Alat Bantu Pernafasan yang Dapat Digunakan di Rumah

Alat bantu pernafasan sudah mulai dianggap penting bagi sebagian orang. Hal ini disebabkan kondisi udara yang sudah mulai tidak bagus kualitas nya. Semakin sering kita menghirup udara kotor akan membuat kondisi paru paru menjadi tidak bagus, seperti sesak nafas. Teknologi medis hingga kini masih terus mengembangkan alat untuk membuat kualitas udara yang ada menjadi lebih sehat. Namun, jika sesorang sudah mengalami gangguan pernafasan alangkah baik nya dibantu dengan alat kesehatan agar dapat bernafas dengan baik. Mari kita lihat beberapa alat bantu pernafasan yang ada di dunia medis namun dapat digunakan dirumah.

Tabung dan Regulator Oksigen

Tabung oksigen adalah tabung yang berisi oksigen, dan volume nya berbeda beda ada yang ukuran besar dan kecil. Tabung oksigen dapat digunakan jika dilengkapi dengan regulator oksigen, dan untuk sambungan dari regulator ke hidung/ mulut menggunakan selang dan masker oksigen. Tabung oksigen didesain untuk mengubah air menjadi oksigen. Oksigen ini dialirkan melalui selang menuju alat pernafasan pasien, bisa melalui hidung atau mulut. Regulator oksigen berfungsi untuk mengendalikan tekanan oksigen yang akan diberikan kepada pasien. Oksigen di dalam tabung memiliki tekanan yang tinggi sehingga harus diatur tekanannya oleh regulator agar tidak membahayakan pasien.

Tabung oksigen ini biasanya digunakan di rumah oleh penderita gangguan pernafasan. Tersedianya oksigen untuk pasien akan sangat membantu saat disaat genting. Alat ini juga sudah sangat umum disediakan sebagai alat pertolongan pertama di rumah. Terlebih bagi anda yang sering merasakan sesak nafas atau penderita asma.

Nebulizer

Nebulizer termasuk salah satu alat bantu pernafasan bagi penderita asma atau masalah paru – paru. Nebulizer didesain untuk dapat mengubah obat yang berbentuk cair menjadi gas/ uap. Uap ini akan langsung masuk ke paru-paru saat dihirup. Uap akan dialirkan melalui selang menuju organ pernafasan pasien. Tentu saja efeknya akan lebih cepat terasa. Seseorang yang menderita asma atau gangguan paru harus mengetahui dosis obat yang harus diberikan karena itu akan berpengaruh nantinya. Efek yang biasa ditimbulkan setelah pasien di nebul adalah muntah.

Oxygen Concentrator

Fungsi oxygen concentrator adalah untuk menghasilkan oksigen murni dari udara bebas. Udara bebas yang tidak hanya terdiri dari oksigen saja, disaring oleh oxygen concentrator menjadi oksigen murni untuk dihirup pasien. Kebanyakan alat ini dimanfaatkan oleh penderita asma, akan tetapi juga dapat digunakan pula oleh orang awam untuk memurnikan udara di rumah Anda. Alat ini digunakan untuk meningkatkan kadar oksigen yang ada didalam darah tubuh Anda.

Fungsi lain dari oxygen concentrator ini adalah untuk mencairkan dahak pada tenggorokan yang sulit dikeluarkan. Kegunaan lainnya sangat beragam, mulai dari melancarkan peredaran darah, menghancurkan lemak yang tidak dibutuhkan tubuh, hingga membantu melancarkan metabolisme tubuh. Alat ini dapat digunakan pula untuk membuang racun dalam darah dan mengaktifkan sel pada otak. Sungguh alat yang multifungsi.

Itulah beberapa alat bantu pernafasan yang dapat digunakan di rumah. Masing – masing alat memiliki fungsi sendiri namun berhubungan dengan paru- paru. Sehingga penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan paru – paru, karena akan timbul beberepa masalah pernafasan jika kita tidak menjaga kondisi tubuh dengan baik. Berbagai alat bantu pernafasan memiliki kualitas berbeda, sehingga kita harus cermat dalam menentukan pilihan yang benar agar alat tersebut dapat dipakai dengan baik. Apabila anda masih bingung untuk mencari alat yang berkualitas, maka AGM MEDICA menjadi solusi tepat untuk masalah anda. AGM Medica adalah distributor alat kesehatan terpercaya yang akan selalu menyediakan produk – produk kesehatan yang berkualitas, termasuk alat bantu pernafasan.

 

error: Content is protected !!