Mau Lakukan Tindakan Medis? Ini Alat Alat Medis yang Sering Digunakan

alat medis

AGMMedica.com | Tindakan medis adalah tindakan professional oleh dokter terhadap pasien dengan tujuan memelihara, meningkatkan, memulihkan kesehatan, atau menghilangkan atau mengurangi penderitaan. meski memang harus dilakukan, tetapi tindakan medis tersebut ada kalanya atau sering dirasa tidak menyenangkan.

Tindakan medis adalah suatu tindakan seharusnya hanya boleh dilakukan oleh para tenaga medis, karena tindakan itu ditujukan terutama bagi pasien yang mengalami gangguan kesehatan.

Oleh karena itu ketika seorang dokter hendak melakukan tindakan medis pada pasien, butuh persiapan yang harus dilakukan oleh seorang dokter agar tidak dikategorikan sebagai malpraktik dan kesalahan lainnya.

Alat-alat untuk tindakan medis

Salah satunya adalah persiapan dokter dalam beberapa alat alat medis yang bisa memperlancar proses penyelamatan pasien ini. Alat-alat yang digunakan pun adalah alat-alat yang memenuhi syarat dan dapat membantu proses dalam tindakan medis yang akan dilakukan. Lalu apa saja alat-alat yang diperlukan untuk melakukan tindakan medis itu?

  1. Sarung tangan medis. Gunanya untuk melindungi tangan tenaga medis dari pengaruh di sekitarnya. Dengan begitu keamanan proses tindakan medis juga akan terjamin.
  2. Kateter (cathether) adalah alat medis yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk memasukkan atau mengeluarkan cairan di dalam tubuh. Seringnya, alat ini dimasukkan lewat uretra untuk mengeluarkan urine. Dilihat dari bahannya, kateter ini ada yang terbuat dari karet dan ada juga yang dibuat dari stainlessteel.
  3. Kantong urine (urine bag) adalah alat untuk menamping urine pasien. Alat ini sering diperlukan untuk dipasang pada pasien yang tidak dapat bergerak normal.
  4. Gunting bedah (surgical scissors) dibutuhkan jika butuh melakukan pembedahan.
  5. Gunting perban (Bandage Scissors)berfungsi untuk dipakai saat henndak menggunting perban atau kassa.
  6. Baju operasi juga diperlukan jika perlu dilakukan tindakan operasi. Dokter akan mengenakan pakaian ini sebagai standar dalam sebuah langkah operasi yang dilakukan.
  7. Jika tindakan medis perlu dilakukan pada organ tertentu, terkadang perlu menggunakan spekulum. Alat ini ada yang digunakan untuk hidung, organ kewanitaan, dan telinga.
  8. Mesin elektrokardiograf (EKG) dipergunakan untuk mendeteksi kelainan yang terjadi pada jantung. Sering kalai alat ini diperlukan sebagai alat tambahan ketika tindakan medis dilakukan.
  9. Feeding tube adalah alat untuk membantu memasukkan cairan makanan ke dalam tubuh pasien. Alat ini diperlukan jika kondisi pasien masih lemah atau sulit untuk makan.
  10. Pinset. Meski bentuknya kecil, tapi pinset ini sering kali diperlukan saat melakukan tindakan medis. Kegunaannya adalah untuk menjepit sesuatu, misalnya kasa atau jaringan. Dengan adanya inset ini, proses tindakan medis akan lebih mudah dilakukan.

Alat-alat tersebut merupakan beberapa alat-alat yang sering kali diperlukan ketika hendak melakukan sebuah tindakan medis. Pastikan alat-alat ini selalu tersedia di rumah sakit, klinik, maupun ruang praktek. Sehingga kapanpun diperlukan, sebagai tenaga medis, penanganan yang tepat dapat segera dilaksanakan. Jangan sampai terjadi kekurangan alat atau kesalahan penanganan pasien hanyak karena kekurangan alat kesehatan dalam menunjang proses tindakan medis.

Distributor Alat Medis Terlengkap dan terpercaya

Kabar baik untuk kamu, karena kini telah hadir supplier alat kesehatan terlengkap dan termurah AGM Medica. Di AGM Medica kamu bisa membeli alat cek darah dengan harga terjangkau dan bergaransi. Kamu bisa beli juga satu set lengkap alat tersebut. Yuk Hubungi Customer service kami dengan mengeklik tombol berikut.

error: Content is protected !!