PENTINGNYA KESEHATAN PADA IBU HAMIL

Menjaga kandungan sangatlah penting wahai sang ibu, agar bayi di dalam kandungan sehat walafiat saat dilahirkan. Pentingnya Kesehatan pada ibu hamil harus Hindari Kebiasaan yang tidak sehat, seperti merokok dan begadang rentan menimbulkan masalah yang berdampak pada bayi, terutama saat melahirkan nanti.Dan wajib untuk merubah pola hidup seperti kebiasaan dan asupan sehari – hari, antara lain :

  • Rutin Periksa diri kedokter kandungan

Nutrisi ibu hamil Sangat diperlukan, hingga petunjuk aktivitas fisik yang aman. Dokter juga akan memeriksa kondisi kesehatan dan tekanan darah, serta mengukur berat badan ibu hamil.

  • kebutuhan AsamFolat Yang harus di cukupi

Asam Folat berperan dalam melindungi janin dari risiko kelainan otak dan sumsum tulang belakang. Sang janin membutuhkan Asam Folat sebanyak 400 mcg setiap harinya. Sumber makanan yang mengandung Asam Folat adalah bayam, asparagus, brokoli, jeruk agar kesehatan pada ibu hamil dan sang jabang bayi sehat.

  • Tidak merokok

Janin yang terkena dampak asap rokok pun bisa mengalami kondisi berat badan rendah pada saat lahir nanti. ibu hamil yang merokok memiliki risiko keguguran lebih tinggi. Karena itu tidak diperbolehkan untuk merokok.

  • Mengkonsumsi obat2an yang di sarankan oleh dokter

Apabila mengalami demam, pusing ataupun batuk. Tidak langsung mengkonsumsi obat apotik karena Obat-obatan tersebut mungkin saja berdampak negatif bagi sang janin. Agar lebih aman, konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi obat guna menjaga kesehatan dan petumbuhan janin.

  • Olah raga yang cukup

Dalam beberapa masalah pada kelahiran adalah kelemahan pada sang ibu, adapun nafas yang tak teratur atau tak panjang sampai fisik yang lemah. Dengan berolahraga / senam ibu hamil

  • Memperhatikan makanan ibu hamil

Pada trimester pertama, Ibu hamil tidak memerlukan terlalu banyak kalori. Hati-hati juga dalam memilih makanan. makanan-makanan seperti telur setengah matang atau mentah, kerang mengandung merkuri tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini karena ibu hamil lebih rentan terserang bakteri dari hidangan yang belum matang.

  • Gejala morning sickness

Morning sickness kerap dialami ibu hamil pada trimester pertama. Si ibu merasakan mual sebagai gejala kehamilan yang paling nyata, karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Mual dan muntah bias terjadi sepanjang hari, namun yang terburuk adalah pada pagi hari. Ibu dapat mensiasatinya dengan mengonsumsi makanan tinggi Protein, seperti keju, daging, susu ibu hamil, atau biskuit. Pilihan lain adalah jus. Apabila kondisi mual dan muntahnya tidak kunjung mereda,sebaiknya berkonsultasi kepada dokter. Agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Di masa kehamilan, tubuh mengalami perubahan yang signifikan, secara otomatis sering merasa kelelahan dan mual. Mayo Foundation for Medical Education & Research dalam situsnya menuliskan bahwa perubahan tersebut tidak hanya mempengaruhi fisik, melainkan juga kondisi emosi ibu hamil. Akibatnya, kestabilan emosi terganggu dan mengalami baby blues, sebisa mungkin untuk cara menangani baby blues

agmmedica.com menyarankan cobalah untuk berjalan di pagi atau malam hari. Saat berjalan di pagi hari,kenapa bisa seperti itu, dikarenakan di saat pagi hari suasana sangat mendukung udara yang segar dapat membuat rilex, suara burung membuat tenang. Ajak pasangan untuk menemani agar suasana terasa lebih menyenangkan.

error: Content is protected !!