Manfaat Ubi Jalar Kaya Antioksidan

Manfaat ubi jalar

Manfaat Ubi Jalar kaya akan antioksidan, akan membantu Anda mengatasi masalah kesehatan. Ubi jalar juga sehat untuk program diet Anda.

Ubi jalar dalam Bahasa Inggris di sebut juga Sweet Potato. Nama latinnya adalah Ipomoea Batatasi¸ yaitu umbi bawah tanah.

Kaya akan antioksidan, di sebut juga beta karoten yang sangat efektif untuk meningkatkan kadar vitamin A dalam darah, terutama untuk anak-anak.

Selain kaya akan nutrisi, manfaat Ubi Jalar lainnya juga bisa mengenyangkan perut, tanpa takut tubuh menumpuk lemak berlebih.

Perbedaan Ubi Jalan dengan Ubi Biasa

Ubi jalar bergizi, tinggi serat, sangat mengenyangkan, dan lezat. Cara memasaknya bisa dengan di rebus, di panggang, dikukus, atau digoreng.

Ubi jalar biasanya berwarna oranye tetapi juga ada di beberapa warna lain, seperti putih, merah, merah muda, ungu, kuning, dan ungu.

Sesuai namanya, Ubi Jalar atau dalam Bahasa Inggris Sweet Potato, memiliki rasanya yang lebih manis di bandingkan ubi biasa.

Banyak orang mengganti Ubi biasa dengan Ubi Jalar, karena kandungan nutrisinya yang lebih sehat, meski keduanya tetap mengandung air, karbohidrat, lemak, dan protein yang sama.

Bedanya, Ubi Jalar memiliki GI yang lebih rendah, artinya jumlah gula lebih rendah dan serta yang lebih tinggi.

Baik Ubi Jalar atau Ubi biasa memiliki vitamin C dan potasium yang tinggi. Beta Karoten di dalamnya juga akan berubah menjadi vitamin A.

Kentang biasa mungkin akan jauh lebih mengenyangkan, namun mengandung glikoalkaloid lebih banyak, yaitu senyawa yang dapat menimbun lemak berlebih.

Kandungan Nutrisi Ubi Jalar

Sebanyak 200 gram Ubi Jalar panggang dengan kulitnya bisa mengandung:

Kalori: 180

Karbohidrat: 41,4 gram

Protein: 4 gram

Lemak: 0,3 gram

Serat: 6,6 gram

Vitamin A: 769% dari nilai harian

Vitamin C: 65% dari nilai harian

Mangan: 50% dari nilai harian

Vitamin B6: 29% dari nilai harian

Kalium: 27% dari nilai harian

Asam pantotenat: 18% dari nilai harian

Tembaga: 16% dari nilai harian

Niasin: 15% dari nilai harian

Selain itu, ubi jalar terutama varietas oranye dan ungu, kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak DNA dan memicu peradangan.

Kerusakan radikal bebas telah dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan. Oleh karena itu, makan makanan kaya antioksidan baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat Kesehatan Ubi Jalar

Nutrisi utama Ubi Jalar, yaitu antioksidan yang tinggi dan beta karoten yang bisa diubah tubuh menjadi vitamin A.

Nutrisi ini dapat mencegah berbagai penyakit dalam putih, sampai meningkatkan penglihatan mata Anda lebih jernih.

1. Melancarkan Pencernaan Usus

Serat dan antioksidan dalam ubi jalar bermanfaat untuk kesehatan usus. Ubi jalar mengandung dua jenis serat: larut dan tidak larut.

Beberapa jenis serat larut, dapat menyerap air dan melunakkan tinja. Sedangkan serat tidak larut, tidak menyerap air dan menambah jumlah besar.

Beberapa serat larut dan tidak larut juga dapat difermentasi oleh bakteri di usus besar Anda, menciptakan senyawa yang disebut asam lemak.

Fungsinya asam lemak tersebut, mengisi sel-sel lapisan usus dan membuatnya tetap sehat dan kuat.

Studi tabung reaksi telah menemukan, bahwa antioksidan dalam ubi jalar ungu mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat, termasuk spesies Bifidobacterium dan Lactobacillus.

2. Memerangi Kanker

Kandungan antioksidan tinggi dalam Ubi Jalar dapat melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu.

Antioksidan seperti Antosianin, ditemukan dalam Ubi Jalar ungu, dapat memperlambat pertumbuhan jenis sel kanker.

Termasuk kanker kandung kemih, usus besar, perut, dan payudara.

3. Meningkatkan Penglihatan Lebih Jernih

Ubi jalar sangat kaya akan beta-karoten, antioksidan yang bertanggung jawab atas warna oranye cerah Ubi Jalar.

Faktanya, satu cangkir (200 gram) ubi jalar oranye panggang dengan kulit menyediakan lebih dari tujuh kali jumlah beta-karoten yang di butuhkan rata-rata orang dewasa per hari.

Beta-karoten di ubah menjadi vitamin A dalam tubuh Anda dan di gunakan untuk membentuk reseptor pendeteksi cahaya di dalam mata.

Masalah kekurangan vitamin A menjadi masalah pada negara berkembang, dapat menyebabkan kebutaan yang di kenal sebagai xerophthalmia.

Memakan sayur dan buah kaya serat dan beta-karoten, dapat mencegah gangguan penglihatan pada mata.

Studi tabung juga telah menemukan anthocyanin, fungsinya dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan, yang mungkin penting bagi kesehatan mata secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Mengkonsumsi Ubi Jalar dapat meningkatkan fungsi otak.

Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa anthocyanin dalam ubi jalar ungu dapat melindungi otak dengan mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Ubi Jalar kaya antosianin telah terbukti meningkatkan pembelajaran dan memori pada tikus.

Tidak ada penelitian yang di lakukan untuk menguji efek ini pada manusia, tetapi secara umum, diet kaya buah-buahan, sayuran, dan antioksidan di kaitkan dengan risiko penurunan mental dan demensia 13% lebih rendah.

Kesimpulan

Ubi Jalar berbeda dengan ubi biasa, karena di yakini memilki kandungan nutrisi lebih menyehatkan di bandingkan ubi biasa.

Ubi Jalar mengandung antioksidan tinggi dan senyawa beta karoten yang mampu memerangi berbagai masalah kesehatan.

Di antaranya seperti melancarkan pencernaan, memerangi kanker, meningkatkan penglihatan, hingga memaksimalkan fungsi otak.

Kontributor: Pramitha Chandra

Distributor alat kesehatan jogja

error: Content is protected !!
Customer Service