Penggunaan Dan Fungsi Otoscope

otoscope

Pentingnya menjaga kesehatan telinga

Telinga merupakan salah satu panca indra yang sangat penting bagi manusia, jika telinga mengalami masalah itu akan sangat mempengaruhi pendengaran. Memiliki telinga yang sehat adalah idaman bagi semua orang, namun bagaimana jika telingan kemasukan sesuatu? Tentu itu akan sangat mengganggu. Jika itu terjadi, anda tentu harus segera memeriksanya ke dokter THT.

Apa itu pemeriksaan telinga ?

Pemeriksaan telinga adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter spesialis THT (telinga, hidung, tenggorokan), untuk menilai keadaan dalam lubang dan gendang telinga. Prosedur ini juga dikenal dengan istilah otoskopi dan menggunakan alat bernama otoskop.

otoscope

Kenapa pemeriksaan telinga diperlukan ?

Tujuan pemeriksaan telinga adalah untuk mengevaluasi keadaan bagian dalam liang telinga dan kondisi gendang telinga. Prosedur ini mungkin dibutuhkan bila Anda mengalami:

  • Trauma kepala
  • Infeksi telinga
  • Gendang telinga yang tertusuk atau robek
  • Nyeri pada telinga
  • Penurunan fungsi pendengaran
  • Telinga berdengung (tinnitus)
  • Gangguan telinga lainnya

Apa saja risiko pemeriksaan telinga ?

Otoskopi termasuk pemeriksaan yang relatif aman. Tapi sama seperti prosedur medis lainnya, pemeriksaan teinga ini juga memiliki risiko.

Salah satu risiko pemeriksaan telinga adalah adanya penyebaran infeksi dari satu telinga ke telinga lain bila otoskop tidak dibersihkan terlebih dulu sebelum atau sesudah digunakan.

Cara kerja otoscope

Otoscope ialah alat yang digunakan untuk memeriksa telinga. Otoscope adalah perangkat pemeriksa telinga yang memiliki cahaya dan juga lensa pembesar pada ujungnya, sehingga dapat melihat bagian dalam telinga hingga telinga bagian tengah. Sebelum menggunakan alat otoscope, dokter akan melihat bagian luar telinga, daun telinga terlihat normal atau tidak, begitu juga dengan muara pada lubang telinga. Dalam memegang alat otoscope terdiri dari dua cara yaitu seperti memegang pensil dan memegang pistol. Memegang dengan cara seperti memegang pensil menggunakan ibu jari dan jari telunjuk sedangkan jari manis dan jari kelingking menempel pada wajah pasien. Jika memegang dengan cara seperti memegang pistol, yang menempel pada wajah pasien adalah bagian belakang dari jari telunjuk. Dalam menghasilkan visualisasi liang telinga yang baik, alat digerakan kebeberapa arah pada pemeriksaan membra timpani dan liang telinga luar. Sebelumnya daun telinga ditarik agar lubang telinga terlihat lurus sehingga hasilnya akan lebih baik.

Otoscope dapat mendeteksi cairan yang berada dalam telinga bagian tengah dan jika mungkin terjadi infeksi maka akan timbul gejala yang terlihat seperti, membengkaknya gendang telinga, lubang berbentuk pada gendang telinga, warna bagian tengah telinga berbeda dari biasanya, dan pada kanal telinga muncul cairan. Alat ini sangat berguna untuk memeriksa apakah ada penyumbatan pada bagian tengah telinga atau tidak. Selain itu alat ini juga berguna untuk meniupkan udara pada telinga pada saat pemeriksaan. Jika saat udara ditiup dan benar ada penyumbatan, maka kemungkinan telinga terjadi infeksi. Gendang telinga tidak akan bergerak jika tersumbat dan akan bergerak jika saluran eustachius tidak tersumbat alias bersih.

Jual Otoscope

Bisa anda dapatkan dengan harga terbaik di AGM medica Yogyakarta. Kami adalah distributor alat kesehatan terlengkap dan termurah. Menjual berbagai macam produk alat – alat medis untuk kebutuhan rumah sakit dan klinik dengan kualitas terjamin. Segera hubungi kontak kami untuk informasi produk lebih lengkap, harga terbaru dan untuk pemesanan.

 

error: Content is protected !!