6 Alat Kesehatan Umum Dan Fungsinya

Pernahkah Anda ke rumah sakit hanya untuk menemukan alat kesehatan yang menarik tetapi tidak memiliki petunjuk untuk apa alat itu digunakan? Ya, itu biasa terjadi pada saya sebelum saya pergi ke sekolah kedokteran, dan saya yakin kita semua bisa berhubungan dengan ini.

Umat manusia telah mendapat manfaat dari pengembangan alat sehari-hari yang dulunya tidak ada tetapi sekarang hampir tidak tergantikan. Contoh yang jelas adalah pengembangan smartphone, bagi banyak dari kita, kita bahkan tidak mengerti bagaimana kita menggunakan ponsel yang tidak bisa mengambil foto atau membiarkan kita bermain game yang bagus di masa lalu. Dunia medis tidak ketinggalan dalam pengembangan alat, hari ini, kehidupan petugas kesehatan jauh lebih mudah daripada sebelumnya, pasien sekarang dapat dipenuhi untuk menggunakan peralatan yang luar biasa yang membantu diagnosis dan bahkan perawatan banyak orang.

6 Alat Rumah Sakit Umum dan Fungsinya

Pada artikel ini, kita akan menjabarkan 6 alat rumah sakit umum dan menjelaskan fungsi masing-masing. Mari kita simak:

1. Stetoskop

Ini mungkin yang paling terkenal. Ini telah menjadi simbol pekerjaan bagi dokter dan perawat. Kenyataannya, banyak orang membawa-bawa, stetoskop dapat dengan mudah ditemukan di tas, mobil, rumah atau bahkan tergantung di leher banyak petugas kesehatan.

Alat Kesehatan Umum Dan Fungsinya : stetoskop

Bahkan ada sejarah lucu tentang penemuannya oleh seorang dokter Prancis yang tidak nyaman menempatkan telinganya langsung di dada pasien wanita (itu umum bagi dokter untuk menempatkan telinga mereka di dada pasien untuk mendengarkan hati dan paru-paru).

Stetoskop membantu dokter mendengarkan suara tubuh pasien yang berbeda. Mereka dapat digunakan untuk memeriksa bunyi jantung, bunyi paru-paru atau bahkan bunyi usus di perut. Mereka juga dapat digunakan untuk memeriksa tekanan darah secara manual dengan sphygmomanometer. (Saya menulis tinjauan stetoskop terperinci, Anda dapat memeriksanya di sini.)

Saat ini, stetoskop terlihat sangat berbeda dari apa yang tampak tidak lama setelah ditemukan. Hari-hari itu, mereka tampak seperti terompet, dengan satu lubang suara. Saat ini, kami bahkan memiliki stetoskop digital yang dapat mengambil suara frekuensi sangat rendah dan menguatkannya cukup keras untuk didengarkan oleh dokter dan pasien. Beberapa merek bahkan datang dengan fungsi-fungsi seperti konektivitas Bluetooth dan rekaman suara.

2. Sphygmomanometer

Perangkat ini digunakan untuk memeriksa tekanan darah dan datang dalam dua jenis. Yang manual dan yang digital.

Jenis yang mungkin lebih populer di rumah sakit adalah yang manual. Ini sering bekerja dengan merkuri. Ketika manset dioleskan ke lengan pasien dan kemudian dipompa, tekanan naik di lengan dan karenanya memotong suplai darah pada tekanan tertentu. Stetoskop kemudian digunakan untuk mengidentifikasi bunyi tertentu (bunyi Korotkoff) yang digunakan petugas kesehatan untuk menentukan tekanan darah seseorang. Tekanan biasanya membacakan alat ukur yang dikalibrasi.

Sphygmomanometer dan fungsinya

Yang digital lebih bagus, dilengkapi dengan layar elektronik, bertenaga baterai atau AC, dan tidak memerlukan stetoskop. Hal lain yang menarik tentang yang digital adalah dapat digunakan di rumah sendiri tanpa memerlukan bantuan siapa pun.

Pembacaan tekanan darah biasanya memiliki dua angka yang dipisahkan oleh ‘/’, terlihat seperti ini: XX / YY.

Angka di sebelah kiri disebut tekanan darah sistolik (tekanan darah ketika jantung berkontraksi) sedangkan angka di sebelah kanan adalah tekanan darah diastolik (tekanan darah saat jantung rileks).

3. Pen Torch

Orang mungkin bertanya-tanya mengapa alat ini ada di daftar ini. Tetapi jika Anda melihat dengan teliti meja dokter Anda, Anda mungkin melihat sesuatu yang terlihat seperti pena yang sangat besar. Ini adalah alat yang sangat vital untuk penilaian pasien.

Pen Torch

Ini digunakan untuk memeriksa mata (periksa refleks pupil), juga digunakan untuk melihat lubang seperti mulut dan hidung. Di mulut, dapat digunakan untuk memeriksa gusi, lidah, gigi, dan amandel. Tonsilitis cukup umum, dan Anda tidak dapat benar-benar melihat amandel seseorang dengan jelas tanpa menyinari mereka dengan sumber cahaya, lebih disukai dari Pen Torch.

4. Pita Pengukur

Dalam kedokteran, akurasi dan ketepatan sangat penting. Apakah itu untuk mengukur ukuran kepala bayi untuk melihat seberapa baik pertumbuhan anak, untuk mengukur perut wanita hamil untuk menilai perkembangan bayi atau untuk memeriksa ukuran pembengkakan yang tidak normal, pita pengukur adalah alat yang sangat diperlukan dalam rumah sakit atau klinik.

Bahkan, Anda sangat mungkin melihatnya di tempat terbuka jika Anda mengunjungi dokter kandungan selama klinik antenatal.

5. Reflex Hammer

Mungkin bukan palu yang Anda bayangkan dan tidak digunakan untuk memecahkan barang. Sebaliknya, alat unik ini memiliki kepala yang kuat atau karet yang digunakan untuk memeriksa refleks dalam sistem saraf.

Reflex Hammer

Misalnya, penyakit tertentu seperti stroke dan diabetes dapat menyebabkan masalah pada sistem saraf seseorang. Palu refleks dapat digunakan untuk memukul dengan lembut tendon yang melintasi sendi tertentu seperti lutut dan pergelangan kaki untuk melihat apakah otot akan tersentak di bawah refleks. Tes umum yang digunakan untuk memeriksa perangkat ini adalah refleks spontan.

6. Otoscope

Ketika Anda mendengar kata ‘oto’ dalam pengobatan, biasanya merujuk ke telinga. Sebagai contoh, ahli THT adalah dokter yang berspesialisasi dalam merawat telinga, hidung, dan tenggorokan. Dalam nada yang sama, otoskop adalah alat yang digunakan untuk memeriksa telinga.

Mereka biasanya memiliki sumber cahaya, pegangan dan lensa yang melaluinya seorang dokter dapat mengintip ke dalam saluran telinga untuk melihat gendang telinga (membran timpani).

Mereka dapat digunakan untuk mendiagnosis kondisi seperti penyumbatan kotoran telinga, otitis media dan untuk menyelidiki masalah pendengaran lainnya.

 


Ingin mendapatkan Alat Kesehatan berkualitas??

Apakah saat ini anda sedang membutuhkan patient monitor? alat EKG? atau kursi roda? Anda dapat membelinya di AGM Medica. AGM Medica menjual berbagai jenis dan merk alat kesehatan  berkualitas. Mengapa harus membeli dari AGM Medica? Karena semua produk yang Anda beli di AGM Medica bergaransi resmi dan terjamin. Anda berhak mendapatkan penggantian barang baru apabila alat kesehatan yang Anda terima dalam keadaan rusak atau cacat. Tidak perlu khawatir dengan kualitas alat patient monitor dari AGM Medica, karena semua produk yang dijual sudah ada ijin edar nya.

Semoga informasi yang kami sajikan dapat membantu anda, keep healthy all..

error: Content is protected !!