3 Jenis Alat Terapi Teknologi Infrared dan Cara Kerjanya

Alat Terapi Teknologi Infrared

Alat Terapi infrared– Semakin hari, teknologi semakin mengalami perkembangan. Salah satunya teknologi dalam dunia kesehatan. Hal-hal yang dulunya dilakukan secara konvensional, dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan teknologi. Salah satu teknologi yang banyak membantu dalam dunia kesehatan adalah teknologi infrared.

Apa itu Teknologi Infrared?

Teknologi infrared merupakan sebuah teknologi yang mampu memancarkan cahaya panas atau radiasi elektromagnetik yang menimbulkan efek hangat dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Sinar infrared dapat menjadi alat terapi untuk mengurangi rasa nyeri akut pada bagian tubuh. Penggunaan infrared yang tepat, dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Akan tetapi sebaliknya, terlalu sering menggunakan infrared juga dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit. Oleh karena itu, pemakaian infrared disarankan 15 menit saja dalam sekali pemakaian.

Cahaya infra merah merupakan cahaya yang tidak tampak. Jika dilihat dengan spektroskop cahaya maka radiasi cahaya infra merah akan tampak pada spektrum elektromagnet dengan panjang gelombang di atas panjang gelombang cahaya merah. Dengan panjang gelombang ini maka cahaya infra merah ini akan tidak tampak oleh mata namun radiasi panas yang ditimbulkannya masih terasa/dideteksi.

infrared LED
infrared LED

Cara kerja infrared

Pada dasarnya komponen yang menghasilkan panas juga menghasilkan radiasi infra merah termasuk tubuh manusia maupun tubuh binatang. Cahaya infra merah, walaupun mempunyai panjang gelombang yang sangat panjang tetap tidak dapat menembus bahan-bahan yang tidak dapat melewatkan cahaya yang tampak sehingga cahaya infra merah tetap mempunyai karakteristik seperti halnya cahaya yang tampak oleh mata.

Pada pembuatan komponen yang dikhususkan untuk penerima infra merah lubang untuk menerima cahaya (window) sudah dibuat khusus sehingga dapat mengurangi interferensi dari cahaya non-infra merah. Oleh sebab itu sensor infra merah yang baik biasanya jendelanya (pelapis yang terbuat dari silikon) berwarna biru tua keungu-unguan. Sensor ini biasanya digunakan untuk aplikasi inrfa merah yang digunakan diluar rumah (outdoor).

Teknologi Infrared di Dunia Medis

Dalam menghadapi pandemi covid-19, banyak kita temui contoh penggunaan teknologi infrared, misalnya penggunaan termometer tembak yang menggunakan teknologi sinar infra merah. Termometer tembak kini banyak dijumpai di tempat-tempat keramaian, seperti stasiun MRT, bandara, hingga di pintu masuk di sejumlah kantor. Alat ini dipakai untuk mengukur suhu tubuh, sebagai pencegahan penyebaran virus corona. Petugas biasanya akan mengarahkan termometer ke kening orang yang akan diukur suhunya. Sinar laser merah membantu petugas mengarahkan bagian yang ingin diukur. Suhu badan kemudian akan ditampilkan di layar di bagian belakang. Pengukuran suhu itu ternyata menggunakan sinar inframerah (infrared/IR).

cek suhu dengan termometer tembak infrared
cek suhu dengan termometer tembak infrared

Lantas, pernahkah terlintas di benak Anda bagaimana cara kerja perangkat tersebut? Sebelum mengetahui cara kerjanya, mari kita bahas apa itu termometer inframerah. Tidak seperti termometer biasa. Seperti namanya, termometer inframerah, atau biasa disebut termometer tembak, adalah sejenis pengukur suhu berbentuk mirip gagang pistol, yang bisa mendeteksi temperatur sebuah objek. Alih-alih termometer konvensional yang menggunakan medium cairan (alkohol/raksa) atau sensor, termometer infrared bisa mendeteksi suhu sebuah benda dengan hanya membidikkannya ke objek yang bersangkutan. Hanya saja, tingkat akurasi alat memang tergantung jarak antara termometer dan objek. Artinya, lebih dekat sang alat dengan permukaan objek, maka semakin akurat pula hasilnya. Selain itu, pemindaian suhu dengan termometer tembak juga lebih cepat dibanding termometer konvensional, di mana perangkat infrared itu bisa mendeteksi suhu dalam hitungan detik.

Selain yang sering anda jumpai belakangan ini Ketika menghadapi wabah covid-19, sinar infra merah juga memiliki segudang kegunaan lain yakni slah satunya dalam terapi terhadap berbagai permasalahan Kesehatan yang dialami masyarakat.

Jenis Alat Terapi Infrared

Banyak sekali model dan jenis alat terapi infrared, mulai dari yang portabel hingga yang static. Akan tetapi, infrared yang paling banyak diminati adalah infrared dengan model portabel. Jenis model ini memungkinkan pengguna untuk membawa atau memindahkannya ke mana saja dengan mudah. Berikut adalah jenis alat terapi infrared.

Infrared Lamp 4003/2N Fysiomed

Infrared Lamp 4003 2N Fysiomed
Infrared Lamp 4003/2N Fysiomed

Model pertama adalah infrared lamp 4003/2N Fysiomed. Alat terapi infrared model ini menggunakan jenis lampu Thermo Quartz 4003/2N. Sama halnya dengan fungsi infrared pada umumnya, infrared ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, mempercepat penyembuhan jaringan, serta membantu sel tubuh meregenerasi diri. Infrared tipe ini memiliki komponen antara lain, IR quartz-emitter 400 W dengan output tinggi, on mobile stand, parabolic refelector dengan diameter 40 cm, pengatur ketinggian hingga 1,95 meter, 60 minute timer with interrupter, on/off swich, serta pilot lamp.

Lampu Infrared Thermo Six Fysiomed

Lampu Infrared Thermo Six Fysiomed
Lampu Infrared Thermo Six Fysiomed

Sama dengan alat terapi infrared tipe sebelumnya, tipe ini juga memiliki fungsi yang sama. Jenisnya pun juga mobile, yang mudah dipindahkan kapan pun dan dimanapun. Perbedaannya hanya pada komponennya. Tipe Lampu Infrared Thermo Six Fysiomed ini memiliki komponen antara lain, infrared lamp pada 6 titik, bingkai lampu yang dilapisi plastik berwarna putih, rolling stand persegi, colour adjustment bars, timer, lighted on/off switch, lengan khusus yang dapat diputar hingga 90 derajat, serta pengatur tinggi dari 137 cm hingga 205 cm.

Lampu Infrared Thermo Three Fysiomed

Thermo Three Fysiomed
Lampu Infrared Thermo Three Fysiomed

Model alat etrapi infrared terakhir adalah Lampu Infrared Thermo Three Fysiomed. Berbeda dengan infrared model Thermo Six Fysiomed, infrared jenis ini hanya memiliki lampu infrared dengan 3 titik yang dapat diaktifkan secara terpisah dengan daya masing-masing 150W. Komponen lain dalam infrared jenis ini antara lain, bingkai pelingdung berwarna puth, rolling stand persegi, colour adjustment bars, safety grid, timer, lighted on/off switch, lengan yang dapat diputar hingga 90 derajat, dan juga pengatur tinggi dari 137 cm hingga 205 cm.

Itulah 3 jenis alat terapi infrared dengan spesifikasinya masing-masing. Alat tersebut dapat didapatkan melalui distributor alat kesehatan. Untuk mendapatkan alat terapi infrared sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang telah ditetapkan, sebaiknya Anda membelinya di distributor alat kesehatan terpercaya dan berpengalaman. Salah satunya adalah AGM Medica. Selain terpercaya dan berpengalaman, distributor alat kesehatan satu ini juga memberikan layanan purna jual dengan memberikan garansi kepada setiap pembelian barang. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir apabila terjadi kerusakan atau cacat bawaan pada barang yang Anda beli.

error: Content is protected !!