6 Alat Kedokteran Umum yang Sering Dipakai

6 Alat Kedokteran Umum yang Sering Dipakai (2)

Bagi dokter penggunaan peralatan kesehatan itu mutlak diperlukan, sebab dengan adanya alat tersebut sangat membantu dalam mendiagnosa penyakit pasien. Dalam melakukan pemeriksaan banyak sekali peralatan kedoteran yang ada di ruangan pemeriksaan, namun sebenarnya secara umum terdapat peralatan-peralatan tertentu yang digunakan oleh dokter dalam mendiagnosa atau memeriksa keadaan pasien.

Berikut sejumlah alat medis yang sering digunakan oleh dokter saat melakukan pemeriksaan kesehatan pasien.

Stetoskop.

Siapa yang tidak mengenal alat yang satu ini. Alat ini identik dengan dokter, karena biasanya dokter memakainya untuk memeriksa kondisi pasien. Dengan alat ini dokter dapat mendengarkan denyut jantung, paru-paru, dan juga aliran darah pada pembuluh arteri dan vena. Dapat pula digunakan untuk memeriksa gangguan pada usus dan lambung.

Selain digunakan untuk mendiagnosa secara umum, kadang digunakan pula dalam diagnosa penyakit khusus. Pasien dengan kondisi mengidap penyakit bronkhitis, paru-paru, bahkan penyakit jantung juga diperiksa menggunakan alat ini. Alat ini juga sering bersanding dengan sphgmomanometer untuk membantu pengukuran tekanan darah.

Sejak pertama kali deitemuka pada tahun 1819, alat ini telah banyak berkembang. Telah ada jenis stetoskop elektronik yang mampu mendeteksi dengan lebih peka terhadap kondisi pasien yang langsung dikoneksikan dengan komputer untuk dapat didiagnosa lebih lanjut.

Otoskop (Otoscope)

alat instrumen

OTOSCOPE RENZ

Otoskop adalah alat kesehatan yang digunakan dokter untuk menganalisa liang telinga pasien. Alat ini sering digunakan saat memeriksa pasien yang mengalami infeksi telinga, mengalami telinga berdengin (tinnitus), pusing, dan lainnya. Lebih sering digunakan oleh dokter THT.

Thermometer

thermometer

Thermometer adalah alat yang paling dikenal oleh pasien. Fungsi dari alat ini sendiri adalah untuk mengukur suhu tubuh pasien. Jenisnya ada berbagai macam, seperti tensimeter oral dan resital, termometer digital, dan termometer telinga.

Penlight atau Senter Medis

Pen Torch

Alat ini berbentuk seperti pulpen yang dilengkapi dengan senter. Dengan alat ini dapat membantu dokter dalam memeriksa mulut, telinga, hidung, tenggorokan, atau mata pasien. Dokter wajib memiliki alat ini sehingga kapanpun dibutuhkan dapat segera digunakan.

Tensimeter

Tensimeter adalah alat yang juga paling sering digunakan oleh dokter. Bahkan semua tenaga medis lainnya juga menggunakan alat ini., Kegunaan alat ini untuk mengecek tekanan sistolik dan diastolik pasien. Tekanan darah ini akan mendeskripsikan kondisi kesehatan pasien. Dalam perkembangannya bahkan telah terdapat tensimeter digital yang praktis dan dapat digunakan oleh siapa saja.

Timbangan/Neraca

Siapa yang tidak pernah melihat alat yang satu ini di ruang pemeriksaan. Ya, alat ini selalu ada dan menjadi salah satu alat diagnosa kesehatan pasien oleh dokter. Selain itu biasanya juga terdapat alat pengukur tinggi badan untuk dapat menentukan indeks massa tubuh pasien.

timbangan

Banyak sekali alat kesehatan yang dibutuhkan oleh dokter maupun rumah sakit dalam mendiagnosa penyakit suatu pasien. Namun peralatan tersebut merupakan alat yang pasti ada dan digunakan oleh dokter umum dalam mendiagnosa penyakit pasien.

error: Content is protected !!