Mengenal virus Corona (COVID-19)

covid 19

Apa itu virus Corona ( Covid 19 )

Virus corona atau dikenal juga dengan SARS-CoV-2 merupakan virus yang menyerang system pernafasan pada manusia dan penyakit akibat virus ini disebut Covid-19.  Apa itu virus corona ( covid 19  ) Akibat bagi pasien yang tertular virus ini efek nya dari sedang hingga kematian. Sebagian besar virus ini berefek terhadap usia lansia, dan dewasa yang memiliki riwayat sakit tertentu dan imun nya rendah.

Pertama kali virus ini ditemukan di Wuhan, China sekitar desember 2019 dan dimana virus ini sangat cepat penularan nya bahkan per tanggal 23 April 2020 jumlah kasus covid-19 sebanyak 2,2jt orang di seluruh dunia dan bahkan 153 rb orang sudah meninggal. Namun , banyak juga diantara itu pasien yang sudah dinyatakan sembuh sekitar 560rb orang. Di Indonesia sendiri sudah sekitar hamper 6rb kasus positif dan 520 jiwa yang meninggal.

Sebenarnya SARS-Cov-2 ini  sudah ada kelompok virus pendahulunya yaitu penyebab penyakit SARS dan MERS dimana jenis virus nya sama. Namun perbedaan yang sangat signifikan yaitu dari tingkat keparahan penyakit dan waktu penularan nya.

Gejala awal Covid-19

Gejala awal seseorang yang tertular virus ini biasanya menyerupai gejala flu, yaitu demam, pilek dan batuk kering serta sakit tenggorokan dan sakit kepala. Ada yang setelah itu menghilang atau mereda sakit nya ada juga yang semakin parah. Beberapa kasus ada yang sampe batuk darah, demam tinggi beberapa hari, sesak nafas dan nyeri di bagian dada. Masa inkubasi virus ini adalah 14 hari dan pasien memiliki imun kekebalan yang berbeda beda sehingga efek nya pun berbeda atas penyakit ini.

Kapan waktunya periksa ke dokter

Saat sesorang merasakan gejala mirip Covid ini sangat disarankan untuk melakukan isolasi mandiri, tidak bertemu dengan orang lain, hanya cukup dirumah saja dimana jangka waktunya kurang lebih 14 hari sehingga dapat dilihat apa efek yang terjadi selanjutnya terhadap pasien itu. Namun, bila sudah menunjukan gejala yang sangat berat maka harus segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan intensif apalagi bila sudah merasa sesak nafas bisa menimbulkan sakit paru akut nantinya bila tidak langsung ditangani.

Penyebab awal Virus Corona

Ada dugaan dimana virus ini ditularkan dari hewan liar kepada manusia tapi ternyata sudah menularkan antar manusia dengan cara penularan yang sangat cepat juga. Sehingga WHO sudah menetapkan virus Corona ini sebagai pandemic dikarenakan penularan nya yang sangat cepat pada manusia.

Cara penularan pada manusia yaitu dengan cara :

  • Tidak sengaja tertular dengan menhirup percikan ludah (droplet) dari si penderita covid-19 yang bersin atau batuk
  • Memegang mulut atau hidup tanpa mencuci tangan lebih dulu setelah menyentuh benda yang kena cipratan ludah penderita.
  • Kontak dengan jarak yang sangat dekat dengan penderita

Oleh karena mudahnya virus ini menularkan pada manusia sehingga saat menangani pasien Covid-19 haruslah menggunakan Alat pelindung diri (APD) agar dapat menghindari terinfeksi virus dari penderita Covid. Alat pelindung diri yang digunakan pun harus memenuhi standar medis jangan asal, misalkan bahan dari baju apd yang dipakai haruslah anti air dan kedap udara, kemudian menggunakan masker medis, sepatu, sarung tangan, helm shield dan kacamata medis.

Diagnosis pasien Covid-19

Awalnya dokter akan menanyakan apakah orang tersebut mengalami gejala Covid seperti demand an sebagainya, kemudian riwayat perjalanan beberapa waktu sebelum nya, lalu akan ditanyakan kepada orang tersebut apakah pernah kontak dengan pasien diduga tertular Covid. apa itu virus corona ( Covid 19 )

Kemudian untuk memastikan diagnosis dokter maka akan dilakukan tes :

  • Rapid tes sebagai penyaring apakah orang tersebut positif atau tidak saat itu
  • Swab test atau tes pcr akan mendeteksi virus corona melalui dahak pasien
  • Ct scan atau rontgen dada untuk mendeteksi apakah ada cairan di dalam paru-paru

Pengobatan yang dapat dilakukan kepada pasien positif

Belum ditemukan nya obat yang efektif untuk penanganan pasien Covid-19 menjadikan tenaga kesehatan harus lebih sigap karena pasien memiliki gejala yang berbeda beda. Namun ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala dan mencegah penyebaran virus nya:

  • Melakukan karantina di ruang isolasi rumah sakit bila sangat parah memang harus di rujuk ke rs, namun bila gejala ringan dan bahkan tanpa gejala dapat dilakukan isolasi mandiri dirumah
  • Memberikan beberapa obat efektif untuk meredakan demam dan nyeri yang aman untuk kondisi pasien Covid dan penting untuk tau pasien tersebut alergi atau tidak terhadap obat yang diberi.
  • Pasien yang sedang dirawat haruslah menjaga kondisi mental nya agar imunitasnya tidak turun sehingga akan lebih bugar kondisinya.
  • Minum banyak air putih dan menjaga kadar cairan tubuh

Komplikasi yang terjadi pada pasien Covid-19

  • Infeksi paru – paru (pneumonia)
  • Infeksi sekunder yang berpengaruh terhadap organ lain nya, seperti jantung dan hati
  • Mengalami gagal ginjal
  • Gagal nafas akut ( acute cardiac injury)
  • ARDS (acute respiratory distress syndrome)
  • Hingga kematian

Cara mencegah penularan virus Corona

Cara pencegahan penyebaram virus yang dapat diterapkan bersama yaitu :

  • Penerapan physical distancing ( jaga jarak minimal 1 meter dari orang lain) usahakan tidak keluar rumah bila tidak mendesak
  • Selalu memakai masker saat beraktifitas diluar ruangan atau tempat umum
  • Cusi tangan dengan sabun setelah melakukan aktifitas karena kita bisa tanpa sadar menyentuh banyak benda diluar , apabila tidak ada tempat cuci tangan bisa gunakan hand sanitizer dengan kadar alcohol minimal 70%
  • Jangan menyentuh mata, hidung dan mulut sebelum cuci tangan
  • Makan makanan yang sehat, atur pola hidup untuk meningkatkan imun tubuh
  • Hindari kontak dengan penderita Covid dan atau orang yang diduga tertular virus tersebut
  • Jaga kebersihan diri dan benda disekitaran yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya dengan desinfektan.
  • Saat bersin harus tutuo mulut dan hidung dengan tissue kemudian langsung buang ketempat sampah

Mengantisipasi Covid 19

Selalu perhatikan cara hidup kita mulai sekarang, jaga diri, keluarga dan lingkungan sekitar sehingga dapat mengurangi dampak penyebaran virus Covid-19. Jangan bingung apabila saat ini sulit sekali ditemukan barang keperluan medis untuk penanganan Corona karena di AGM MEDICA menjual berbagai keperluan APD, masker, antiseptic dan desinfektan. Semuanya sudah sesuai standar medis dan tidak perlu diragukan lagi karena banyak rumah sakit dan faskes yang sudah menggunakannya. Semoga kita semua selalu sehat dan terhindar dari virus Corona.

error: Content is protected !!