi virus, gejala awal gangguan sendi atau timbulnya gangguan sendi kronis yang sudah ada (seperti rheumatoid arthritis atau psoriatic arthritis), gout atau arthritis kalsium pirofosfat (pseudogout). Adapun penyebab lainnya yang kurang umum termasuk penyakit Lyme (hanya satu sendi), infeksi bakteri gonore dan streptokokus, artritis reaktif (arthritis yang berkembang setelah infeksi saluran pencernaan atau saluran kemih), dan asam urat.

Beberapa aktivitas fisik juga dapat menyebabkan terjadinya nyeri sendi seperti :

  • Olahraga yang berlebih

Olahraga memang mampu membangun kekuatan otot dan memelihara kesehatan sendi namun, jika dilakukan secara berlebihan, olahraga juga dapat menyebabkan nyeri sendi. Beberapa olahraga pun juga ditengarai memicu terjadinya nyeri sendi pada bagian tubuh tertentu. Seperti olahraga lari dan basket yang menjadikan lutut sebagai tumpuan saat melompat. Pada ke dua jenis olahraga ini, risiko untuk mengalami nyeri sendi pada bagian lutut dan pergelangan kaki cenderung lebih besar.

  • Mengangkat beban terlalu berat

Kegiatan mengangkat beban yang terlalu berat juga dapat menyebabkan terjadinya nyeri sendi pada bagian punggung. Selain mengangkat beban yang berat, mengangkat atau memindahkan barang dengan posisi tubuh yang salah juga dapat memicu nyeri sendi pada bagian punggung. Saat memindahkan suatu barang, berhati-hatilah agar cedera punggung dapat terhindarkan.

Gejala

Nyeri yang dirasakan dapat bervariasi tergantung dari penyebabnya. karakteristiknya berupa:

  • Rasa nyeri dapat membaik dengan istirahat.
  • Tidak bisa memindahkan sendi seperti biasanya.
  • Rasa nyeri tidak terasa di pagi hari tetapi semakin memburuk sepanjang hari.
  • Rasa nyeri bisa menyebar ke bokong, paha, atau selangkangan.
  • Adanya pembengkakan di persendian.
  • Rasa nyeri sendi yang berpengaruh pada postur dan gaya berjalan.
  • Merasa sensasi tulang kisi atau menangkap sesuatu ketika memindahkan persendian.

Faktor Risiko

Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang rentang terserang nyeri sendi:

  • Kelebihan berat badan bisa memberi tekanan dan stres pada sendi, terutama lutut.
  • Merokok, Kebiasaan ini berbahaya bagi tubuh dan berpengaruh terhadap nyeri kronis, termasuk nyeri sendi.
  • Seiring bertambahnya usia, risiko nyeri sendi semakin meningkat.
  • Cedera yang bisa terjadi karena bekerja atau berolahraga bisa membuat kamu berisiko mengalami nyeri sendi.

Penolongan pertama

Compression

Penekanan pada sendi bisa dilakukan dengan menggunakan perban elastis, untuk membantu membantu mengurangi bengkak dan menjaga posisi sendi. Namun pastikan Anda tidak melilitkan perban terlalu ketat, agar peredaran darah tetap terjaga.

Rest

Beristirahat dan menjaga sendi yang terpengaruh, akan memberi waktu pemulihan, dan mengurangi sakit yang ditimbulkannya.

Jual alat kesehatan

Bagi anda yang sedang mencari alat-alat kesehatan, anda bisa mencarinya di berbagai distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai perlengkapan kesehatan. Dan untuk anda yang sedang berada di daerah yogyakarta anda bisa menghubungi AGM Medica Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi alat kesehatan yang lebih lengkap. Karena di AGM medica Yogyakarta anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli alat yang anda inginkan. Dan terdapat juga garansi setiap pembelian alat kesehatan di AGM Medica yogyakarta. | Distributor alat kesehatan natuna

error: Content is protected !!