Penjelasan Lengkap Mengenai Aseptik

Apa itu Aseptik?

Aseptik yang berarti bebas dari infeksi. Aseptik adalah keadaan bebas dari mikroorganisme penyebab penyakit. Teknik aseptik/asepsis adalah segala upaya yang dilakukan untuk mencegah masuknya mikroorganisme ke dalam tubuh yang memiliki kemungkinan besar untuk menyebabkan infeksi. Tindakan asepsis ini bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan mikroorganisme yang terdapat pada permukaan benda hidup atau benda mati. Tindakan ini meliputi antisepis, desinfeksi, dan sterilisasi. Untuk itu, diperlukan perlakuan khusus pada alat dan bahan operasi, lapangan operasi, operator, dan asisten sebagai pelaksana. Teknik aseptik digunakan untuk mengurangi risiko infeksi pasca-prosedur dan untuk meminimalkan paparan dari penyedia layanan kesehatan untuk mikroorganisme yang berpotensi menular.

Antisepsis merupakan upaya pencegahan infeksi dengan membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada kulit dan jaringan tubuh lainnya. Bahan yang digunakan disebut antiseptik. Antiseptik adalah bahan yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan kuman, ada yang bersifat sporosidal (membunuh spora) dan non sporosidal, digunakan pada jaringan hidup khusus yaitu kulit dan selaput lendir. Antiseptik harus dibedakan dengan obat seperti antibiotik yang dapat membunuh mikroorganisme di dalam tubuh desinfektan yang digunakan untuk membunuh mikroorganisme yang terdapat pada benda mati. Perlu diperhatikan adanya reaksi atau riwayat alergi terhadap iodium.

Jenis antiseptik yang digunakan

Cairan Aseptik yang sering digunakan memiliki bermacam-macam jenis serta contohnya, berikut jenis-jenis cairan yang digunakan.

  • Alcohol

Alkohol merupakan disinfektan yang banyak dipakai untuk peralatan medis. Umumnya yang digunakan  sebagai disinfektan adalah etil alkohol dan isopropil alcohol dengan konsentrasi 60-90%, tidak bersifat korosif terhadap logam, cepat menguap, dan dapat merusak bahan yang terbuat dari karet atau plastik.

  • Povidone iodine

Povidone iodine adalah obat luar yang berfungsi sebagai antiseptik, yang umumnya digunakan untuk membersihkan serta membunuh bakteri, jamur, dan virus pada daerah kulit, termasuk kulit yang yang terdapat luka, misalnya karena cedera atau tersayat  pisau. Sebagai antiseptik kulit, povidone iodine tersedia dalam bentuk cairan, semprot, salep, atau cotton bud (swab). Selain untuk kulit, povidone iodine tersedia dalam bentuk cairan pembersih vagina dan obat kumur, yang juga berfungsi sebagai antiseptik.

  • Chlorhexidine Gluconate

Chlorhexidine merupakan obat antiseptik yang dapat digunakan untuk mengobati serta mencegah terjadinya radang gusi (gingivitis). Obat ini juga bisa digunakan untuk membersihkan kulit pada area luka, area yang akan disuntik, atau area yang akan dioperasi. Selain itu, chlorhexidine bisa digunakan oleh dokter bedah untuk membersihkan tangannya sebelum melakukan operasi. Fungsi utama dari Chlorhexidine adalah bekerja dengan cara membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri.

  • Triclosan

Triclosan merupakan kandungan antijamur dan antibakteri yang umumnya ditemukan pada produk-produk deterjen, sabun mandi rumahan, dan pembersih alat-alat medis di rumah sakit. Triclosan kini juga dapat digunakan pada produk kosmetik, pakaian, furnitur, peralatan masak, dan mainan untuk mencegah kontaminasi bakteri.Meski termasuk kelompok obat antibakteri, kemanjuran triclosan sebagai agen antimikroba masih menjadi kontroversi. Di satu sisi, produk pasta gigi yang mengandung triclosan terbukti berhasil mencegah terjadinya radang gusi atau gingivitis, namun penambahan zat ini ke dalam sabun diduga tidak memberikan manfaat tambahan.Selain manfaatnya yang masih kontroversial, efek samping triclosan juga masih dikaji. Ada pendapat yang mengatakan bahwa penggunaan triclosan dapat mengganggu perkembangan hormon dan memicu resistensi pada bakteri.

AGM MEDICA INFO KESEHATAN

Sekian informasi mengenai Aseptik serta cara mengetahui kefektifannya, yang bisa saya bagikan. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan anda. Sekian dan terima kasih.

error: Content is protected !!