PATIENT MONITOR PENTING TIDAK YA ??

alat cek patient monitor

Saat dewasa ini sudah banyak alat kesehatan dengan teknologi yang sangat canggih dan memiliki fitur yang lengkap sehingga memudahkan tenaga medis dalam melakukan pemeriksaan dan penanganan terhadap pasien di rumah sakit. Salah satu alat yang digunakan di rumah sakit adalah patient monitor.

Bagi sebagian orang mungkin sudah mengetahui tentang patient monitor, bagaimana bentuk nya dan apa fungsinya untuk kesehatan. Tetapi banyak pula yang belum mengetahui bentuk serta fungsinya. Patient monitor erat kaitan nya dengan pasien yang berada diruang perawatan intensif seperti ruang IGD/ICU/NICU dan yang lainnya.

Mengapa demikian, hal ini dikarenakan patient monitor berfungsi untuk memantau kondisi pasien secara intensif agar perawat dan dokter dapat mengetahui apakah kondisi fisik pasien dalam keadaan baik atau tidak. Kondisi vital pasien merupakan patokan bagi perawat dan dokter dalam melakukan penanganan, mulai dari ritme denyut jantung, tekanan darah, respirasi/irama nafas, serta saturasi oksigen yang terkandung dalam darah pasien terpantau melalui patient monitor.

Memantau Kondisi Pasien

Ritme denyut jantung manusia normal nya diangka 60-100 denyut per menit, sehingga apabila denyut nya kurang dari itu maka kondisi jantung pasien sangat lemah. Tekanan darah /NIBP pasien harus selalu di cek oleh perawat dan dokter karena apabila tekanan nya terlalu tinggi dapat menyebabkan kegagalan fungsi anggota tubuh lain nya, parameter untuk tekanan darah normal yaitu 120/80.

Respirasi yang dimaksud dalam penjelasan merupakan kemampuan paru – paru dalam melakukan kegiatan pernafasan dalam satu menit, sangat berbahaya jika terjadi gagal nafas karena bisa menyebabkan kematian bagi pasien sehingga harus diperhatikan sekali kondisi vital pasien. Saturasi atau banyaknya jumlah oksigen dalam darah manusia erat kaitan nya dengan tingkat respirasi si pasien apabila saturasi nya rendah maka secara otomatis dapat menyebabkan tingkat respirasi nya juga rendah.

Semua parameter yang telah dijelaskan sudah ada di dalam patient monitor standar, namun ada beberapa patient monitor yang memiliki fitur yang lebih kompleks dan lebih lengkap . Dapat kita pahami dari penjelasan tersebut apa saja fungsi dari patient monitor, sehingga alat ini memang sangat penting untuk pasien yang membutuhkan perawatan intensif. Namun tidak boleh dipungkiri bahwa pemakaian alat tersebut harus selalu dipantau oleh perawat dan dokter, sehingga kondisi pasien selalu terjaga dengan baik.

Patient monitor memberikan laporan secara real time kepada tenaga medis saat membaca grafik yang tertera pada alat. Apabila ada hal yang buruk terjadi pada kondisi pasien maka alat tersebut akan berbunyi sehingga dapat dilakukan penanganan secara tanggap dan cepat. Namun, ada pula patient monitor yang memiliki fitur dimana tenaga medis hanya melihat kondisi pasien dari ruangan nya saja melalui komputer karena sudah terkoneksi dengan petient monitor nya.

Terdapat beberapa komponen dalam patient monitor seperti :

  • Preamplifer
  • Modul elektrode dan pasien kabel
  • Parameter semua kebutuhan
  • Monitor

Prinsip Kerja Patient Monitor

POWER SUPPLY BOARD :

  • Penyearah dan filter input tegangan AC
  • Penstabil dan penghasil tegangan DC untuk semua rangkaian
  • Baterai charger
  • Menghasilkan perintah power fail ke main board
  • Memilih on/off DC power supply dari front panel
  • Mematikan DC power supply, jika terjadi kerusakan pada power

LCD DISPLAY :

Menghasilkan gambar bagi tampilan sinyal – sinyal hasil pengukuran yang telah diolah dan didapatkan dari main prossesor board.

BACKLIGHT:

Tampilan bagi belakang layar dua tegangan anoda (200 v dan 6 KV), heater current kontrol grid voltage, arus katoda.

MAIN PROSESSOR BOARD

Fungsinya untuk, afirmware programed microcomputer, system timing, interface, pada rangkaian lainnya seperti display monitor, spiker front-end dan keyboard, alarm, recorder serta interface pada keluaran dan mini recorder.

KEYPAD

Fungsinya keypad board adalah untuk mengetik dan mengisi data-data pasien yang sedang diperiksa dan memberikan perintah-perintah untuk melakukan program yang akan dilakukan .

MAIN CONECTOR BOARD

Terdiri dari 3 fungsi blok: ECG/Defib syn, Unity, Auxilary port, Expansion and docking port.

Auxilary parameter board dibagi dalam 3 daerah operasi utama:

Input channel (2 pressure dan 2 temperatur)

Control dan A/D konversion dari front panel dan semua input channel

(pressure, temperatur, ECG, peripheral pulse dan respiration)

 Hal yang perlu diperhatikan:

  • Kebersihan probe
  • Grounding
  • Aksesoris
  • Lakukan pemeliharaan sesuai jadwal

Ingin mendapatkan patient monitor berkualitas??

Apakah saat ini anda sedang membutuhkan patient monitor? Anda dapat membelinya  di AGM Medica. AGM Medica menjual berbagai jenis dan merk patient monitor berkualitas. Mengapa harus membeli dari AGM Medica? Karena semua produk yang Anda beli di AGM Medica bergaransi resmi dan terjamin.

Anda berhak mendapatkan penggantian barang baru apabila alat kesehatan yang Anda terima dalam keadaan rusak atau cacat. Tidak perlu khawatir dengan kualitas alat patient monitor dari AGM Medica, karena semua produk yang dijual sudah ada ijin edar nya.

Semoga informasi yang kami sajikan dapat membantu anda, keep healthy all..

 

error: Content is protected !!